Cara membuat keripik  salak enak – Sudah pernah makan keripik salak? Mungkin tidak banyak orang pernah menyicipi keripik yang satu ini karena biasanya singkong atau kentang yang sering dibuat keripik. Kalau begitu pertanyaannya diganti. Apakah Anda sudah pernah melihat keripik salak? Dari segi apa cara menggoreng keripik salak sama dengan cara menggoreng keripik-keripik yang lain (keripik singkong dkk)? Jelas beda. Buahnya berbeda tingkat kadar airnya. Singkong dan kentang memiliki tingkat kadar air yang relatif lebih kecil dibandingkan buah salak. Sehingga diperlukan perlakuan khusus agar salak pondoh yang digoreng menjadi kering sempurna seperti keripik-keripik yang lain, tidak sekedar menggoreng cara konvensional.

Nama dagang untuk buah asli Indonesia ini cukup unik, snake fruit. Julukan yang diberikan pada buah salak mungkin karena klit buanya yagn tersusun seperti kulit ular. Tanaman salak termasuk keluarga palem-paleman (Arecaceae). Ciri khas dari tanaman ini adalah tulang daun dan pelepahnya yang berduri tajam. Daging buah salak kebanyakan berwarna putih kusam atau kemerahan. Ketika masih muda biji buah salak berwarna putih dan setelah tua berubah menjadi berwarna coklat dan bertekstur keras.

Hampir semua jenis salak yang ada di Indonesia dapat diolah menjadi kripik buah. Setiap mendapatkan kripik salak yang berkualitas sebaiknya dipilih jenis salak yang manis, namun rasanya tidak terlalu sepet dan daging buah buahnya tidak terlalu tebal. Jenis salak pondoh hitam, salak nglumut, salak lokal dapat menghasilkan kripik yang berkualitas. Namun yang paling banyak dijadikan keripik salak adalah dari jenis salak pondoh. Banyak keunggulan salak pondok organik. Antara lain, aman dikonsumsi tanpa residu pestisida dan pupuk kimia sintetik, higienis, lebih manis, dan mempunyai rasa alami. Salak jenis ini juga lebih tahan lama, tidak mudah busuk, kulit lebih mudah dikupas, dan mempunyai ukuran buah yang relatif lebih besar.

Nah Mau tau resepnya ? Kali ini kami  akan berbagi resep cara membuat keripik salak yang simple,yuk mari kita simak langkah – langkahnya berikut ini :

Bahan-bahan

  1. 500 gr salak buang bijinya
  2. 6 butir cengkeh
  3. 3 buah kayu manis
  4. 1 butir jeruk nipis, 🍊 ambil airnya
  5. 200 gr gula
  6. 400 ml air

Langkah -langkah cara membuat keripik sederhana

  1. Cuci salak dan buang kulit arinya belah menjadi 2 bagian
  2. Rebus gula,air,cengkeh,kayu manis, dan air jeruk nipis
  3. Tambahkan salak rebus bersama air gula hingga setengah matang/hingga matang sesuai selera 😉
  4. Sajikan selagi dingin

Catatan :

  1. Pemilihan buah segar

Pilihlah buah segar salak pondoh yang matang pohon dan tidak terlalu lunak, bentuknya relatif sama, bebas hama dan penyakit serta kerusakan lain seperti memar atau busuk

  1. Penghilangan bagian-bagian yang tidak terpakai

Tahap ini terdiri pengupasan kulit menggunakan pisau anti karat (stainless steel) yang tajam atau dikupas seperti biasa dengan tangan sekaligus dihilangkan kulit arinya.

  1. Pengirisan

Pekerjaan pengirisan dilakukan dengan pisau dapur anti karat di atas alas (telenan kayu). Bentuk irisan sesuai dengan keinginan tetapi harus diusahakan menjadi bentuk yang menarik. Besar irisan sebaiknya diatur agar habis dengan satu sampai dua kali gigitan

  1. Pencucian

Pencucian daging buah yang sudah diiris dengan air bersih yang mengalir dimaksudkan setiap menghilangkan kotoran-kotoran yang masih melekat maupun tercampur pada daging buah selama pengupasan dan pengirisan

5.. Penggorengan

Tahap penggorengan meliputi langkah-langkah :
-Penyiapan alat penggoreng sistem hampa/vakum dengan rnenuangkan minyak ke dalam tabung penggoreng.
-Menyetel pengontrol suhu pada kisaran 75-840 C.
-Menghidupkan kompor dan biarkan hingga suhu pada pengontrol stabil menunjukkan suhu 780C