Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Peluang Usaha Kelapa Tua Yang Bisa Kalian Coba

Siapa sih yang tidak tahu buah kelapa? pastinya kalian semua sudah tahu buah kelapa dong. Buah yang terkenal di seluruh penjuru dunia. Pembahasan kali ini, saya akan membahas kalian tentang peluang usaha bisnis kelapa tua yang bisa coba. Yuk kita simak bersama!

10 Jenis Peluang Usaha Kelapa Tua

1. Jual Beli Kelapa Kopra

Peluang usaha kelapa tua yag pertama adalah jual beli kelapa kopra. Di usaha ini kalian berperan sebagai pihak ke 3 yang memberi jalan saat transaksi dari produsesn (petani kelapa) untuk produsen (pihak yang membeli kelapa tersebut.

Bisnis kelapa kopra ini terbilang akan memiliki masa depan yang cerah. Karena, peminat buah kelapa kopra ini sangat banyak dan tidak akan ada habisnya. Di samping itu, keuntungan yang di dapat saat menjalankan bisnis ini sangat banyak sekali. Khususnya jika bisa bernegosiasi dengan petani kelapa.

2. Menjadi Ekspotir Kelapa Tua

Jika harga kelapa kopra di negara Indonesia tidak memuaskan, dan bisa jadi sangat jauh dari harga rata – rata. Kemungkinan kalian bisa berfikir untuk mempertimbangkan menjadi seorang pengekspor kelapa kopra ini. Memang proses saat mengekspor tidak mudah tetapi, hasilnya sesuai dengan usaha.

Peluang usaha kelapa tua yang bisa kalian coba seperti ekspotir ini sangat berguna bagi negara. Lebih menguntungkan dalam segi materi. Karena, kalian bisa memilih pasar negara lain yang mempunyai harga jual yang tinggi. Apalagi, semua negara di dunia ini pasti ada yang tidak memiliki perkebunan kelapa.

3. Usaha Kelapa Parut Kering

Peluang usaha kelapa tua yang bisa kalian coba selanjutnya adalah kelapa parut. Usaha kelapa parut ini, mudah dalam pengelolaan dan pemasaran. Dengan modal biasanya menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa yang mudah dan cepat, kelapa parut ini bisa dibuat secara higienis.

Kalian bisa mencoba membuat kelapa parut kering ini dengan kualitas tinggi, penampilan yang estetik dan juga bermutu tinggi. Kelapa kering ini, sering di cari. Karena, prodak ini dapat membuat bahan uatama atau bahan tambahan dalam berbagai jenis makanan.

4. Bisnis Makanan Ringan Dan Jajanan Pasar

Banyak jenis makanan ringan di pasaran yang terbuat dari bahan dasar daging kelapa tua ini. Misalnya, gandos, dan bisa membuat resep kue kelapa goreng . Menariknya, jajanan tersebut tidak hanya terbuat dari kelapa muda, tapi juga ada yang berbahan dari kelapa tua juga.

Peluang usaha ini, dapat digunakan untuk olahan beraneka ragam dan memiliki potensi lumayan menguntungkan sekali. Apalagi sedang ada tren kuliner kekinian ala western saat ini. Kalian bisa membuat jajanan tradisional indonesia dengan tampilan yang menarik.

5. Usaha Tepung Kelapa

Siapa pernah makan roti yang berbahan dasar tepung kelapa? bagaimana rasanya pasti enak kan. Memproduksi tepung kelapa dengan kualitas dan mutu yang tinggi juga bisa dikatakan sebagai peluang usaha kelapa tua yang paling menguntungkan. Pada kelapa tua pembuatan tepung ini langsung di olah lho, dan pembuatannya sangat mudah sekali.

Di pasaran, tepung kelapa ini di banderol dengan harga sekitar Rp. 55.000 per kilo. Namun, harga tersebut juga di tentukan berdasarkan kualitas tepung dan cara pengolahannya. Menariknya lagi, proses pembuatan tepung kelapa juga cukup mudah, dan tidak memerlukan waktu lama.

