Roti tawar kopi – itu adalah roti tawar biasa hanya saja yang terbuat dari kopi.

Cake tawar

cake adalah makanan yang dibuat dari tepung terigu dengan ragi atau pengembangan lainnya dengan teknik fermentasi kemudian dipanggang. Roti tawar adalah roti yang dibuat dari adonan tanpa menggunakan telur dengan sedikit gula dan menggunakan susu skim, lemak dan rasanya tawar.

Roti tawar memiliki tekstur yang halus seperti kapas, ringan dan rasanya tawar. Biasanya roti tawar dikonsumsi oleh masyarakat kelas menengah keatas sebagai sarapan pagi. dengan perkembangan zaman roti tawar dapat dikonsumsi oleh semua kalangan sebagai sarapan pagi karena lebih praktis dalam penyajiannya.

 

Manfaat Roti Tawar

1.Sebagai penambah energi

Dengan mengonsumsi roti tawar saat sarapan dapat membuat perut terasa kenyang sampai pada siang hari. Hal ini di sebabkan karena roti tawar mengandung karbohidrat di dalamnya sehingga baik untuk menambah energi. Kemudian, energi yang di peroleh oleh tubuh dengan mengonsumsi roti ini tergantung dari beberapa jumlah lapis roti yang di konsumsi pada saat itu.

2.Mencukupi vitamin dalam tubuh

Sangat banyak sekali beberapa roti tawar yang beredar di pasaran juga memiliki kandungan vitamin di dalamnya. Sehingga dengan mengonsumsi roti ini juga berdampak baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

3.Sebagai program diet

Berat badan yang berlebihan merupakan langkah awal munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh. Namun, diet merupakan salah satu langkah dalam melakukan penurunan berat badan agar menjadi ideal. Sehingga kesadaran untuk menurunkan berat badan harus di lakukan dengan baik.

 

Resep Roti Tawar Kopi

Bahan A

  • 7 gram ragi instan
  • 5 gram gula pasir
  • 50 ml air hangat

Bahan B:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi (contoh cakra kembar)
  • 50 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 250 ml susu hangat
  • 7 gram garam
  • 1 sachet bubuk kopi instan
  • 75 gram margarin/butter

Langkah-langkah:

  1. campur bahan A, aduk selama 10 menit sampai mengembang dan berbusa. Apabila campuran ragi tidak mengembang, buang dan buat ulang.
  2. Campur bahan A dan bahan B dalam mixer dengan pengaduk roti. Mix sampai kalis.
  3. Diamkan adonan selama 45 menit-1 jam atau sampai ukuran double. Kempiskan.
  4. Letakkan adonan di loyang dan diamkan lagi selama 30 menit. Kempiskan.
  5. Panggang dalam oven dengan suhu 170°C selama 45 menit.
  6. Keluarkan dari oven dan dinginkan. Nikmati dengan segelas kopi atau teh hangat.

baca selengkapnya ada di resep roti rasa kopi