Resep Kue Rangin Gurih Dari Betawi

Resep kue rangi betawi – Kue rangi salah satu kue tradisional Betawi. Kue ini juga sering disebut sebagai kue sagu rangi, terbuat dari adomam tepung kanji (masyarakat Betawi biasa menyebutnya tepung sagu) dengan kelapa parut yang dipanggang dengan cetakan khusus di atas tungku kecil.

Didalam Resep Kue rangi betawi ini kue rangi disajikan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji. Agar berbau harum dan menggugah selera, gula cair kental ini adakalanya dicampuri dengan potongan nangka, nanas atau durian. Resep Kue rangi betawi ini rasanya sangat gurih dan beraromanya sangat wangi karena dimasak dengan cara dipanggang nah karena  itulah rahasia dari kue rangin yang lezat.

Biasanya untuk Resep kue rangi betawi memakai bahan utama untuk antara lain: kelapa tua, tepung kanji atau tapioka, serta sedikit garam dan air. Adonan bahan kue ini tidak dapat bertahan lama karena mudah basi, sehingga harus dihabiskan dalam waktu satu hari.

Resep Kue Rangi Betawi

Bahan-bahan :

  1. 200 gr Kelapa tua uk kecil (kupas kulit luar nya)
  2. 400 gr tepung sagu tani / tapioka
  3. 200 ml air matang
  4. 1 sdt garam
  5. BAHAN SAUS GULA :
  6. 250 gr gula jawa/merah
  7. 200 ml air matang
  8. 1 lembar daun pandan
  9. 3 sdm munjung tepung sagu + sedikit air (aduk n sisihkan)

Langkah – Langkah :

  1. Parut kasar kelapa tua (saya pakai parutan keju)
  2. Anda bisa masukan sagu, lalu aduk secara rata dengan kelapa yang sudah di parut kasar.
  3. Dimangkuk terpisah siapkan air matang dicampur garam (air garam) aduk rata
  4. Masukan air garam kedalam campuran kelapa + sagu ulenin hingga berbutir butir (hentikan pemakaian air bila adonan sudah berbutir)
  5. Setelah itu panaskan cetakan kue ranginya (mirip dengan cetakan kue pancong tp lebih kecil lagi) atau anda bisa panaskan teflon dan tuangkan adonan.
  6. Tutup dan Masak diatas api sedang kurleb 5-10 menit.
    Masak hingga adonan habis
  7. SAUS GULA :
    Iris/sisir gula merah, masukan kedalam air, tambahkan daun pandan. Masak hingga gula larut. Selanjutnya bisa menungkan sagu yg sudah dicampur air masak hingga meletup letup.
    Hidangkan selagi hangat.

Berbagai Resep Makanan Ringan. Baca Juga Resep Bakpau Mudah Dan Murah