Kali ini saya akan membahas mengenai cara dan resep kue apem mekar yang memiliki citarasa yang legit dan pembuatannya yang mudah.

Siapa sih yang nggak tahu olahan yang satu ini, mungkin banyak dari anda yang telah tahu cara membuat olahan ini namun bagi anda yang belum tahu berikut ini resep kue apem mekar yang bisa anda coba dirummah.

Resep Kue Apem Mekar

resep kue apem mekar

Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Apem :

  • 150 gram Gula pasir
  • 250 ml Air
  • 100 gram Tape singkong, haluskan
  • 150 gram Tepung beras
  • 35 gram Tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt Ragi
  • 1 sdt Baking powder
  • 2 lembar Daun pandan
  • Secukupnya Pewarna makanan

Langkah untuk Membuat Kue Apem :

  1. Rebus air, gula pasir & 1 lmbr pandan, aduk samapi gula larut, segera angkat tidak perlu samapi mendidih.
  2. Campur tape, tepung beras & terigu. Tuang 1/2 air gula selagi hangat, aduk rata samapi tidak bergerindil.
  3. Langsung tuang sisa air selagi hangat, aduk rata. Masukkan ragi, aduk rata. Tutup adonan dengan serbet, diamkan 30 menit
  4. Kukus cetakan (menggunakan cup cucing, dan jangan lupa beri 1 lmbr pandan didalam air kukusan). Masukkan BP ke adonan, aduk rata, bagi adonan beberapa bagian, beri warna sesuai selera.
  5. Ambil cetakan dari kukusan, tuang samapi penuh. Segera masukkan kukusan.
  6. Jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan lap. Kukus 20 menit dan jangan dibuka2
  7. Mekar merekah dipadu warna warni siap untuk disajikan

Manfaat Tape Singkong

1. Baik untuk Pencernaan

Manfaat tape singkong yang pertama adalah untuk memelihara saluran pencernaan. Keberadaan probiotik atau bakteri baik dalam sistem pencernaan merupakan salah satu faktor yang penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan.

Salah satu sumber probiotik adalah makanan fermentasi. Tape singkong salah satu olahan yang merupakan makanan hasil dari fermentasi memiliki kandungan bakteri baik yang cukup tinggi.

Bakteri baik ini berasal dari berbagai mikroorganisme yang ada dalam ragi tape. Bakteri baik ini memiliki fungsi untuk menjaga fungsi usus hingga mencegah kanker usus.

2. Sumber Karbohidrat yang Baik

Manfaat tape singkong yang kedua adalah sebagai sumber karbohidrat. Jika dibandingkan dengan nasi, singkong memang merupakan karbohidrat yang lebih baik karena memiliki kadar GI (glycemic index) yang lebih rendah.

Sebagai sumber karbohidrat, tape singkong dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

Selain itu, karbohidrat kompleks pada tape singkong juga membuatnya menjadi lebih lama dicerna oleh sistem pencernaan sehingga membuat kenyang lebih lama.

Hal ini membuat tape singkong bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Khasiat tape singkong yaitu berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Tape singkong mengandung kalsium yang merupakan mineral yang baik untuk menjaga tekanan darah normal.

Kalsium memiliki peran dalam pelebaran pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Manfaat tape singkong yang satu ini juga menjadikan tape singkong sebagai makanan yang dapat berfungsi untuk membantu menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

4. Mencegah Anemia

Khasiat tape singkong yang keempat adalah mencegah anemia. Rendahnya produksi sel darah merah yang disebabkan oleh berbagai faktor dapat menyebabkan anemia.

Mikroorganisme yang dalam ragi tape dipercaya dapat membantu produksi vitamin B12 bagi tubuh.

Kandungan vitamin B12 dan kalsium dalam tape singkong dipercaya memiliki peran dalam proses produksi sel darah merah sehingga anemia pun dapat dicegah.

5. Memelihara Otot dan Saraf

Manfaat tape singkong berikutnya yaitu tape berfungsi untuk melihara otot dan saraf dalam tubuh. Manfaat yang satu ini yaitu didapatkan dari kandungan vitamin B1 atau tiamin yang terdapa didalam tape singkong.

Selain memelihara otot dan saraf, vitamin B1 juga memiliki manfaat penting lainnya bagi tubuh seperti memelihara fungsi kognitif otak, mencegah stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit.

6. Nutrisi Bagi Tulang dan Sendi

Selain dapat memelihara otot dan sistem saraf, manfaat tape singkong lainnya adalah menjadi nutrisi bagi tulang dan sendi. Tape singkong juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor.

Kedua mineral ini merupakan mineral yang sangat penting untuk memelihara tulang dan sendi.

Kosumsi tape ketan secara rutin dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi sehingga menurunkan risiko penyakit seperti osteoporosis dan osteoarthritis.

7. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Manfaat tape singkong yang ketujuh adalah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Tape singkong dipercaya dapat mengikat dan mengeluarkan toksin atau racun yang biasanya berasal dari fungi atau disebut juga sebagai aflatoksin.

Keberadaan aflatoksin dalam tubuh ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan hasil fermentasi lain yang mungkin mengandung aflatoksin.

8. Meningkatkan Gairah Seksual

Khasiat tape singkong yang terakhir yaitu berfungsi untuk meningkatkan gairah seksual. Manfaat tape singkong yang satu ini berkaitan dengan tape yang dapat menajadi sumber energi.

Konsumsi tape secara rutin dipercaya secara bertahap mengatasi masalah gangguan fungsi seksual. Namun tentunya manfaat ini belum terbukti secara ilmiah.

Nah itu tadi pemaparan mengenai cara dan resep kue apem mekar yang bisa anda coba dirumah, Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat dari tape singkong.

Oh iya bagi anda yang gemar membuat suatu olahan saya ada sedikit reverensi yang mungkin bisa anda coba dirumah Cara Mmembuat Seblak Telor Pedas Gurih Ala Anak kos