Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel

Resep Rendang Ayam Padang Sederhana Ala Restoran

resep rendang ayam padang sederhana

Kali ini saya akan membahas menenai cara dan resep rendang ayam padang sederhana yang tentunya citarasanya bak direstoran.

Siapa sih yang nggak sukadengan olahan yang satu ini, ya rendang ayam padang yang tidak banyak yang tahu cara pembuatannya, nah buat anda yang penasaran berikut ini resep rendang ayam padang yang bisa anda coba.

Resep Rendang Ayam Padang Sederhana

resep rendang ayam padang sederhana

 

Bahan yang Diperlukan :

  • 1 ekor ayam kampung (potong menjadi 12 sampai 15 bagian)
  • 6 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai (memarkan)
  • 1 sdt asam jawa
  • 2 lembar daun kunyit (tali simpul)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 6 cm lengkuas (memarkan)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 1000 ml santan kelapa

Bahan untuk Bumbu Halus :

  • 12 buah cabai keriting
  • 5 buah cabai merah besar (buang isi)
  • 13 siung bawang merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica
  • 2,5 sdt ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 5 cm kunyit (bakar dulu sebelum dihaluskan)
  • Gula pasir (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)

Cara untuk Membuat Rendang Ayam :

  1. Kukus daging ayam hingga matang dan empuk. Goreng setengah matang agar saat dimasak daging ayam tersebut tidak terlalu amis.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Sisihkan sebentar.
  3. Rebus santan kelapa bersama batang serai, asam jawa, daun jeruk, lengkuas dan daun kunyit hingga mendidih.
  4. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan.
  5. Tambahkan daging ayam dan aduk rata.
  6. Lalu bisa tambahkan garam, gula pasir dan kaldu ayam bubuk agar rendang ayam rasanya lebih nikmat.
  7. Kemudian anda bisa masak atau ungkep daging ayam tersebut hingga air santan cukup asat dan bumbu meresap ke dalam daging ayam dengan baik.
  8. Jika sudah matang, anda bisa angkat rendang ayam dan segera sajikan di piring saji sesuai dengan selera anda.

Manfaat Mengkonsumsi Santan

1. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Meskipun santan sendiri memiliki kandungandungan lemak jenuh, sebenarnya santan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Terlebih jika, dikonsumsi ternyata santan tersebut juga memberi Anda asam lemak omega 6 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2. Memperkuat Tulang

Santan ternyata juga mengandung sejumlah kalsium dan jumlah fosfor yang baik, keduanya berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang pada tubuh.

Dengan meminum santan dipercaya dapat memulihkan risiko patah tulang, osteoporosis dan rematik pada seseorang.

Selenium, antikosidan yang ditemukan dalam santan dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menenangkan peradangan arthritis pada sendi.

3. Membantu Mempertahankan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam santan bekerja sangat menakjubkan dalam menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Ini menjadikannya salah satu perawatan alami terbaik bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi

4. Mencegah Anemia

Anemia terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Ini dapat dengan mudah diatasi oleh santan. Diyakini setiap cangkir santan mengandung hampir 1/4 kebutuhan zat besi harian kita.

5. Membantu Mengontrol Berat Badan

Untuk mereka yang ingin menurunkan berat badannya, santan adalah pilihan terbaik.

Berkat konsentrasi tinggi serat makanan, santan dapat membantu menekan rasa lapar dan mencegah keinginan untuk makan makanan yang tinggi lemak.

Resiko Terlalu Sering Mengkonsumsi Santan

1. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan tersebut dapat terjadi karena anda terlalu sering mengkonsumsi santan. Santan memiliki kandungan minyak dan lemak.

Kelebihan konsumsi minyak dapat membuat terjadi gangguan pencernaan, dimana perut dapat terasa kembung dan tidak nyaman. Selain itu bisa terjadi gangguan pencernaan.

2. Kolesterol

Mengkonsumsi santan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Santan memiliki kandungan lemak trans dan asam lemak jenuh yang terbentuk saat santan tersebut telah dipanaskan apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Ketika santan yang telah dipanaskan kemudian kita konsumsi, maka lemak-lemak tadi akan menyebabkan kadara kolesterol darah akan meningkat.

Kolesterol dalam darah merupaka lemak yang memilik dampak butuk bagi tubuh sehingga biasa digolongkan sebagai lemak jahat.

3. Iritasi Tenggorokan

Mengkonsumsi santan ternyata dapat mengiritasi tenggorokan. Pada banyak orang, mengkonsumsi santan mungkin hal biasa atau lumrah dan tidak menimbulkan efek apapun pada tenggorokan.

Namun pada beberapa orang tertentu yang meiliki sifat tenggorokan yang lebih sensitif dan mudah terjadinya iritasi, mengkonsumsi santan justru akan berfungsi menambah gejalanya.

Kandungan lemak ataupun minyak dalam santan dapat memeperparah perasangan atau iritasi pada kulit tenggorokan yang sensitif tadi. Akibatnya tidak sedikit orang yang akan mengalami batuk, nyeri tenggorokan dan leher yang terasa berlendir.

4. Penyakit Jantung

Salah satu dampak sering mengkonsumsi santan yaitu terkena penyakit jantung. Akibat pola hidup yang sering mengkonsumsi santan, maka itu dapat membuat kadar kolesterol naik oleh lemak jenuh yang berasal dari santan.

Akibatnya kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung koroner. Kolesterol akan membentuk plak-plak pada pembuluh darah sehingga itu berakibat memperlambat atau menghalangi aliran darah.

Jika plak terbentuk di arteri koroner jantung, maka dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai resep rendang ayam padang yang bisa anda coba untuk membuatnya dirumah. Selain itu saya sedikit mengulas mengenai manfaat dan resiko mengkonsumsi santan.

Bagi anda yang gemar mengolah berbagai macam jenis masakan, saya ada sedikit reverensi yang mungkin bisa anda coba CARA MEMBUAT KERIPIK DAUN SINGKONG YANG BERGIZI DAN GURIH dan juga Resep Ayam Bumbu Kelapa Ala Restoran

Theme by Anders Norén