Resep kue kelapa basah berikut merupakan resep yang biasa saya buat sendiri di rumah. Biasa nya saya jadikan hidangan saat acara tertentu seperti arisan atau acara kumpul keluarga.

Selain resep kue kelapa basah ini mudah untuk dibuat juga karena bahan – bahan yang digunakan mudah untuk di dapatkan. Selain itu kalian juga biasa menjumpai kue ini di penjual jajanan tradisional di pasar.

Ya resep ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang sampai sekarang masih banyak dinikmati dan masih sering kita jumpai.

Kali ini kita akan bahas resep kue tradisional yang biasa disebut dadar gulung. Kue ini merupakan kue yang berisian unti kelapa atau kelapa parut yang dimasak ddengan gula. Lalu di bungkus dengan kulit dadar gulung yang biasa nya berwarna hijau.

Selain dengan isian unti kelapa sekarang sudah banyak yang menkreasikan nya dengan rasa – rasa yang lain seperti coklat dan lain sebagainya. Ada juga dadr gulung dengan berbagai warna kulit yang menandakan berbeda pula rasa dari masing – masing warna.

Rasa dari dadar gulung ini dominan manis dan gurih karena campuran dari kelapa yang guring dimasak dengan gula yang dominan rasanya manis. Kemudian di bungkus dengan kulit dadar gulung yang lembut dan mempunyai aroma khas.

Dadar gulung ini lebih nikkmat jika dimakan pada saat masih hangat dan sebaik nya jika memasak adonan kulit sebaiknya jangan di tumpuk. Sekali memasak adonan langsung ditambahkan isian unti lalu digulung.

Kue ini bisa dijadikan teman bersantai karena cara membuat nya sebenarnya mudah dan untuk unti kelapa nya pun bisa bertahan lama jika disimpan di lemari es. Untuk kulitnya kita bisa menimpan adonan nya juga di kulkas dan jika ingin membuatnya tinggal kita masak adonann nya.

Dari beberapa penjelasan di atas  kalian mungkin jadi lebih pnaasaran dan ingin segera mencoba mempraktik kan nya sendiri di daapur rumah. Yuk cuss kita lihat resep nya.

Bahan bahan membuat resep kue kelapa basah

  1. 150 grtepung terigu (protein sedang)
  2. 1 sdmtepung tapioca (tepung kanji)
  3. 1 sdmmentega cair (butter)
  4. 1 butirtelur kocok lepas
  5. 400 mlsantan
  6. 1 sdtpewarna hijau
  7. Sejumputgaram

Bahan unti :

  1. 1/2 butirkelapa setengah tua kupas kulitnya
  2. 150 grgula aren sisir
  3. 200 mlair
  4. Sejumputgaram
  5. 1 lembardaun pandan.

Langkah membuat resep kue kelapa

  1. Membuat unti :Rebus air dan gula aren sampai gula meleleh lalu saring.
  2. Rebus kembali air gula tadi dgn api sedang cenderung kecil tambahkan garam dan daun pandan masukan kelapa aduk” sampai kesat.. Sisihkan.
  3. Membuat kulit : campur tepung terigu, tepung tapioca dan garam masukan santan dan telur aduk sampai tidak bergerindil.
  4. Saring adonan lalu masukan butter cair dan pewarna aduk sampai rata.
  5. Panaskan teflon dgn api sedang,untuk pertama klo takut lengket bisa di olesi sedikit minyak (saya pake tissu dapur untuk meratakan minyak).
  6. Ambil satu sendok sayur tuang ke dalam teflon ratakan masak sampai matang lalu angkat.
  7. Isi dengan unti lalu lipat seperti amplop.

Lakukan langkah langkah diatas terus sapai adonan habis. Jika kalian ingin mengkreaasikan nya dengan sesuatu yang baru. Misalnya coklat atau keju kalian bisa menambah kan nya di bagian dalam bersama unti kelapa ataupun bisa dijadikan topping diatas nya agar terlihat lebih cantik.

Bahkan, sebenarnya resep ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan loh. Teman-teman juga harus memiliki brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang telah dilakukan dan sebagai tindakan pencegahan.

Nah gimana teman – teman apakah rasa penasaran kalian sudah terobati kan sekarang. Kali ini saya membahas dadar gulung untuk resep kue kelapa basah mungkin untuk selanjutnya saya akan membahas resep lain.

Mungkin kalian juga penasaran dengan resep – resep lain mungkin bisa direkomendasikan disini siapa tahu saya di artikel selanjutnya akn membahas topik tesebut.

Baiklah kalau begitu mungkin sampai sini dulu artikel saya tentang resep kue kelapa basah yang satu ini. Sekian pula pembahasan saya tentang kue dadar gulung si hijau manis. Terimakasih semua nya.