Keragaman di Indonesia telah menyebabkan warisan kuliner yang kaya. Mulai dari rendang terkenal hingga salad Indonesia gado-gado, setiap makanan indonesia benar-benar layak untuk dicoba. Disini kita akan bahas tentang berbagai cara makanan ringan snack yang mudah untuk dibuat.

Berikut Adalah Contoh nya :

  1. Klepon

Klepon adalah camilan Indonesia yang terkenal, dan sering dikategorikkan sebagai jajanan pasar ( Makanan yang dapat ditemukkan dipasar ). Klepon ini terbuat dari tepung beras dan tepung beras ketan yang diisi dengan gula aren meleleh. Camilan ini berbentuk marmer dan juga ditutupi oleh kelapa parut.

Saat anda mengunyah klepon ini akan meletup di mulut anda dan gula aren yang meleleh akan membuat selera makan anda menari-nari.

2. Onde- Onde

Onde- onde ini termasuk camilan Indonesia juga yang cukup terkenal, onde- onde ini juga termasuk dikategorikkan sebagai jajanan pasar yang mudah untuk ditemukkan. Onde- onde ini berasal dari Mojokerto, Jawa timur. Dan menjadikkan kota tersebut sebagai kota onde- onde. Camilan ini terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan kacang hijau.

Kulitnya dilapisi oleh biji wijen dan membuat makanan ini menjadi manis dan sedikit asin. Banyak toko- toko yang menjual onde- onde berbagai rasa, ada rasa coklat, ubi jalar, dan lain-lainnya.

Kalian pasti mau tau kan cara membuat barang unik dari botol bekas ? Nah, ini dia kerajinan botol bekas yang unik

3. Getuk

Getuk adalah camilan jawa yang terbuat dari dari singkong. Ada dua jenis getuk yaitu getuk yang ditaburi oleh gula aren dan kasar, sehingga warna nya coklat dan teksturnya agak keras.  Kedua adalah getuk lindri, yaitu singkong yang dikukus dan digiling dengan gula, dan diwarnai dengan pewarna makanan dan ekstrak vanili.

Setelah itu dibentuk menjadi bentuk kecil, panjang sehingga terlihat menjadi mie dan kemudia dipotong menjadi potongan persegi. Biasanya disajikkan dengan sirup kelapa, dan sirup gula kelapa. Anda dapat menemukkan getuk dipasar ( dipagi hari ), jajanan camilan .

4. Serabi

Serabi adalah penekuk indonesia yang terbuat dari tepung beras dan campuran santan kelapa atau kelapa parut. Sebagian besar serabi tradisional rasanya manis, karena biasanya dimakan dengan kelapa kental yang berwarna emas seperti sirup gula. Namun, saat ini ada banyak varian topping serabi dari oncom hingga daging sapi cincang keyu.

cara membuat bawang goreng yang renyah dan crispy 

5. Kripik Tempe

 

Keripik Tempe adalah jenis makanan ringan berbahan tempe kedelai yang digoreng kering dengan irisan tipis dan di campur bumbu rempah dan bahan-bahan lainnya. Tempe sendiri merupakan olahan kedelai yang dalam sejarahnya berasal asli dari Indonesia.

Itu berdasarkan pada beberapa penemuan kuno di tanah Jawa. Maka tak aneh lagi jika industri tempe kedelai banyak berada di daerah Jawa. Keripik tempe dengan sensasi kriukk dan renyah nya seringkali membuat kita tidak bisa berhenti untuk terus menikmatinya.

Cita rasanya yang kaya akan rempah, gurih dan garing menjadi ciri khas yang tidak bisa dihilangkan dari keripik tempe goreng.  Karena sensasi menggelitik dari keripik tempe, membuat makanan ringan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang khas di beberapa kota di Indonesia.

Kota penghasil keripik tempe yang terkenal dan populer di Indonesia adalah Keripik Tempe Bandung, Keripik Tempe Kebumen, Keripik Tempe Purwokerto dan lain sebagainya.

6. Lemper

Hidangan kue lemper merupakan salah satu hidangan jajanan pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau. Kue lemper adalah makanan tradisional yang dibuat dari nasi ketan yang diberikan bagian isian ayam atau abon sebagai toping bagian dalamnya.

Kue lemper memiliki citra yang begitu baik dihati para penggemarnya, selain nikmat kue lemper juga terbilang sebagai jajanan murah meriah yang dapat mengganjal perut bahkan mengenyangkan untuk sebagian besar orang.

Enak disantap sendiri atau ditambah dengan bahan pelengkap lain seperti bakwan atau risole, itulah kue lemper. Biasanya kita akan dengan mudah menjumpai kue lemper di pedagang-pedagang kue keliling atau dipiggir jalan.

Kue ini akan tersaji begitu istimewa jika dinikmati bersama dengan keluarga tercinta atau dijadikan sebagai cemilan sewaktu mengisi waktu luang.

7. Lapis Legit

Anda pasti sudah mengenal Lapis Legit yang banyak dijual di pasaran. Kue lapis ini banyak dijual dalam bentuk kemasan kedap udara yang siap santap. Berbagai merk menjamin bahwa rasanya lezat dan juga awet disimpan. Lapis legit ini terkenal karena wangi khas spekuk dan juga lapisan adonan berwarna kuning dan coklat yang berlapis-lapis sehingga cantik untuk dilihat.

Meskipun banyak beredar di pasaran dan terlihat rumit untuk dibuat, ada cara yang cukup sederhana untuk membuat Lapis Legit. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak sukar untuk didapat. Anda membutuhkan ketelatenan dalam membuat lapisan-lapisan ketika memanggang, agar hasilnya baik.