Resep kue kering bakar kelapa yang akan saya bahas berikut ini adalah resep macaroons kelapa yang mungkin sudah kalian kenal saat ini.

Kue

Kue adalah kudapan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Makanan ini biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin.

Kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, Baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu. Kue tradisional Nusantara lazim ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Belanda melalui hubungan sejarahnya dengan Indonesia.

Kata “kue” berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya dari China seperti kue bakpia.

Kebanyakan kue basah adalah kue tradisional Nusantara, sementara beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekukmenunjukkan pengaruh Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.

Pada awalnya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa, akan tetapi kini dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah meluas menjadi istilah yang memayungi berbagai jenis makanan ringan, termasuk untuk menyebut kue kering (Bahasa Inggris:cookie), kue pastri (Bahasa Inggris:pastry), dan kue tart atau bolu (Bahasa Inggris:cake).

Kudapan ini dapat dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. Jenis nya di Indonesia biasa dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue basah dan kue kering.

Kue kering :

Kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven.

Makanan ini memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies.

Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu.

Roti tidaklah selalu sama dengan kue, sebab di Indonesia kadangkala roti dianggap sebagai makanan utama.

Kue kering tercipta dari kejelian produsen makanan ringan dalam menangkap kejenuhan pasar terhadap kue kering yang beredar di masyarakat saat ini.

Mereka menciptakan variasi-variasi baru dalam mengolahnya, dengan variasi cetakan kue kering lalu atasnya diolesi / di glasur dengan olahan gula dan coklat putih yang telah diwarnai.

Mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang macaroons kelapa atau sudaah pernah mencicipi rasanya atau sudah pernah membuat nya.

Untuk rasa dari kue ini sendiri adalah campuran manis dan gurih dari kelapa. Rasa kue ini juga unik karena perpaduan nya kue ini renyah diluar namun lembut bagian pada bagian dalam.

Untuk kalian yang suka berkreasi dengan kue kalian dapat kreasikan kue ini dengan berbagai bahan tambahan atau topping-topping yang lucu.

Bahan – bahan  Membuat Resep Kue Kering Bakar Kelapa :

  • 3 cangkir kelapa parut
  • 4 butir telur, ambil bagian putihnya
  • 1/2 cangkir gula pasir
  • 1 sendok teh vanila atau ekstrak almond
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Resep Kue Kering Bakar Kelapa :

  • Panaskan oven pada 177oC
  • Letakkan kelapa parut di atas loyang dan panggang hingga sedikit berubah warnanya, kurang lebih 5 menit. Lalu dinginkan.
  • Campur putih telur, gula, vanila dan garam. Kocok hingga adonan tercampur merata dan berbusa.
  • Tambahkan kelapa parut ke dalam adonan dan aduk rata.
  • Bentuk adonan seperti bola-bola kecil lalu letakkan di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti.
  • Panggang macaroons selama 15 – 20 menit hingga berwarna cokelat keemasan.
  • Dinginkan macaroons sebelum diwasukkan ke dalam toples atau wadah penyimpanan.