Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel

Resep Sambal Terasi Kelapa yang Lezat dan Mudah

resep sambal terasi kelapa

Kali ini saya akan membahas mengenai cara dan resep sambal terasi kelapa yang sederhana namun lezat dan prosesnya yang mudah.

Nah saya yakin banyak dari anda yang telah tahu cara membuat olahan ini. Namun bagi anda yang penasaran dan berkeinginan untuk membuatnya dirumah. Berikut ini resep sambal terasi kelapa yang bisa anda coba dirumah.

Resep Sambal Terasi Kelapa

resep sambal terasi kelapa

Bahan yang Diperlukan :

  • 1/2 buah kelapa parut (jangan terlalu muda)

Bumbu Uleg :

  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit merah (sesuai selera pedas)
  • 4 buah cabe keriting merah (untuk pewarna)
  • 2 buah terasi (di goreng dulu)
  • 1 sdt royco ayam
  • 5 buah daun jeruk (bisa ditambah jika ingin lebih beraroma)
  • Secukupnya garam

Langkah untuk Membuat Sambal Terasi Kelapa :

  1. Parut kelapa. Atau cukup beli kelapa yang sudah di parut.
  2. Uleg semua bumbu sampai halus. (kecuali daun jeruk jangan sampai halus)
  3. Siapkan wajan. Campur bumbu uleg dan kelapa. Aduk hingga bumbu merata. (Hati-hati memberi garam karena sudah ada terasi. Jadi sedikit2 saja sambil terus dirasakan agar tidak keasinan). Check rasa.
  4. Jika rasa sudah pas, sangrai sambal kelapa dengan api kecil kurang lebih 5-10 menit atau lihat sampai tekstur kelapa agak mengering. (Jangan tambah minyak atau air saat menyangrai)

Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah, Mengatasi Komedo dan Jerawat

Santan kelapa dipercaya memliki khasiat yang sangat baik untuk membersihkan pori-pori kulit dari kotoran, jadi bisa mencegah dan mengatasi timbulnya komedo dan jerawat.

Komedo dan jerawat ini menjadi masalah yang umum diderita oleh semua orang. Meskipun bukan suatu penyakit yang berbahaya, tapi keduanya ini bisa merusak penampilan wajah.

2. Membersihkan Bekas Make Up

Make up memang bisa menunjang kecantikan seseorang, khususnya wanita, tapi make up yang telah tercanpur dengan kotoran, debu dan polusi ini bisa menyebabkan kerusakan pada kulit kalau tidak segera diatasi.
Maka dari itu sangat penting untuk membersihkan make up. Anda bisa membersihkan make up tersebut dengan menggunakan santan kelapa.
Kotoran bekas make up yang masuk ke dalam pori-pori kulit akan terangkat dengan mudah menggunakan santan kelapa. Caraya yaitu oleskan santan kelapa pada kulit wajah Anda sambil dipijat secara lembut, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

3. Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah jadi masalah bagi perempuan. Karena kalau itu terjadi, dia tidak mungkin memperlihatkan bagian kaki lebih banyak.
Tapi Anda jangan khawatir, ternyata santan kelapa juga bisa digunakan untuk membantu menghaluskan tumit pecah atau bagian telapak kaki yang biasanya bersifat kasar karena sering bergesekan dengan lantai atau tanah.

4. Menyamarkan Lutut dan Siku yang Menghitam

Lutut dan siku mungkin menjadi area tubuh yang luput dari perhatian dan perawatan, akibatnya kedua bagian itu menghitam.
Ambil jeruk lemon ukuran sedang, belah jadi dua dan ambil airnya. Sisihkan air perasan itu, karena yang kita butuhkan yaitu bagian lemonnya.

Selanjutnya bisa teteskan sebanyak setengah sendok teh minyak kelapa ke lemon tersebut, lalu usap perlahan namun berulang ke bagian lutut dan siku yang menghitam, sambil digosok secara perlahan dan lembut.

Lakukan berkali-kali sampai lemon dan minyak kelapa habis, lalu bersihkan. Lakukan setiap hari sampai warna hitamnya memudar.

5. Menutrisi Rambut

Sama halnya dengan minyak kelapa atau air kelapa, santan kelapa juga baik sekali untuk menutrisi rambut Anda. Santan kelapa tersebut ternyata mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik sekali untuk rambut kita.

Jadi rambut Anda bisa lebih terawat dan terlihat lebih berkilau

6. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Santan kelapa juga dapat meningkatkan pertubuhan rambut. Karena santan kelapa tersebut juga mengandung vitamin E dan minyak esensial yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan rambut.

Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Caranya itu cukup mudah, dengan mengoleskan santan kelapa yang telah dicampurkan dengan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala Anda, terus diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

Nah itu sedikit pemaparan mengenai cara membuat sambal terasi kelapa yang bisa anda coba membuatnya dirumah. Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat parutan kelapa bagi kesehatan kulit dan kecantikan.

Oh iya bagi anda yang gemar membuat olahan makanan dirumah, saya ada sedikit reverensi yang mungkin bisa anda coba membuatannya dirumah Cara Membuat Cenil Cantik yang Mudah dan Kekinian

Theme by Anders Norén