Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Membuat Resep Peyek Kacang Hijau Super Renyah Dan Gurih

resep peyek kacang hijau super renyah

Membuat Resep Peyek Kacang Hijau Super Renyah Dan Gurih – Kacang hijau adalah tanaman jenis semak yang tumbuh tegak dan dapat diolah menjadi banyak macam.

Tanaman kacang hijau ini diduga berasal dari negara India, kemudian menyebar ke berbagai negara Asia tropis, termasuk juga ke Indonesia di awal abad ke-17.

Di Indonesia, kacang hijau ini juga dikenal dengan tanaman sayur semusim. Kacang hijau atau  (Vigna radiata) berasal dari famili pabaceae alias polong-polongan,  kacang hijau dan kecambahnya banyak  manfaat bagi kesehatan.

Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral  penting seperti kalsium dan foepor dan sangat diperlukan tubuh.

Sementara itu kandungan dari lemaknya merupakan asam lemak  tak jenuh sehingga sangat aman  dikonsumsi oleh orang-orang dengan  masalah dalam hal obesitas.

Selain itu kacang ini sering digunakan untuk isian dari peyek yang sangat enak. berikut adalah

Membuat Resep Peyek Kacang Hijau Super Renyah Dan Gurih

BAHAN :

  • 500 gr kacang tanah atau kacang hijau
  • 500 gr tepung beras rosebrand
  • 85 gr tepung sagu cap tani
  • 65 ml santan atau bisa 1 sachet santan kara
  • 15-20 lembar daun jeruk buang bagian tengahnya lalu iris2 tipis
  • kaldu bubuk dengan rasa ayam 1 bks
  • 1 sdt gula pasir
  • 800-850 ml air putih
  • minyak untuk menggoreng
  • sedikit garam ( tambahkan jika kurang asin )

BUMBU YANG DIHALUSKAN :

  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 ruas kencur

CARA MEMBUAT:

  1. potong menjadi 2 bagian kacang tanah,lakukan hingga kacangnya habis.
  2. campurkan semua bahan beserta bumbu yang dihaluskan untuk airnya tuang pelan2 ya, sambil diaduk-aduk hingga rata,jangan lupa koreksi rasanya.
  3. panaskan minyak,tuang 1 sendok sayur adonan kepinggir wajan ( lihat video ) ,siram2 adonan dengan minyak panas biarkan hingga mengering dan terlepas dengan sendiri balik adonan peyek kemudian goreng hingga matang kecoklatan,angkat dan tiriskan.jika sudah dingin masukkan kedalam toples
  • kacang jangan dicuci agar hasilnya tidak lempem,setelah dibelah 2 langsung campurkan kedalam bahan
  • tepung sagu jangan diganti dengan tapioka kerena beda hasil pastinya
  • adonan tidak kental dan encer juga,kalau kekentalan hasilnya tidak renyah malah jadinya kayak bakwa jadi test adonan dulu jika pada saat menuang dipinggiran wajan langsung jatuh artinya adonan sudah pas dan dijamin hasil renyah.
  • pada saat menggoreng jangan dibalik jika peyek belum kering dan jangan berhenti siram2 adonan peyek dengan minyak panas ya mom agar mudah lepas pada saat kering dan tidak lengket disodet

Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau adalah salah satu dari jenis tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi dari padi. Tanaman ini biasa juga dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, golden gram, dan vigna radiate sebagai nama ilmiahnya. Kacang hijau biasa ditemukan dan diproduksi di Cina, India, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Apa saja manfaat kacang hijau pada tubuh kita?

1. Mencegah penyakit jantung

Suatu studi mengungkapkan jika kacang hijau mampu menurunkan kadar dari kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh. Hal ini karena ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang telah rusak, dan mengurangi pembengkakannya.

2. Mencegah kanker

Suatu penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini karena kacang hijau mengandung polyphenol dan juga oligosakarida dengan kadar yang cukup tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan dari kanker.

3. Kaya protein

Berdasarkan dari Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85% dari total asam amino dapat dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung pada kacang hijau.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.

5. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa peneliti mengatakan jika mengonsumsi kacang hijau dapat meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang untuk mudah merasa kenyang. Hal ini karena kacang hijau mengandung kadar protein dan juga serat yang sangat tinggi.

6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

Kacang hijau dapat membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang bisa memicu gejala-gejala PMS. Hal ini bisa terjadi karena kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan juga folat.

7. Melancarkan pencernaan

Masyarakat di India mengonsumsi kacang hijau guna menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut mereka. Hal ini karena kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah untuk proses pencernaan dan juga pembersihan racun dalam tubuh.

8. Mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat

Pengobatan tradisional di cina meyakini kalau kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen dan juga mempercantik kulit, karena kacang hijau mengandung phytoestrogen yang berkhasiat dapat menunda penuaan.

9. Membersihkan tubuh dari racun

Hal ini dikarenakan kacang hijau juga mengandung protein, tannin dan juga flavonoid yang efektifnya untuk membersihkan pestisida dan juga metal berat seperti merkuri dan juga besi dari dalam tubuh kita.

Sekian informasi tentang : Membuat Resep Peyek Kacang Hijau Super Renyah Dan Gurih. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : Trik Membuat Resep Peyek Kacang Renyah Tahan Lama Dan Gurih

Theme by Anders Norén