Resep Sambal Coto Makassar Asli – Makan coto Makassar tidak lengkap rasanya tanpa disajikan dengan sambal. Untuk alasan itulah kami membuat artikel mengenai cara membuat sambal coto Makassar.

Coto Makassar merupakan sajian kuliner khas yang berasal dari Sulawesi Utara, tepatnya dari Makassar. Cara membuat coto makassar menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, baik bagian jeroannya atau bagian dagingnya (biasanya bagian paha). Daging sapi kemudian dimasak bersama racikan bumbu sedap dan nantinya disajikan dengan siraman kuah yang gurih dan segar.

Sudah pernah mencoba lezatnya hidangan Coto Makassar dengan sambal special belum? jika belum, simak baik-baik cara membuat sambal coto makassar yang akan kami bagikan ini ya.

resep sambal coto makassar asli

Bahan Sambal Coto Makassar :

  • 5 sendok makan minyak goreng
  • 4 buah Cabe merah
  • 10 buah Cabe rawit
  • 3 butir Kemiri
  • Tauco sebanyak 100 gram
  • 1 sendok teh Garam
  • 4 buah Bawang merah
  • potongan jeruk nipis.

Cara Membuat Sambal Coto Makassar :

  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah mencuci bersih cabe merah dan cabe rawit.
  2. Rebus atau kukus cabai rawit, kemudian haluskan haluskan.
  3. Kemudian Tumis dengan minyak goreng hingga harum dan matang.
  4. Campurkan taoco dan air jeruk nipis.
  5.  Sambal coto Makassar siap disajikan

Tips Membuat Sambal Coto Makassar

Jika Tauco yang anda gunakan jenis yang super asin maka mencucinya sebentar di air akan mengurangi kadar asinnya. namun bila anda enggan mencucinya maka hati-hati dengan takaran garam yang disertakan di dalam cara membuat sambal coto Makassar ini.

Tips Memilih dan Menyimpan Cabai

Bahan utama dalam membuat sambal adalah cabai. Selain itu cabai juga termasuk bumbu dapur yang paling banyak digunakan untuk menu nusantara. Cabai tidak hanya pemberi rasa pedas, namun juga sebagai penambah selera makan.

Mungkin selama ini, Anda hanya membelinya di pasar tradisional maupun supermarket tanpa mengetahui kondisinya. Jangan heran bila Anda memilih cabai dengan kondisi tidak baik walaupun ketika dilihat teksturnya sangat mulus. Berikut tips dalam memilih dan menyimpan cabai yang baik :

  • Perhatikan bentuknya

Tak sulit membedakan cabai yang berkualitas baik. Anda hanya perlu memperhatikan bentuknya saja. Usahakan untuk memilih cabai yang berukuran besar dengan bentuk lurus dan tidak melengkung. Karena biasanya cabai dengan bentuk yang melengkung memiliki rasa yang kurang pedas.

  • Perhatikan warnanya

Selain bentuknya, anda juga bisa memperhatikan warna cabai. Pilih cabai dengan warna yang terang dan menyala. Hal tersebut menandakan jika cabai yang anda beli masih segar. Hindari membeli cabai dengan warna yang kusam, karena bisa jadi cabai masih muda sehingga kurang pedas.

  • Hindari membeli yang dicampur

Di pasar-pasar tradisional, ada beberapa penjual cabai yang mencampur cabai segar dengan cabai yang sudah mulai layu bahkan membusuk dalam satu wadah demi menekan harga jual. Sebaiknya anda menghindari cabai yang dicampur seperti itu. Pilih cabai yang benar-benar segar seluruhnya agar nantinya cabai yang anda beli lebih tahan lama.

  • ¬†Angin-anginkan cabai

Biasanya pedagang membungkus cabai dalam plastik bening. Nah, usahakan untuk segera mengeluarkan cabai dari plastik tersebut agar tidak lembap. Lalu angin-anginkan sampai cabai kering. Anda juga bisa menjemur cabai sebentar di bawah sinar matahari demi memastikan jika cabai sudah benar-benar kering.

  • Simpan di tempat kering

Selanjutnya, anda bisa langsung memindahkan cabai ke dalam wadah yang kering dan kedap udara. Setelah itu, simpan cabai tersebut di kulkas atau pada suhu ruangan.

Demikian artikel mengenai resep sambal coto Makassar asli. Selamat mencoba dan menikmati. Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada teman-teman anda.