Cara Membuat Sambal Bawang Variasi

sambal bawang variasi

sebelum masuk ke cara membuat sambalĀ  bawang variasai, yuk kupas sedikit mengenai sambal, bawang dan manfaatnya

Sambal

Sambal adalah saus dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe yang berasa pedas dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.

Bawang

Bawang merupakan istilah umum bagi sekelompok tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam genus Allium. Umbi, daun, atau bunga bawang dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah, tergantung bagaimana kita memandangnya.

Manfaat Mengkonsumsi Sambal

Berdasarkan beberapa penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki banyak khasiat, berikut di antaranya.

1. Menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung.

Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

2. Menyehatkan jantung

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

3. Melancarkan sirkulasi

Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

4. Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

5. Meningkatkan fungsi cerna

Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.

Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

6. Flu

Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

7. Tidur nyenyak

Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

8. Menjaga mood

Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

9. Melancarkan pernapasan

Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik.

langsung saja masuk ke cara membuat sambal bawang yang mudah dan enak.

Bahan-Bahan Sambal Bawang Variasi:

  1. Bawang merah dengan kualitas baik sebanyak 15 biji.
  2. Bersihkan dan kemudian iris halus.
  3. Minyak sayur sebanyak 3 sendok makan.
  4. Air asam sebanyak 2 sendok makan (diperoleh dari campuran ais asam jawa sebanyak 1 sendok ditambah dengan air matang 2 sendok).

Bumbu Halus Sambal Bawang Variasi:

  1. Cabe merah sebanyak 3 biji.
  2. Bawang merah sebanyak 3 biji.
  3. Petis bubuk sebanyak 1 sendok teh.
  4. Kemiri sebanyak 4 biji, Sangrai.
  5. Garam sebanyak Ā½ sendok teh.
  6. Penyedap jika diinginkan, secukupnya.

Cara Membuat Sambal Bawang Variasi :

  • Panaskan minyak sayur di wajan dan mulailah menumis campuran semua bumbu halus. Masak hingga aroma khasnya menyeruak.
  • Setelah itu masukkan bawang merah yang telah diiris bersama dengan air asam dan juga gula merah serut. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  • Sambal bawang petis Anda siap disajikan.
  • Siap disajikan dengan ayam goreng, ikan goreng dll