Kalau kamu mendengar kata nugget, pasti yang terlintas di pikiran kamu adalah ayam dan sapi. Ya kan? Daging ayam dan sapi ini memang terkenal olahannya sebagai makanan instan. Namun berbeda dengan makanan yang lagi hits ini. Nugget yang bukan dari daging, tapi pisang. Nah berikut saya sajikan Resep Nugget Pisang Nutella  yang lezat.

Pengertian Nugget

Nugget adalah daging yang dicincang, kemudian diberi bumbu-bumbu (bawang putih, garam, bumbu penyedap, dan merica), dicetak dalam suatu wadah dan dikukus. Selanjutnya, adonan didinginkan dan dipotong-potong atau dicetak dalam bentuk yang lebih kecil, kemudian dicelupkan dalam putih telur dan digulingkan ke dalam tepung panir sebelum digoreng.

Memiliki rasa yang lebih gurih daripada daging utuh. Sedangkan  Menurut Tanoto (1994), nugget adalah suatu bentuk produk daging giling yang dibumbui, kemudian diselimuti oleh perekat tepung (batter), pelumuran tepung roti (breading), dan digoreng setengah matang lalu dibekukan untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan.

Nugget termasuk ke dalam salah satu bentuk produk makanan beku siap saji, suatu produk yang telahmengalami pemanasan sampai setengah matang kemudian dibekukan.Produkbeku siap saji ini memerlukan waktu pemanasan akhir yang cukup singkatuntuk siap disajikan karena produk tinggal dipanaskan hingga matang.

Pembuatan nugget mencakup lima tahap, yaitu penggilingan yang disertai oleh pencampuran bumbu, es, bahan tambahan, pencetakan, pelapisan perekat tepung dan pelumuran tepung roti, penggorengan awal (pre-frying) dan pembekuan (Aswar, 1995).

1. Resep Nugget Pisang Nutella

resep nuget pisang nuttela

Bahan:

  • 5 buah pisang kepok, kemudian lumatkan
  • 110 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 3 sdm susu kental manis
  • 100 cc air
  • 150 gram keju parut
  • Gula secukupnya
  • Vanili secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Pelapis:

  • Maizena secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
  • Tepung roti secukupnya

Cara Membuat Nugget Pisang Nutella:

  1. Campurkan semua bahan adonan, kemudian kukus hingga matang. Kurang lebih 20 menit menggunakan api sedang.
  2. Lalu potong adonan persegi.
  3. Setelah itu lumuri dengan menggunakan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air.
  4. Lalu baluri dengan tepung roti.
  5. Terakhir panaskan minyak, goreng hingga kecokelatan.
  6. Sajikan Nugget pisang buatanmu dengan topping nuttela atau pasta cokelat sesuai dengan selera.

Manfaat

1. Menambah Massa Otot

Khasiat nugget yang pertama membantu menambah massa otot. Kandungan protein yang ada di dalamnya bermanfaat untuk menaikkan massa otot sehingga otot akan terlihat lebih kuat. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk pembentukan otot anda.

2. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Selain menambah massa otot, nugget juga mampu menjaga keseimbangan kolesterol. Kandungan yang terdapat di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga makanan ini aman dikonsumsi oleh anda yang menderita kolesterol.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda hanya perlu rutin mengkonsumsi nugget. Kandungan mineral yang ada di dalamnya membuat tubuh menjadi lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit sehingga tubuh akan tetap sehat.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Nugget sangat cocok bagi anda yang sering bermasalah dengan nafsu makan yang semakin berkurang. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya untuk menambah nafsu makan anda.

5. Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi tubuh yang terjadi ketika kekurangan darah. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi nugget. Kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya membantu pembentukan sel darah merah sehingga bisa mencegah dari resiko anemia.

Itu lah artikel  resep nugget nutella yang sederhana dan tentunya lezat dijamin nagih. semoga bermanfaat untuk anda.