Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel, Kelapa

Resep Kue Kering Kelapa Instan

cara membuat kue kering kelapa instan

Resep Kue Kering Kelapa Instan sebenarnaya tidak begitu susah, Anda cukup memperhatikan setiap langkah-langkah saat membuat-nya.

Ini adalah resep kue kering kelapa sekaligus panduan-nya mudah dan simpel.

Resep Kue Kering Kelapa Instan

cara membuat kue kering kelapa instan

Tentu-nya untuk membuat sebuah kue kering kelapa di perlukan bahan-bahan yang pas takaran agar rasa yang di hasilkan tetap nikmat, dan berikut ini adalah bahan-bahan yang di perlukan sesuai resep kue kering kelapa.

Bahan-bahan Resep Kue Kering Kelapa

  1. 100 gram kelapa parut kering,kira kira 2 cup
  2. 227 gram unsalted butter
  3. 125 gram all purpose flour
  4. 25 gram maizena
  5. susu bubuk 25 gram
  6. 1 sendok vanila
  7. 125 gula halus

Setelah bahan-bahan diatas sudah di siapkan mari kita masuk pada tahap selanjut-nya, berikut inilah langkah-langkah membuat kue kering kelapa.

Langkah-langkah Resep Kue Kering Kelapa Instan

  1. Aduk butter dan gula di dalam mangkut menggunakan spatula hingga rata.
  2. Masukan vanila lalu aduk kembali dan masukan kelapa parut kering.
  3. Masukkan campuran tepung, maizena dan susu lalu aduk perlahan lahan dengan spatula.
  4. Bentuk adonan menyerupai nastar tetapi lebih lengket. Selama membuatnya hindari menggunakan tangan untuk menyentuh adonan.
  5. Setelah itu bagi dua adonan lalu pindahkan ke meja yang dialasi plastik wrap, bentuk bulat memanjang seperti lontong, lalu bungkus dengan plastik wrap karena adonan akan menjadi sangat lembek.
  6. Lakukan hal sama dengan adonan yang lain, kemudian simpan dalam freezer selama 40 menit.
  7. Setelah 40 menit, keluarkan salah satu adonan dari freezer, lalu potong dengan ketebalan 1 cm, tata di loyang yang sudah dilapisi baking paper, lalu panggang sampai matang.
  8. Jika batch kue pertama matang, keluarkan batch kedua dan ulangi proses mengiris adonan.
  9. Jangan biarkan adonan menunggu di luar loyang karena mentega akan meleleh dan kue menjadi keras.
  10. Biarkan dingin,lalu hias dengan white coklat cair.
    Jika kalian tidak suka white coco.
  11. Bisa kalian ganti dengan yang lain ya atau dibiarkan plain juga enak.

Ada yang tidak kalah penting selain langkah-langkah di atas dalam resep kue kering kelapa, yaitu tips-tips nya agar kue yang kalian buat bisa seenak yang di harapkan, dan berikut ini adalah tips-tips yang harus kalian ikuti.

Tips Resep Kue Kering Kelapa Instan

  1. Dari pada kalian membeli kelapa kering dalam kemasan, lebih baik kalian buat sendiri karena bahan bakunya mudah di dapatkan dan mudah untuk di buat.
  2. Untuk membuatnya saya menaburkan kelapa pada loyang kue kering, lalu oven hingga kering dengan suhu 160 derajat, dan aduk sesekali agar matang-nya merata.
  3. Meski dengan susah payah, tapi semua itu terbayar dengan rasanya yang sangat gurih dan nikmat.
  4. Tepung terigu yang saya gunakan adalah all purpose flour atau tepung protein sedang seperti segitiga biru.
  5. Jika kalian menggunakan tepung protein rendah misalnya terigu kunci, maka penggunaan maizena bisa kalian hilangkan, dan ganti seluruh tepung dengan terigu kunci.
  6. Pemakaian butter sebaiknya jangan diganti atau di campur dengan margarin agar tekstur kue sama seperti yang saya buat kali ini.

Nah berbicara soal kue, apakah kalian tahu bagaimana cara membuat-nya ataupun sejarah perkembagannya.

Jika kalian belum mengetahuinya maka saya pada artikel ini akan membahas hal-hal yang mengenai kue kering kelapa. Yuk kalian simak ulasan-nya dibawah ini.

Apa Itu kue?

kue adalah biskuit kering yang berukuran kecil dan tipis, keras, dan renyah yang dibuat tanpa peragian dan memiliki kandungan air yang rendah.

kue dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu berdasarkan cara pencampuran-nya dan resep yang dipakai, yaitu jenis adonan dan jenis busa yang dapat disemprotkan atau dicetak, sedangkan kue busa contoh-nya adalah kue “sponge”.

Menurut SNI kue adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu yang melalui proses pemanasan dan pencetakan.

Apakah kalian sudah mengetahui syarat-syarat kue yang bermutu?, nah jika belum berikut inilah syarat-syarat-nya.

Syarat-syarat Kue Bermutu.

  1. Air maks 5%.
  2. Protein min 9%.
  3. Karbohidrat min 70%.
  4. Abu maks 1,6 %.
  5. Serat maks 0,5 %.
  6. Kalori min 40 kkl/ 100 gr.
  7. Logam berbahaya tidak ada.
  8. Bau, rasa, warna normal.

Bahan – persyaratan-nya adalah seperti aromannya sedap, mampu menghasilkan tekstur yang baik serta tidak menghasilkan reaksi pencoklatan yang tidak diinginkan.

kue adalah salah satu jenis produk pangan hasil pemanggangan yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, dengan kadar air kurang dari 5%.

Biasanya formulasi biscuit diperkaya dengan bahan-bahan tambahan seperti lemak, gula (ataupun garam) serta bahan pengembang.

kue terdapat berbagai macam jenis-nya, terutama dapat dibedakan atas keseimbangan yang ada antara bahan utama tepung, gula, lemak, dan telur.

Kemudian juga bahan tambahan seperti coklat, buah-buahan, dan rempah-rempah yang memiliki pengaruh besar terhadap cita rasa-nya.

Menurut pendapat Wallington (1993), sifat masing-masing kue berbeda dan ditentukan oleh jenis tepung yang digunakan, proporsi gula dan lemak, kondisi dari bahan-bahan tersebut pada saat ditambahkan dalam campuran (missal ukuran kristal), metode pencampuran (batch, kontinyu, kriming, pencampuran satu tahap), penanganan adonan dan metode pemanggangan.

Kualitas kue bermutu dan tidak-nya selain ditentukan oleh nilai gizinya tetapi di tentukan juga dari warna, aroma, cita rasa, dan kerenyahannya.

Kerenyahan merupakan karakteristik mutu yang sangat diprioritaskan untuk diterimanya produk kering. Faktor kerenyahan salah satu-nya ditentukan oleh kandungan protein dalam bentuk gluten tepung yang digunakan.

Masakan serupa juga telah kita buat pada postingan sebelumnya, yaitu cara membuat klapertart coklat panggang.

Sekian yang dapat databisnisekonomi sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Theme by Anders Norén