Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel

Roti Kelapa Pandan Mudah Kamu Pasti Bisa Buat!!

resep roti kelapa pandan

Resep roti kelapa pandan ini adalah resep yang sama dengan yang saya buat sebelumnya. Namun kali ini kita menggunakan pandan untuk menambah aroma dan menambah selera makan.

Karena kita akan membahas tentang panda maka wajib bagi kita untuk mengetahui apa itu pandan dan apa saja manfaat nya.

Pandan

Pandan adalah jenis daun-daunan berbentuk lancip panjang dan memiliki sudut siku pada bagian daunnya. Daun pandan merupakan jenis daun yang digunakan untuk masakan.

Daun pandan berwarna hijau dan warna hijau daun pandan digunakan sebagai pewarna alami makanan. Pandan berserat halus dan mudah dibuat campuran dalam masakan.

Daun pandan mudah ditemukan bahkan terkadang tumbuh di media pot. Tidak hanya bermanfaat banyak, daun pandan juga cantik dipajang dan dijadikan dekorasi halaman rumah.

Daun pandan tidak terlalu susah ditemukan di pasar namun lebih baik menyediakan tanaman pandan di rumah karena jarang dijual dalam jumlah sedikit. Daun pandan berbau harum tetapi tidak mempunyai rasa yang khas.

Fungi :

Daun pandan mengandung zat saponin, polifenol, alkaloida, dan zat warna hijau. Pandan bagus untuk mengobati rematik, penyakit saraf, dan penyakit otot misal pegal-pegal.

Daun pandan juga bagus digunakan untuk aroma terapi dalam spa. Selain digunakan dalam bidang kesehatan, daun pandan juga berfungsi sebagai penambah aroma dalam masakan dan penambah warna hijau.

Penggunaan daun pandan umumnya dilakukan pada masakan bersantan seperti kolak. Sedangkan zat warna hijau digunakan untuk mewarnai kue basah. Pandan juga berfungsi untuk mengharumkam nasi agar lebih wangi dan sedap.

Daun pandan juga digunakan penghias makanan agar lebih cantik. Daun pandan digunakan sebagai alas untuk mengukus tanaman atau penghias tumpeng.

Bahan-bahan Membuat  Resep Roti Kelapa :

  • 75 gr mentega suhu ruangan
  • 120 gr gula halus
  • 1 butir telur
  • 2 sdt pasta pandan
  • 50 gr susu bubuk
  • 110 gr kelapa kering

Cara Membuat Resep Roti Kelapa :

  • Mixer mentega dan gula halus hingga creamy. Lalu masukkan telur dan pasta pandan, aduk rata. Matikan mixer, tambahkan kelapa kering dan susu bubuknya. Aduk dengan menggunakan spatula. Sisihkan.
  • Siapkan adonan roti, dan isi dengan kelapa pandan.
  • Bentuk sesuai selera.
  • Beri jarak waktu memanggang.
  • Panggang di oven yg suda dipanaskan terlebih dahulu, dgn suhu 190°C selama 10-15 menit.
  • Setelah roti matang, oles permukaan roti dengan mentega untuk hasil yg mengkilat.
  • Roti isi kelapa pandan siap dinikmati.

Anda bisa memanfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan. Bila anda pesaing anda tinggal perlu menambahkan daya tarik pelangan tersebut yaitu mancari jasa pasang AC yang dipasang dikios atau warung makan anda supaya pelangan yang datang merasa nyaman dan akan mendatangkan daya tarik sendiri.

Macam-macam Pandan :

  1. Pandan Duri (Pandanus tectorius)

Salah satu jenis pandan yang hidup tersebar luas di daerah-daerah terbuka

di dataran rendah adalah pandan duri.

Ukuran tinggi batang mencapai 4 –14 m dan memiliki diameter penutupan tajuk

yang sama, biasanya tumbuh pada ketinggian 20 –600 mdpl, dan menghasilkan daun 10 –300 lembar per batang per tahun (Thomson et al2006). Pandan ini memiliki banyak cabang, daunnya berwarna hijau dengan panjang 90 –150 cm dan lebarnya mencapai 4 cm (Purseglove 1972). Di daerah Jawa, jenis ini di kenal ada empat macam yaitu jenis samak, litoralis, laevis, dan variegates (Widjaja et al1989). Lebih lanjut Widjaja et al (1989) menyatakan jenis pandan yang termasuk jenis samak adalah pandan betook, pandan jaksi, pandan jaraim, pandan kapur, pandan duri, pandan tikar, pandan cucuk, pandan semak dan pandan ijo yang masing-masing terdapat di Pulau Bawean, Tasikmalaya, dan Tangerang.

  1.  Pandan Mengkuwang (Pandanus artocarpus)

Jenis pandan ini tumbuh mencapai 20 m, biasanya terdapat di sebelah selatan Malaya dan pada bagian yang berdekatan dengan Indonesia. Panjang daunnya mencapai 600 cm dan lebarnya 15 cm serta digunakan untuk membuat tikar (Purseglove 1972).

Mengkuwang banyak tumbuh di dataran rendah, terutama daerah yang

dekat laut. Daunnya sudah umum digunakan untuk membuat tikar dan topi di Sumatra dan Bangka (Widjaja et al1989)

  1. Pandan Kowang (Pandanus furcatus)

Pandanus furcatus dikenal juga dengan Pandanus houlettii CarrierePandanus lais Kurz, danPandanus pseudolais Warb (Anonim 2008c). Tumbuhan ini terdapat di Jawa, Sumatera dan pulau-pulau lain di Indonesia serta di gunakan oleh penduduk sebagai bahan baku anyaman (Widjaja et al1989).

Lebih lanjut Widjaja et al (1989) menyatakan bahwa jenis pandan ini tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, dan biasanya di tempat-tempat yang agak rindang di tengah hutan.

Pandan ini memiliki tinggi batang mencapai ±11 m, tegak, berwarna putih kotor, memiliki daun tunggal berwarna hijau dan berbentuk lanset dengan ujung daun lancip dan tepi daunnya bergerigi serta panjang daun mencapai 75 – 90 cm dan lebar 3 –5 cm (Anonim 008c).

  1. Pandan Sepejam (Pandanus bicornis)

Panjang daun pandan ini mencapai 120 cm dengan lebar 5 cm, dan digunakan untuk membuat anyaman tikar dan topi (Widjaja et al1989).Lebih lanjut Widjaja et al(1989) menyatakan bahwa daun yang digunakan untuk anyaman pandan biasanya daun yang tua dan akan menghasilkan anyaman yang berwarna hijau kotor sehingga jenis anyaman ini tidak banyak disukai.

  1. Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius)

Nama lain dari pandan ini adalah Pandanus odorus. Tumbuhan pandan yang tingginya tidak lebih dari 1,5 m dan banyak ditanam oleh orang Melayu untuk mengambil daunnya yang wangi (Purseglove 1972). Daun pandan yang tua panjangnya mencapai 80 –110 cm dan lebar daunnya 6 –8 cm (Selvam 2007). Tumbuhan ini dikembangkan dengan cara dipotong dan tidak pernah berbunga (Purseglove 1972). Jenis pandan ini tidak digunakan

sebagai bahan baku anyaman. Selvam (2007) menyatakan bahwa pandan ini merupakan jenis pandan dengan daun yang beraroma wangi.

Theme by Anders Norén