resep stik bawang tanpa telur

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat stik bawang dari resep stik bawang tanpa telur. Apa yang membuat berbeda dari resep stik bawang tanpa telur? yaa dari judul resepnya saja kita akan dengan mudah mengetahui bagaimana cara membuat stik bawang tanpa telur tapi tetap menjaga kualitas rasa stik bawang itu sendiri tetap terjaga.

Jika anda sebelumnya belum pernah membuat stik bawang ada baiknya anda mencobanya terlebih dahulu. Berikut ini adalah artikel yang kan membahas cara pembuatan stik bawang beserta resepnya 3 Resep Stik Bawang yang Enak dan Renyah.

Resep stik bawang tanpa telur

Sebenarnya resep stik bawang tanpa telur tidak berbeda jauh dengan resep stik bawnag yang lainnya. Yang menjadi pembeda adalah kita mengganti bahan baku telur dengan air. Namun perlu diperhatikan bahwa pembuatan stik bawang tanpa telur membutuhkan ketelatenan agar dapat menghasilkan stik bawang yang renyah dan enak.

Berikut adalah bahan bahan yang dibutuhkan.

Bahan bahan :

  1. 2 cups terigu protein rendah
  2. daun bawang dan seledri secukupnya, dicincang
  3. 2 sendok makan gula pasir
  4. 2 sendok teh bubuk kaldu jamur
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. 2 siung besar bawang merah
  7. 2 siung besar bawang putih
  8. 2/3 cup air
  9. 1/3 cup minyak
  10. 2 sendok makan margarin

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kering
  2. Blender kedua bawang dengan air
  3. Masukan minyak, remas sampai adonan kalis
  4. Tambahkan margarin, kemudian campur lagi sampai kalis merata
  5. Bagi adonan menjadi 3, bulatkan dan diamkan adonan selama minimal 20 menit
  6. Taburi permukaan adonan dengan sedikit tepung terigu, gilas tipis (manual atau pakai ampia), potong potong suai selera
  7. Goreng di minyak panas sampai keemasan, angkat dan tiriskan

Tips:

  1. Jika anda ingin menggunakan telur, ganti air dengan 1 telur dan 1 kuning telur
  2. Untuk anda yang suka asin, silahkan tambah takaran garam dan kaldu bubuk sesuai selera
  3. Gunakan measuring cups atau timbangan supaya takaran pas dan presisi serta perhatikan juga metode pembuatan sesuai resep kue bawang tanpa telur untu hasil akhir yang renyah (tidak keras) meskipun ada keripik yang agak tebal
  4. Adonan harus di diamkan sebelum digilas
  5. Jika anda memakai gilingan pasta atau gilingan mie, taburi dengan tepung terigu tipis tipis di permukaan adonan sebelum digiling. Jangan terlalu tebal dalam pemberian terigu karena hanya akan membuat minyak goreng menjadi cepat kotor
  6. Pastikan stik sudah benar benar dingin saat disimpan di wadah kedap supaya kerenyahannya tetap terjaga dan tahan lama.

Bagaiman, cukup mudah bukan membuat stik bawang tanpa telur? semoga resep tadi dapat membantu anda menambah variasi camilan yang menghiasi sajian toples dimeja tamu anda.

Jika anda tertarik membuat cemilan dengan bahan utama bawang, anda bisa mencoba membuat kue bawang. Berikut adalah resep kue bawang Melihat Kelezatan dari Resep Kue Bawang Kentang.

 

SELAMAT MECOBA.