Kali ini saya akan membahas Resep Sayur Lodeh Terong.

Sayur lodeh adalah masakan yang terdiri dari sayur dengan kuah santan, sayur lodeh ini adalah masakan khas Indonesia terutama di daerah Jawa Tengah.

Masakan sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya. Variasi pada bumbu sayur lodeh ini tergantung pada warna santan yang digunakan.

Santan yang digunakan adalah santan yang berwarna putih dan ada juga yang santannya berwarna kuning kemerahan. Masakan ini terdiri dari berbagai macam sayuran yang pastinya menyehatkan.

Bahan-bahan untuk membuat sayur lodeh diantaranya, labu jipang, kacang panjang, terong, petai, tempe, cabai, jagung kecil, dan santan.

Sayur lodeh ini adalah masakan yang enak dan memiliki rasa gurih yang cocok digabung dengan banyak makanan khas indonesia. Makanan khas indonesia yang cocok dihidangkan bersama sayur lodeh diantaranya Serundeng daging, empal daging, telur asin, dan ikan tongkol.

Jika anda suka dengan sayur lodeh dan ini menikmatinya anda tidak perlu khawatir karena masakan ini banyak dijual di warteg pinggir jalan. Bila anda ingin mencoba masakan ini anda tidak perlu khawatir dengan harga karena pastinya harga satu porsi sayur lodeh ini murah meriah.

Namun jika di dekat rumah anda tidak ada warteg anda bisa membuatnya sendiri dirumah, cara masak sayur lodeh ini tidaklah susah. Saya akan memberikan resep sayur lodeh yang enak dan mudah dibuat oleh anda dirumah.

Resep Sayur Lodeh Terong

Bahan bahan Untuk Membuat Sayur Lodeh Terong :

  • 13 helai kacang panjang (potong sesuai selera)
  • 2 buah terong (potong sesuai selera)
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • 10 buah cabai rawit utuh
  • 250 ml santan kelapa (dari 1/2 buah kelapa)

 

Bahan bahan Untuk Bumbu Halus :

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 7 buah cabai rawit
  • 3 cm kunyit
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Langkah langkah Dalam Membuat Sayur Lodeh Terong :

  1. Siapkan terlebih dahulu semua bahan bahan untuk membuat sayur lodeh.
  2. Tumis kacang panjang dan terong hingga setengah matang.
  3. Kemudian tambahkan sedikit air kemudian tambahkan bumbu halus ke dalamnya.
  4. Masukkan daun jeruk, daun salam dan lengkuas serta cabai rawit utuh.
  5. Tambahkan bumbu halus kemudian masak semua bahan hingga matang dan bumbu meresap.
  6. Terakhir, masukkan santan kelapa kemudian masak hingga mendidih.
  7. Angkat sayur lodeh kacang panjang dan terong yang telah matang.

Manfaat Dari Sayur Lodeh

Setelah kita belajar resep sayur lodeh terong kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Selain nikmat untuk menjadi teman nasi saat makan, sayur lodeh memiliki banyak manfaat. Manfaat dari sayur lodeh ini cukup banyak, mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat dari sayur lodeh.

1.Meningkatkan Nafsu Makan

Setelah kita belajar cara masak sayur lodeh kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang pertama adalah meningkatkan nafsu makan. Manfaat dari sayur lodeh dapat meningkatkan nafsu makan. Anda percaya? Tentu saja anda pasti percaya karena sudah membuktikannya sendiri. Apalagi jika anda memakan lodeh bayam, sayuran hijau ini seakan meningkatkan citarasanya sebanyak 5 kali lipat.

2. Menambah Stamina

Setelah kita belajar cara masak sayur lodeh kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang kedua adalah menambah stamina. Manfaat dari sayur Lodeh juga bisa meningkatkan stamina. Masakan ini cocok untuk anda yang sering cepat lelah.

