Siapa yang tak suka dengan daging sapi? Bagi sebagian besar orang tentu sangat suka dengan daging sapi. Dan saya pun juga sangat suka. Apalagi, jika daging sapi ini diolah menjadi masakan yang kaya akan bumbu dan lezat. Daging sapi bisa diolah dengan Resep Steak Daging Sapi saus mushroom, Rendang Sapi, Daging Sapi Goreng Krispiy Lada Hitam, dan lain sebagainya.

Pengertian

Steak adalah daging umumnya diiris seluruh serat otot, berpotensi termasuk tulang. Pengecualian, di mana daging diiris sejajar dengan serat, termasuk potongan rok rok dari piring, potongan steak sisi dari otot perut, dan steak jari perak dipotong dari pinggang dan termasuk tiga tulang rusuk.

Dalam arti yang lebih besar, steak ikan , steak daging giling, steak ayam, dan banyak lagi jenis steak diketahui.

Resep Steak Daging Sapi Saus Mushroom

resep steak daging sapi saus mashroom

Bahan:

  • 500 gram daging sirloin yang sudah dipotong
  • Buncis, wortel, jagung manis secukupnya
  • Kentang goreng siap saji (french fries) secukupnya
  • Garam dan lada bubuk secukupnya

Bahan untuk saus mushroom:

  • 100 gram jamur champignon, diiris tipis -tipis
  • 2 butir bawang putih
  • 1 butir bawang bombay
  • 5 sendok makan kecap Bango
  • 200 ml kaldu sapi
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm margarin untuk menumis
  • Lada bubuk, garam dan oregano secukupnya

Cara Memasak Steak Daging Sapi Saus Mushroom:

  1. Daging dilumuri garam dan lada, kemudian didiamkan beberapa saat, sementara kita membuat saus mushroom.
  2. Saus mushroom: Bawang putih dan bawang bombay dicincang halus, lalu ditumis dengan margarin. Masukkan jamur, aduk sampai rata, kemudian tambahkan kecap Bango, kaldu sapi, tepung terigu, garam, lada bubuk dan oregano. Dimasak terus sampai saus mengental, setelah itu angkat dan tempatkan dalam mangkuk kecil.
  3. Buncis, wortel dan jagung manis dipotong-potong lalu direbus sampai matang, tiriskan dan taruh ke piring.
  4. French fries digoreng sampai kecoklatan, tiriskan dan taruh ke piring.
  5. Terakhir, panggang daging sirloin yang sudah dilumuri garam dan lada tadi, panggang sesuai tingkat kematangan yang anda inginkan, karena selera setiap orang berbeda-beda.
  6. Sajikan bersama sayur, kentang dan saus mushroom.

Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

1. Kaya Protein dan Zat Besi

Protein hewani yang terkandung dalam daging sapi bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga meningkatkan fungsi otak. Sedangkan zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

2. Dapat Mencegah Stroke dan Diabetes

Sel-sel syaraf dalam tubuh membutuhkan banyak oksigen. Dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin dan pengolahan yang tepat, kadar insulin bisa tercukupi, sehingga kita terhindar dari risiko diabetes.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Gizi dan nutrisi dalam daging sapi sangat baik semua orang, terutama yang aktif berkegiatan. Sebab, bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Daging sapi mengandung banyak protein. Untuk itu, memakan daging sangat disarankan untuk orang-orang yang sedang diet, karena kalori bisa terbakar oleh protein yang mampu meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar. Pilihlah daging sapi dengan lemak yang sedikit atau non-lemak, agar diet lebih maksimal.

5. Mempercepat Peyembuhan Luka

 Protein dalam daging sapi pun bisa mempercepat penyembuhan luka. Salah satu penyebab luka infeksi paling umum adalah terhambatnya penyaluran oksigen ke jaringan yang rusak. Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Mineral berperan penting dalam penyembuhan, karena berperan mendistribusikan oksigen lewat darah.

6. Membantu Fungsi Jantung

Dengan porsi yang tepat, daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk kesehatan jantung. Memakan daging sapi dengan olahan yang tepat, seperti direbus atau dipanggang, dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan mineral dan nutrisi dalam daging sapi dapat membantu regenerasi kulit agar tidak kusam, menghilangkan noda hitam pada wajah, serta mencegah penuaan dini. Zat antikarsinogenik dalam daging sapi juga mampu mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kulit.