Resep Kue Pancong Depok – Kue adalah makanan ringan atau kudapan yang bukan termasuk makanan utama. Biasanya, kue memiliki rasa manis dan gurih, tetapi ada pula yang memiliki rasa asin. Kue biasanya terbuat atau berbahan dasar tepung. Beberapa tepung tersebut, antara lain tepung beras, tepung tapioka, tepung sagu, tepung terigu, tepung almond, dan tepung gandum.

Kue terdiri dari dua jenis, yaitu kue basah dan kue kering. Pada umumnya, perbedaan kue kering dan kue basah terletak pada teksturnya. Kue Basah bertekstur lembut, empuk, dan tidak dapat bertahan lama. Sementara kue kering berstektur sedikit kasar dan lebih keras dan juga kue kering dapat bertahan lebih lama dibanding dengan kue basah.

Setiap negara memiliki kue khas mereka masing – masing, tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia, masing – masing daerah memiliki kue khasnya masing – masing. Beberapa kue tersebut antara lain kue bika ambon, kue klepon, kue mangkok, kue cucur, serabi solo, wajik, putri selat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Resep Serundeng Kelapa

Dari kue – kue tradisional yang ada di Indonesia, kita akan membahas salah satu kue yang berasal dari daerah Betawi, yaitu kue pancong. Kue Pancong adalah kue khas daerah Betawi yang berbahan dasar tepung beras yang dicampur santan. Bentuk kue ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kue pukis yaitu berbentuk seperti busur atau berbentuk setengah lingkaran. Kue ini tidak memakai gula pada adonannya. Gula pada kue ini terdapat pada toping atau di tambahkan saat kue sudah siap saji.

Kue pancong dapat anda temukan di wilayah betawi atau wilayah JABODETABEK, bahkan bisa anda temukan di provinsi lain hingga luar pulau jawa. Biasanya, kue Pancong ada pada acara – acara besar seperti pernikahan atau khitanan. Kue Pancong juga bisa anda temukan sebagai jajanan pasar ataupun pedagang keliling.

Salah satu variasi kue pancong yaitu kue pancong depok. Sesuai dengan namanya, kue pancong ini merupakan salah satu kreasi kue pancong yang berasal dari Depok, Jawa Barat.

Bagi anda yang ingin mencoba kue pancong Depok ini, anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri dengan menggunakan Resep Kue Pancong Depok yang telah kami siapkan. Berikut resep kue pancong Depok yang bisa anda coba

Resep Kue Pancong Depok

Resep Kue Pancong Depok

 

Alat dan bahan

Alat dan bahan yang digunakkan untuk membuat kue pancong antara lain :

  • 200 gr ( dua ratus gram ) tepung terigu
  • 1 sdt ( satu sendok teh ) baking powder
  • 3 (  tiga ) butir telur usahakan bagian kuningnya
  • 100 gr ( seratus gram ) gula pasir
  • 125 ml ( seratus dua puluh lima mili liter ) air soda tawar
  • 2 sdm ( dua sendok makan ) margarin, dilelehkan
  • 1/2 sdt ( setengah sendok teh ) garam
  • Cetakkan kue pancong

Cara Membuat

Cara membuat Kue Pancong khas Depok

Berikut cara membuat kue pancong khas Depok.

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kue pancong
  2. Selanjutnya Kocok telur, gula, serta garam hingga mengembang. Setelah itu, tambahkan tepung terigu dan juga baking powder sambil dikocok dan diayak (disaring) perlahan bergantian dengan air soda tawar.
  3. Selanjutnya, tambahkan margarin. Setelah itu Kocok rata.
  4. Setelah itu, siapkan alat cetakkan kue pancong. Selanjutnya, panaskan dengan api kecil dan oleskan permukaannya dengan mentega.
  5. Selanjutnya, Tuang adonan kue pancong ke dalam cetakan kue pancong yang sudah dipanaskan dan dioles margarin. Setelah itu taburkan wijen.
  6. Selanjutnya, tutup dan biarkan sampai kue mengembang dan matang.
  7. Setelah kue pancong matang, angkat dengan hati – hati karena kue pancong agak rapuh. Setelah itu, taruh kue pancong ke piring saji.
  8. Untuk finishingnya, tambahkan toping sesuai selera. Topingnya dapat berupa gula pasir, meises, atupun yang lainnya.

Manfaat Kue Pancong

Kue Pancong memiliki beberapa manfaat untuk tubuh walaupun sedikit. Manfaat tersebut antara lain:

  • Membantu menyehatkan mata
  • Menambah Tenaga
  • Membantu memelihara sistem pencernaan
  • Membantu mencegah anemia

 

Demikian artikel tentang resep kue pancong khas Depok beserta manfaatnya. Semoga artikel tentang resep kue pancong Depok ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel resep kue pancong depok ini, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga : Resep Kue Pancong