Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Resep Selai Nanas Buatan Sendiri

Pada kesempatan kali ini, kami akan memperlihatkan resep selai nanas. Nanas,nenes atau ananas adalah jenis tumbuhan tropis yang berasal dari brazil, bolivia, dan paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan.

Perawakan Tumbuhan rendah,herba dengan 30 atau daun lebih panjang berujung tajam tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.

nah, ini ada resep selai nanas ala butan sendiri mungkin kamu mau mencobanya. Caranya sangat mudah kok!!

Resep Selai Nanas

Resep Selai Nanas

Bahan-bahanya

  • 2 Buah nanas matang
  • 250 Gram gula pasir
  • 1 Batang kayu manis
  • 5 Buah cengkeh
  • Garam seckupnya

Resep Selai Nanas

  1. Siapkan bahan-bahah, pilih nanas yang sudah tua dan matang, kupas, cuci, dan bersihkan
  2. Parut denga parutan keju, bila diparut akan berserat
  3. Siapkan wajan dan masukkan nanas parut
  4. Jika sudah mengental tambahkan kayu manis, gula dan cegnkeh
  5. aduk lagi sampai mengental dan coklat keemasan
  6. Angkat dan dinginkan, bilaperlu masukkan kedalam freezer supaya lebih cepat dingin.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Nanas

Nanas segar adalah sumber vitamin antioksida yang sangat baik. Dalam 100 g buah mengandung 47,8 atau 80% vitamin C. Vitamin ini dibutuhkan untuk sintensis koagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktual utama dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga intregasi pembuluh darah.

Mengonsusmi makanan yang kaya akan vitamin C secara teratur akan membatu melindingi tubuh dari penyakit scurvy ( gagalnya sintesis kolagen dan pembentukan osteoid didalam tubuh ).

Disamping itu, juma mampu memberikan daya tahan terhadap infksi ( meningkatkan kekebalan tubuh ) dan mencegah radikal bebas pro inflaksi berbayaha dari tubuh.

Pada 100 g buah nanas mengandugn sekitar 50 kalori, setra dengan apel. dagingnya idak mengandung lemak jenuh atau kolestrol. Buah nanas juga merupakan sumber larut dan tidak larut seperti pektin.

Inilah Beberapa manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

1. Membantu Mengobati Radang Sendi

Salah satu manfaat buah nanas yang paling terkenal dalam dunia kesehatan adalah kemampuanya dalam mengurangi peradarangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan artritis.

Arteitis merupakan penyakit yang benar-benar  membuat penderitanya tersiksa karena terjadi pembengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.

Nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromeloin, yang berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks, selain itu juga memiliki anti inflaksi. Jadi mulailah mengonsumsi nanas untuk kesehatan sendi anda.

2. Meningkatkan Imunitas

Satu porsi buah nanas memiliki lebih dari 130 % kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia, menjadikanya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat.

Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbayaha dari radikal bebas.

3. Menciptakan Kolagen

Manfaat buah nanas lainya adalah terdapatnya kandungan vitamin C yang tinggi pada buahnya. Tahukah anda salah satu manfaat vitamin C yang sering diabaikan, peran pentingnya dalam menciptakan kolagen.

Kolagen merupakan pasis protein yang penting dari dinding pembuluh darah,kulit, oragan dan tulang.

Knadungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas juga dapat membantu anda menyembuhkan lukan pada tuuh denga cepat, sekaligus membantu mempertahankan diri terhadap infeksi dan penyakit.

4. Mencegah Kanker

Selain memiliki antioksidan vitamin C juga dapat memerangi kanker, nanas juga kaya akan berbagai antioksidan lainya, termasuk vitaminC, beka karoten, bromelain, berbagai flavonoid, dan mangan yang tinggi.

Dalam jumlah penelitian nanas memiliki kemampuan yang secara langsung berhubungan dengan pemecahan kangker pada mulut, tengoroan dan payudara.

5. Menunjang Kesehatan Penyernaan

Seperti pada kebanyakan buah pada umumnya, nanas adalah sumber serat yang kaya, tapi ada hal yang membuat nanas istimewa karena buah ini mengandung serta larut dan tidak larut.

