Resep Roti Canai untuk Bisnis RumahanRoti canai adalah sejenis roti pipih (flatbread) dengan pengaruh India, yang banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Roti ini bisa ditemukan di gerai mamak di Malaysia atau di rumah makan Aceh di Indonesia. Di Singapura, roti seperti ini dinamai roti prata. Bentuk dan bahannya mirip dengan kerala porotta.

Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak, atau bisa pula dengan menebarkan adonan setipis mungkin di atas panggangan.Usaha pembuatan roti canai dengan skala kecil bisa menjadi opsi mencari bisnis yang menguntungkan.

Resep Roti Canai Untuk Bisnis Rumahan semacam ini masuk kedalam kategori industri rumahan yang tidak membutuhkan modal terlampau besar dan bisa dijalankan pada lokasi dengan ukuran kecil cukup dengan memakai dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah dapat dijalankan karena alat-alat berupa mesin yang dibutuhkannya berukuran kecil.

Usaha Resep Roti Canai Untuk Bisnis Rumahan juga bisa dijalankan diberbagai tempat karena target pasarnya yang cukup luas. Roti canai di jajakan dengan harga bervariasi dari mulai 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan jenis nya.

Jangkauan penjualannya tergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti canai yang di kerjakan, jika kemampuan produksi rotinya masih sedikit biasanya jangkauan pemasarannya cuma disekitar lokasi pembuatannya, kendaraan yang digunakan untuk berkeliling pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor ataupun sepeda.

Sedangkan untuk usaha pembuatan roti canai rumahan yang telah berskala cukup besar, jangkauan pemasaran mereka umumnya lebih luas karena kapasitas produksi rotinya pun lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya dapat berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti canai dengan skala seperti ini bahkan penjualannya sudah mampu menjangkau luar kota.

Resep Roti Canai Untuk Bisnis Rumahan

Langkah Memulai Resep Roti Canai Untuk Bisnis Rumahan

Tertarik dengan model bisnis roti canai? Paling awal yang harus Anda persiapkan ialah kemampuan atau kemahiran untuk membuatnya baik itu dimiliki sendiri atau dengan mempekerjakan orang yang ahli dibidang pembuatan roti canai.

Bahan-Bahan Resep Roti Canai Untuk Bisnis Rumahan

  1. 300 gram Tepung terigu
  2. 1 butir Telur ayam
  3. 50 ml Minyak goreng
  4. 1 sdm Susu bubuk
  5. 150 ml Air hangat
  6. 1 sdt Gula halus (opsional)
  7. secukupnya Margarin
  8. 1/2 sdt Garam
  9.   secukupnya Minyak goreng (untuk merendam adonan)

 

Cara Membuat Resep Roti Canai Untuk Bisnis Rumahan
  1. Masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk hingga rata
  2. Tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting2 adonan hingga kalis dan tidak lengket
  3. Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kalau saya kurang lebih 1.5 kali ukuran bola ping pong. Lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih lalu diamkan selama 1-2 jam
  4. Setelah adonan direndam, pipihkan hingga benar-benar tipis , lalu oleskan mentega hingga merata
  5. Gulung adonan seperti pada gambar, lalu tarik2 agar adonan menjadi lebih panjang
  6. Gulung adonan dengan arah yang berlawanan hingga membentuk seperti huruf ‘S’.
  7. Lalu satukan/tumpuk adonan seperti terlihat pada gambar
  8. Pipihkan adonan hingga melebar, sambil ditarik2 karena adonan agak liat. Ulangi langkah 4-7 hingga bola2 adonan habis
  9. Goreng di teflon tanpa minyak hingga berubah warna kecoklatan. Roti canai siap dihidangkan bersama susu kental manis/selai/keju parut/es krim/kuah kari, dll. Jika tidak habis 1x makan bisa disimpan di dalam freezer lalu dipanaskan lagi di teflon dengan sedikit mentega

 

itu tdi peluang bisnis roti canai. semoga bermanfaat resep bisnis roti canai ini.