Resep Soto Betawi Susu – Anda pasti sudah tahu dan paham, kalau Indonesia tercinta ini, gudangnya makanan enak. Salah satunya adalah masakan Soto. Hampir di tiap daerah ada jenis Soto yang berbeda, punya ciri khas tersendiri dan tentu saja, rasanya menggetarkan lidah Anda alias enak sekali.

Soto Betawi merupakan jenis soto populer di Jakarta. Seperti halnya soto Madura, soto betawi juga punya isian komplet seperti potongan daging serta jeroan. Variasi soto betawi berbeda-beda pada warna kuahnya. Ada yang berwarna putih hingga kemerahan.

Pernah coba buat? Bisa dibilang bahan-bahan soto sangat banyak jumlahnya. Tapi, tidak berarti, masakan ini sulit untuk dibuat. Soto termasuk yang cukup praktis pembuatannya dan bahannya juga mudah didapat.

Ingin coba? Coba deh, salah satu jenis Soto yang sedang tren saat ini, yaitu Soto Betawi. Tapi, untuk resep ini, ada satu yang berbeda. Soto Betawi ini akan menggunakan susu. Berikut bahan dan cara pembuatan resep soto betawi susu unik ini.

 resep soto betawi susu

Bahan dan Bumbu Soto Betawi Susu :

  • 500 gram daging sapi
  • 1 1/2 liter air
  • 350 gram babat sapi,
  • rebus matang 350 gram paru,
  • rebus matang 800 mili liter santan kental dari 2 butir kelapa 2 batang serai,
  • memarkan 3 lembar daun salam 6 lembar daun jeruk 8 biji cengkih 1 biji pala,
  • 2 cm jahe, memarkan
  • memarkan 5 cm batang kayu manis Minyak goreng secukupnya
  • Haluskan : 10 butir bawang merah 6 siung bawah putih, 1 sendok teh garam dan 1/2 merica bubuk

Pelengkap Resep Soto Betawi Susu :

  • 3 buah kentang kukus matang, goreng sebentar, 3 buah tomat segar, 1 batang daun bawang (iris), 2 batang seledri (iris), bawang goreng, emping goreng, kecap manis dan jeruk limau.

Sambal Resep Soto Betawi Susu :

  • Rebus : 10 cabe rawit merah, 1 cabai merah besar, 2 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam, haluskan.

Cara Membuat Soto Betawi Susu :

  1. Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu daging sapi.
  2. Rebus daging sapi bersama serai, salam, daun jeruk, cengkih, pala, jahe dan kayu manis dan air hingga daging setengah matang, angkat daging potong dadu, sisihkan kaldunya.
  3. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, angkat.
  4. Campurkan tumisan bumbu kedalam kaldu dan masukkan kembali potongan daging dan santan, masak hingga daging lunak dan bumbu menyatu, angkat.
  5. Babat dan paru, rebus terpisah hingga lunak, angkat dan sisihkan. Bila akan disajikan goreng dalam minyak panas sebentar dan potong bentuk dadu.
  6. Siapkan mangkuk, tata babat, paru, kuah dan daging, potongan kentang, tomat, taburi irisan daun bawang, daun seledri, bawang goreng, emping, kecap manis, jeruk limau dan sambal.
  7. Sajikan hangat untuk 6 porsi.

Selesai sudah resep dan cara membuat soto betawi  susu. Semoga dapat segera Anda praktikkan untuk memanjakan lidah orang rumah. Memang cukup ribet ya apabila dibandingkan dengan resep soto ayam atau resep masakan soto lainnya. Tetapi kerja keras diatas pasti terbayarkan kalau kita sudah mencicipi resep soto betawi susu yang sudah kita buat tersebut.

Apalagi kalau dinikmati saat cuaca lagi dingin atau saat kita kurang enak badan. Kandungan rempah dan kuah kentalnya dari resep masakan soto betawi ini bisa memberikan tenaga baru lho. Terlebih bila dinikmati bersama emping, irisan kentang, irisan tomat, kecap manis dan irisan jeruk nipis bersama sepiring nasi putih yang hangat. Untuk ide resep masakaan berkuah lainnya, silahkan mencoba Resep Kari Ayam Kentang