Hal ini menjadi pertanda baik, karena sering mengonsumsi nanas dapat melindungi anda dari berbagai ganguan pencernaan, termasuk konstiasi, diare, sindrom iritasi usus besar, serta penyakit aterosklerosis dan pembekuan darah.

6. Membantu Mengobati Batuk dan Pilek

Enzim khusu bromeloin yang terkandung pada buah nanas diketahui  dapat mengurangi dahak dan lendir yang terbentuk dari saluran pernafasan dan rongga sinus. Oleh karena itu, intuk anda yang engalami batuk ataupun pilek konsumsilah nanas, karena nanas bermanfaat untuk membantu anda menlenyapkan penyakit tersebut dari dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Meskipun nanas tidak memiliki begitu banyak kandungan kalsium, namun nanas memiliki jumlah pangan yang mengesanakan, yang merupakan meniral lain yang memiliki peran penting dalam memperkuatkan tulang. Sekaligus membantu pertumbuhan dan perbaikan pada tulang. Mangan adalah mineral nanas yang paling menonjol, dan satu porsi nanas bisa menghasilkan lebih dari 70% kebutuhan sehari-hari anda untuk mieral penting ini.

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Selain meiliki senyawa antioksida yang beerfungsi melindungi dari kanker mulut, nanas juga memiliki kandunga astrigent yang dapat memperkuan gigi dan gusi. Selain itu, kandungan astrigent pada nanas juga dapat menjecah terjadinya rambut rontok kelemahan otot, dan kulit kendur.

9. Membantu kesehatan Mata

Penglihatan adalah salah satu indra penting bagi manusia, dan salah satu manfaat nanas yang telah terbukti adalah kemampuanya untuk mejaga kesehatan mata dan membantu mencegah terjadinya kerabunan.

Degenerasi makula mempengaruhi penglihatan orang lanjut usia, dan beta karboten dapat membantu anda mengurangi masalah ini. Menjaga beta karoten dalam makanan anda merupakan hal yang sangat penting.

Oleh sebab itu perbanyak mengonsumsi buahan dan sayuran jika anda benar-benar masih memiliki penglihatan yang baik diusis senja.

10. Membantu Tekanan Darah

Nanas memiliki sumber mineral yang sangat berharga, salah satunya adalah kalium. Kalium merupakan salah satu mineral terpenting ditubuh kita, da kekungan kalium dapat menyebabkan berbagai bahaya kesehatan.

salah satu fungsi kalium yang paling penting adalah sebagai vasodiolator, yang dapat meminimalisir terjadinya ketengangan dan tekanan pada pembuluh darah dan dapat maningkatkan sirkulasi darah keberbagai bagian tubuh.

Bila pembuluh darah anda rileks, tekanan darah anda berkurang dan aliran darah anda lancar, hal itu dapat membantu anda menjegah terjadinya aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

11. Menjaga Serkulasi darah

Nanas juga mengandung mineral tembaga, mineral ini sangat penting karean berfungsi dalam sejumbalh reaksi enzimmatik dan senyawa dalam tubuh. Hal yang harus diketahui adalah, bahwa tembaga merupakan unsur penting untuk pembentukan sel darah yang sehat.

jumlah sel darah merah yang sehat. Jumlah sel darah merah yang tinggi dapat meningkatkan oksigensi keberbagai sistem organ sehingga berfungsi optimal.

12. Membantu Kulit Tampak Lebih Muda

Kabar gembira untuk anda semua wanita-wanit cantik yang menginginkan kulit kenyal dan halus. amulai sekarang sertakan buah eksotis ini dalam daftar belanja anda. Ingin tahu alasan ilmiah mangangap nanas membuat kulit anda mengagumkan?

Nah, buah ini memberi sintesis kolagen dalam tubuh, semakin tinggi sintesis kolagen, semakin kencang dan lebih flaksibel kulit anda nantinya. Konsumsi juga makanan tambahan yang banyak mengandung asam amino dan vitamin C untuk memastikan sel dan jaringan yang rusak dapat diperbaiki denga cepat.

Olesi jus nanas segar diwajah anda dan basuh dengan mengunakan air bersih. Anda bisa melihat efek instan dari manfaat nanas ini untuk wajah anda.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan tentang resep selai nanas dan beberapa manfaatnya yang terdapat didalam buah nanas mungkin anda bisa mencobanya dirumah. Sekian dan terimakasih

 

Theme by Anders Norén