resep kue bawang kentangMungkin kue bawang sudah tidak asing di telinga anda, namun kalau kue bawang kentang? Nah kali ini kita akan berbagi resep kue bawang kentang. Pada resep kue bawang kentang ini kita akan membuat kue bawang bahan baku utama kentang. Penasaran bagaimana resep kue bawang kentangnya? mari kita lihat bersama sama.

Camilan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan bagi anak anak anda atau sebagai penghias isi toples untuk para tamu yang berkunjung ke rumah anda. Namun sebelum kita membahas resep kue bawang kentang, apakah anda pernah membuat kue bawang sebelumnya?

Jika anda belum pernah membuat kue bawang ada baiknya anda lihat artikel berikut ini Resep Kue Bawang Gurih dan Pedas. 

Resep Kue Bawang Kentang

Resep kue bawang kentang ini sebenarnya hanya membutuhkan bahan bahan sederhana, namun butuh ketelatenan untuk dapat menghasilkan kue bawang kentang yang enak dan kriuk.

Berikut adalah bahan bahan yang diperlukan.

Bahan-Bahan:

  1. 1 kg tepung terigu protein sedang atau rendah
  2. 400 gram kentang, rebus
  3. 2 butir telur
  4. 6 siung bawang merah, haluskan
  5. 5 siung bawang putih, haluskan
  6. 3 sdm mentega
  7. 3 cangkir air
  8. 1 sdm penyedap rasa
  9. garam dan micin secukupnya

 

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, campurkan tepung terigu dengan kentang yang sudah direbus dan dihaluskan terlebih dulu. Gunakan tangan Anda yang sudah dibersihkan terlebih dulu, atau gunakan sarung tangan plastik.
  2. Setelah rata, masukkan telur, bawang putih dan merah, mentega, air, serta semua bumbu penyedap rasa. Masukkan bahan-bahan tersebut satu persatu setelah bahan sebelumnya sudah diaduk dengan rata. Aduk adonan hingga kalis.
  3. Langkah ketiga dalam resep kue bawang kentang adalah menggiling adonan tepung dan kentang yang sudah kalis tadi. Giling hingga Anda mendapatkan ketebalan yang diinginkan. Ingat, jangan terlalu tebal agar tidak bantet dan jangan terlalu tipis juga agar nyaman saat dimakan.
  4. Setelah adonan digiling dan menjadi tipis, potong-potong adonan sesuai bentuk kue yang Anda inginkan. Anda bisa membuatnya seperti stick dengan panjang 5 cm, atau Anda juga bisa membuatnya seperti keripik yang lebar dan panjang.
  5. Setelah adonan dipotong-potong berdasarkan bentuk keinginan Anda, goreng adonan di dalam minyak panas dengan api sedang. Goreng adonan hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan.
  6. Angkat dan tiriskan kue bawang kentang Anda yang sudah jadi.
  7. Sajikan bersama saus tambahan seperti mayonaise, saus sambal atau saus tomat agar menjadi semakin sedap!

Walaupun membutuhkan proses yang agak lama, namun hasil dari resep kue bawang kentang diatas dapat menghasilkan kue bawang yang cukup banyak sehingga anda tak akan bingung lagi untuk mengisi toples anda di meja.

Jika anda ingin mencoba variasi resep camilan coba saja kunjungi artikel berikut ini yang membahas tentang resep kacang bawang Ini Dia Resep Kacang Bawang Pedas Pengisi Toples.

 

SELAMAT MENCOBA.