Cepat lelah ini karena tubuh anda kekurangan dan membutuhkan melejitkan stamina. Jika anda dalam kondisi sedang sakit, sebaiknya segera makan sayur lodeh ini. Supaya stamina anda kembali seperti semula.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Setelah kita belajar cara masak sayur lodeh kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang ke tiga adalah meningkatkan kecerdasan. Makan sayur lodeh juga ada hubungannya dengan otak. Rasanya otak jadi lebih cerdas, makin cerdas, dan anda akan mudah berpikir.

Sayuran lodeh ini sangat baik untuk stimulus otak. Apalagi jika anda pandai memilih jenis sayuran yang untuk dilodeh. Lodeh labu bisa menjadi salah satu menu andalan.

4. Melancarkan Buang Air Kecil

Setelah kita belajar cara masak sayur lodeh kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang ke empat adalah melancarkan buang air kecil. Sebagaimana jenis sayuran lauk berkuah yang lainnya. Sayur lodeh juga bisa melancarkan buang air kecil. Anda yang mengalami penyakit susah kencing yang disebabkan karena gangguan ginjal, prostat, atau yang lainnya, semoga saja segera pulih setelah mengonsumsi sayur lodeh ini.

5. Mengatasi Sembelit

Setelah kita belajar cara masak sayur lodeh kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang ke lima adalah mengatasi sembelit .Sembelit dapat pula disebabkan karena makanan yang dikonsumsi kurang air, dalam arti selalu makan yang padat-padat. Nah, cobalah masukan sayur lodeh ini menjadi menu makanan harian anda. Semoga saja sembelit jadi sembuh setelah mengonsumsi sayur lodeh ini.

6. Mencegah Kolesterol Tinggi

Setelah kita belajar resep sayur lodeh kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang ke enam adalah mencegah kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi bisa berdampak buruk karena menyebabkan seseorang secara perlahan dan simultan bakal mengalami stroke. Nah, sebelum anda terkena kolesterol saya sarankan anda mengonsumsi sayur lodeh ini. Karena sayur lodeh ampuh sekali mengatasi kolesterol.

7. Menyehatkan Jantung

Setelah kita belajar resep sayur lodeh kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang ke tujuh adalah menyehatkan jantung. Jantung sehat juga ditunjang dari makanan yang dikonsumsi. Untuk membuat jantung anda tetap sehat, sebaiknya biasakan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung, seperti sayur lodeh ini.

8. Makanan Diet Ketat

Setelah kita belajar resep sayur lodeh terong kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang ke delapan adalah makanan diet ketat. Apakah anda sedang mencari menu makanan untuk diet ketat?. Nah untuk anda yang sedang menjalani diet ketat sayur lodeh ini cocok untuk menjadi menu makanan anda. Karena banyak menggunakan air dan hanya terdiri dari sedikit jenis sayuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan diet anda.

9. Meningkatkan Fungsi Hati

Setelah kita belajar resep sayur lodeh terong kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang ke sembilan. Hati berfungsi mengenali racun dan membuangnya. Nah, bila hati rusak pasti akan berdampak buruk bagi tubuh anda. Ayo tingkatkan fungsi hati kita, agar kinerjanya jauh lebih baik. Karena akan berdampak pada kesehatan anda secara keseluruhan.

10. Mencegah Kanker

Setelah kita belajar resep sayur lodeh terong kita akan belajar tentang manfaat sayur lodeh. Manfaat sayur lodeh yang ke sepuluh. Kanker bisa disebabkan karena seseorang mengalami mutasi sel yang berlebihan. Sebelum anda terkena penyakit kangker cobalah mengonsusi banyak sayur. Anda bisa mencoba makan sayur lodeh yang begitu baik untuk kesehatan tubuh anda.

Nah itulah beberapa manfaat dari sayur lodeh dan resep sayur lodeh terong. Di sini saya juga menulis artikel resep  seperti resep laksa, bubur sumsum, bubur kacang hijau,dll.  Semoga bermanfaat.