Resep roti panggang oven – Sekarang Anda bisa membuat olahan pisang dengan menggunakan roti yang tentunya memiliki rasa yang manis, enak, dan lezat.

Bahan adonan roti:

  • 200 gr terigu
  • 1,5 sdt peres ragi instan
  • 1 sdm gula pasir
  • 100 ml susu cair
  • vanili 1/2sdt
  • 1 butir kuning telur
  • margarin 1 sdm
  • mentega 1 sdm
  • garam 1/2 sdt
  • pengoles : kuning telur

Cara Buat Roti Isi Coklat Panggang

  1. Ragi instan, 1 sdm air hangat dan gula pasir, aduk tampak bergelembung. Diamkan kurleb 5 menit. (sebagai Bahan A)
  2. Susu cair, terigu 1,5 sdm dipanaskan api kecil saja, aduk2 terus. Lama2 akan mengental jangan sampai mendidih, agak mengental matikan api, dinginkan kemudian sisihkan. (sbg bahan B)
  3. Campuran terigu, kuning telur dan bahanB lalu aduk rata.
  4. Kemudian masukkan bahan A dan uleni sampai setengah kalis.
  5. Kemudian masukkan margarin dan mentega, uleni terus sampai kalis. Terakhir tambahkan garam, adonan kalis, diamkan 60 menit akan mengembang sempurna lebih dari 2x volume awal. Kemudian kempiskan adonan.
  6. Bagi adonan menjadi 12 atau sesuai selera. Bentuk dan isi sesuai selera.
  7. Diamkan kembali 30 menit roti mengembang. Oles dengan kuning telur dan taburi sesuai isi. Saya untuk isiannya coklat batangan coklatdan mentega sedikit, sisanya coklat putih batangan dan mentega.
  8. Oven 180° C selama 20 menit dan di bawah loyang letakkan juga loyang isi air agar bagian bawah roti tetap lembut.
  9. Hasilnya benar2 lembut lho bund.

 

Ternyata Roti Memberikan Manfaat bagi Kesehatan

Aneka roti bakar ternyata tak hanya lezat rasanya, tapi juga menyimpan banyak manfaat tak terduga bagi kesehatan yang belum diketahui banyak orang. Ya, sajian roti bakar yang menjadi alternatif dalam mengonsumsi roti tawar ini bahkan terbukti secara ilmiah baik disantap oleh penderita diabetes dan orang yang sedang diare.

Perlu Anda ketahui, untuk meningkatkan mutu protein bagi tubuh, belakangan ini roti juga diperkaya dengan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan kelompok Omega-3 jenis EPA (Eicosa Pentaenoic Acid) dan DHA (Docosa Hexaenoic Acid). Roti isi tuna merupakan salah satu contoh roti yang diperkaya Omega-3.

Anda mungkin masih ragu dan bertanya-tanya, benarkah roti bakar punya manfaat bagi kesehatan? Untuk menjawab keraguan tersebut, simak ulasan lengkap yang dilansir laman Times of India.

1. Mengatasi diare

Tahukah Anda bahwa roti bakar merupakan camilan yang dianjurkan bagi penderita diare? Ya, seperti dilansir laman Times of India, roti yang dibakar atau dipanggang lebih mudah dicerna dan juga lembut sehingga membuat lambung tidak perlu bekerja keras untuk menyerapnya.

2. Camilan untuk penderita diabetes

Selain itu, camilan ini juga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition pada Mei 2018 menemukan bahwa roti panggang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

Namun tentu saja Anda harus menghindari pemilihan topping yang tinggi gula agar manfaat positif ini bisa Anda rasakan.

3. Menurunkan berat badan

Memanggang roti juga dapat menurunkan jumlah lemak di dalamnya. Meskipun lemak dalam roti tidak akan berkurang secara signifikan, mengonsumsi roti bakar setiap hari dapat membuat perbedaan berarti pada berat badan Anda.

4. Mengatasi mual

Bagi Anda yang sering mengalami keluhan mual di pagi hari ketika hamil muda, cobalah mengonsumsi roti bakar sebagai menu sarapan. Alasannya saat mual Anda lebih baik mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi lebih sering, terutama yang kaya karbohidrat dan rendah lemak seperti roti bakar.

Jika kamu ingin ayam barbeque dan gurame bakar kamu bisa mencoba cara ini ya !!!