Oleh sebab itu, usaha ini sangat tidak menguntungkan bila di jadikan sebagai usaha jangka panjang. Jika memiliki modal yang tidak begitu besar, maka kalian bisa mulai dengan produksi tepung kelapa buatan sendiri, di mana peralatan termahal yang dibutuhkan adalah oven dan blender.

6. Produksi Keripik Kelapa

Tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata kelapa tua sebelum di ubah menjadi berbagai produk serbaguna. Padahal, ada banyak sekali peluang usaha kelapa tua yang bisa mendatangkan rupiah. Contohnya membuat keripik kelapa dari buah yang sudah kering

Kelapa tua ini biasanya di jual dengan harga yang jauh di bawah pasaran, dan ini, merupakan nilai plus untuk Kalian yang memiliki modal sedikit. Cara mengolahnya juga mudah, dan tidak membutuhkan peralatan mahal, karena bisa menggunakan perlengkapan dapur.

Untuk mengolah kelapa tua menjadi keripik yang renyah dan bercita rasa tinggi, salah satu prosesnya adalah menjemur daging kelapa di bawah matahari terik. Supaya produk tidak terlihat monoton, maka kalian dapat menghadirkan berbagai varian rasa selain asli.

7. Santan Kelapa Cair

Siapa bilang kalau kelapa tua tidak bisa menghasilkan santan yang sehat dan berkualitas? Buktinya, kelapa tua dapat diubah menjadi produk santan kelapa cair, yang begitu masukan masyarakat, karena umumnya santan cair di gunakan dalam berbagai jenis masakan.

Peluang usaha kelapa tua yang bisa kalian boba dengan memproduksi santan cair bisa sangat menguntungkan. Selain pasarnya yang luas, modal uang dan tenaga yang di keluarkan juga tidak begitu besar.Kalian bahkan bisa mulai menjalankan bisnis rumahan ini secara individu.

8. Kerajinan Batok Kelapa

Peluang usaha kelapa tua bisa memanfaatkan bagian tempurungnya memang sudah dilakukan oleh banyak orang sejak dulu. Khususnya yang mempunyai jiwa seni dan kreativitas tanpa batas, di mana, kelapa bisa diubah menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomi.

Jika kebetulan Anda memang suka membuat produk DIY, dan ingin menghasilkan cuan dengan memanfaatkan batok kelapa, sebenarnya tidak begitu sulit. Apalagi pasarnya juga sangat mendukung di karenakan kerajinan tangan tradisional ini sudah cukup bagi orang yang belum melihat.

9. Usaha Bisnis Sabun Kelapa

Selain menjadi bahan baku makanan, kelapa kering juga bisa diubah menjadi sabun lho, baik sabun mandi atau pun sabun cuci piring. Supaya lebih menarik perhatian pasar, kalian bisa memproduksi sabun kecantikan organik dengan bahan alami dari ekstrak kelapa.

Apabila hasilnya bagus, maka konsumen pasti tidak akan segan untuk me ngorder dan menolaknya secara sukarela ke orang lain. Proses membuat sabun kelapa memang tidak gampang, namun bila di lakukan dengan sungguh-sungguh hasilnya pasti memuaskan.

Ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dari bisnis sabun kelapa? Jika kalian sudah puas dengan kualitas produk yang di buat, maka tidak ada salahnya merekrut reseller. Tidak terjun perlu ke tempat kejadian perkara secara langsung karena kalian bisa memanfaatkan media internet.

10. Bisnis Santan Kering

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu kalau selain varian santan kental dan cair, masih ada lagi santan kering / bubuk santan (bubuk santan). Santan kering biasanya di pasarkan dalam bentuk sachetan, dan kegunaannya sama seperti varian santan lain.

Peluang usaha kelapa tua dengan membuat santan kering ini sangat prospek. Kalian dapat membantunya sebagai salah satu oleh-oleh khas Indonesia kepada wisatawan asing yang datang. Dengan begitu, maka harga jualnya juga lebih tinggi.

Nah, itu dia teman – teman pembahasan kalian tentang peluang usaha kelapa tua yang bisa coba di rumah kalian. Bagaimana caranya? sudah siap untuk memulai usaha yang mana, semoga dengan kalian memabaca artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan kalian. Sekian Terima Kasih.

 

Theme by Anders Norén