Resep Urap Sunda – Urap adalah salah satu makanan khas indonesia, tepatnya jawa. Urap merupakan hidangan seperti salad berupa sayur – sayuran yang dimasak dengan cara direbus dan dicampur kelapa parut yang telah dibumbui sebagai pemberi citarasa pada sayuran. Biasanya, urap ditemukan dalam masakan indonesia, terutama di pulau jawa.

Urap biasanya disajikan bersama tumpeng atau nasi kuning, tetapi bisa juga dimakan secara langsung atau ditambah nasi putih biasa. Makanan ini tidak mengandung daging sama sekali. Hampir seluruh bahan yang digunakkan untuk membuat urap ini berasal dari tumbuhan. Cocok untuk anda yang merupakan vegetarian.

Baca Juga : Resep Puding Buah Cup Mini

Bagi kamu yang ingin mencoba masakan ini, anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Untuk membantu anda dalam membuat urap, kami telah menyediakan resep urap sunda. Berikut ini resep resep urap sunda yang telah kami persiapkan untuk anda.

 

Resep Urap Sunda

resep urap sunda

 

Alat dan Bahan

  • 1 butir kelapa tua parut kecil
  • 1 ikat kacang panjang potong pendek
  • 2 buah wortel potong seukuran korek
  • ¼  gr Tauge
  • Kubis secukupnya
  • 1 ikat kangkung potong sedang
  • 1 ikat bayam
Bumbu halus:
  • 1 Ruas kencur
  • 1 sdt Gula pasir
  • 15 buah Cabe rawit
  • 5 buah Cabe merah
  • 5 butir Bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • 1 sdt garam halus
  • 120 ml air
  • ½ sdt penambah rasa
  • Minyak goreng secukupnya

 

Cara Membuat Urap Sayur Bumbu Kelapa

  1. Pertama siapkan alat dan bahan yang diperlukan
  2. Kemudian rebus semua sayuran yang telah disiapkan sebentar saja
  3. Kemudian tumis bumbu halus terlebih dahulu hingga harum dengan menggunakan api sedang
  4. Setelah itu masukkan parutan kelapa yag sudah anda siapkan, aduk perlahan hingga bumbu halus dan tercampur rata
  5. Lalu tuangkan air. Aduk dan biarkan meresap dengan semua bumbu. Biasanya akan terasa sedikit mengental
  6. Kemudian, mulai masukkan semua bahan sayuran yang tadi telah direbus ke dalam tumisan bumbu lalu aduk.
  7. Masukkan juga penyedap, gula, dan garam lalu aduk – aduk hingga rata
  8. Bila dirasa sudah matang, silahkan angkat urap dan sajikan dalam piring saji
  9. Urap sayur telah siap hidangkan.

 

Manfaat urap sunda

Membantu mencegah penyakit kanker

Manfaat urap selanjutnya yaitu membantu mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti karena sulit disembuhkan dan dapat menyebabkan kematian. Untuk mencegah penyakit tersebut, anda dapat mengkonsumsi urap. Vitamin A dan vitamin C yang ada pada urap dapat membantu tubuh dalam menghambat dan melawan sel kanker yang ada pada tubuh.

Membantu menurunkan resiko serangan jantung

Manfaat urap berikutnya yaitu membantu menurunkan resiko serangan jantung. Kandungan vitamin c yang terdapat pada urap akan mengurangi penebalan pada pembuluh darah arteri pda jantung. Penebalan pembuluh darah arteri inilah salah satu penyebab paling utama dari serangan jantung secara mendadak.

Membantu menjaga kekebalan tubuh.

Manfaat urap berikutnya yaitu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein serta minerla lainnya pada urap dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah terkena penyakit dan menjaga tubuh tetap bugar.

Membantu memperbaiki jaringan sel kulit

Manfaat urap selanjutnya yaitu membantu memperbaiki jaringan pada sel kulit. Vitamin C yang terdapat pada urap memiliki zat antioxidan. Zat tersebut dapat membantu tubuh dalam memperbaiki jaringan pada sel kulit.

Menambah tenaga

Manfaat urap yang pertama adalah menambah tenaga. Urap mengandung karbohidrat serta protein yang berfungsi sebagai sumber tenaga dan cadangan tenaga.

Membantu menguatkan tulang

Manfaat urap yang berikutnya yaitu membantu menguatkan tulang. Urap mengandung mineral yaitu zat besi yang sangat diperlukan untuk menguatkan tulang. Zat besi ini didapat dari salah satu bahannya yaitu bayam. Selain itu terdapat juga mineral lain seperti fosfor dan kalsium yang juga berperan dalam menguatkan tulang.

Membantu menyehatkan mata

Manfaat dari urap selanjutnya yaitu membantu menyehatkan mata. Mengkonsumsi urap dapat membantu menyehatkan mata karena urap diketahui memiliki kandungan vitamin a yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

 

 

Demikian artikel tentang cara membuat urap beserta manfaatnya. Semoga artikel tentang cara membuat urap ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel cara membuat urap ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga : Cara Membuat Urap