Resep kue akar pinang keju merupakan resep kue yang bisa juga menjadi cemilan atau teman minum kopi dan teh saat bersantai.

Selain itu karena resep kue akar pinang keju ini juga berbahan dari tepung ketan jadi kita harus mengetahui apa itu tepung ketan, fungsi, dan cara mengolah nya. Yuk simak penjelasan nya.

Tepung Ketan

​Kue tradisional Indonesia banyak menggunakan tepung ketan dalam pembuatannya. Sebut saja klepon, wingko, bolu ketan, kue gambir, onde-onde, bubur candil, ronde, dan lain sebagainya. Teksturnya khas, yakni berat melekat.

Yap, tepung ketan adalah tepung yang dibuat dari beras ketan putih atau beras ketan hitam yang ditumbuk hingga halus. Untuk tepung ketan putih, warnanya sama dengan tepung beras.

Tapi, ketika diencerkan, tepung ketan akan terasa lebih pekat dan kental daripada tepung beras. Karenanya, kue-kue yang dibuat dari tepung ketan biasanya akan bertekstur kenyal dan agak lengket karena tingginya zat pati dalam tepung ketan itu sendiri.

Fungsi

Tepung ketan digunakan sebagai salah satu bahan pembuat makanan. Biasanya digunakan untuk membuat makanan-makanan yang bertekstur kenyal dan liat.

Tepung ketan memiliki kandungan zat pati yang sangat tinggi. Di dalamnya terdapat kandungan amilopektin yang membuat tepung ketan menjadi pulen, lebih pulen daripada tepung lainnya.

Karena mengandung zat pati, maka makanan yang terbuat dari tepung ketan ini biasanya cenderung mengenyangkan. Bisa digunakan sebagai makanan alternatif pengganti nasi.

Cara Mengolah

Sama halnya dengan tepung beras, tepung ketan juga termasuk tepung yang rentan dengan bau apek dan kutu. Karenanya, penyimpanan harus dengan sebaik-baiknya. Jika tepung ketan tak langsung digunakan, sebaiknya masukkan dalam wadah seperti tupperware dan simpan dalam kulkas bawah.

​Nah, jika Anda ingin membeli tepung ketan, pilihlah tepung ketan yang dibuat dari 100% tepung ketan, bukan campuran. Karena biasanya, tepung ketan campuran akan menghasilkan kue yang teksturnya kurang bagus.

Selain itu kallian juga perlu tahu tentang macam-macam tepung yang biasa di gunakan untuk membuat roti atau kue- kue. Baiklah sekarang kita akan bahas macam-macam tepung untuk membuat kue.

Macam-macam Tepung :

1. Tepung Terigu (Wheat Flour)

Kalau tepung yang satu ini, pasti sudah pada tahu dong ya. Tepung terigu adalah tepung yang berasal dari biji gandum murni. Disebut murni karena yang diambil adalah bagian daging yang sudah bebas dari kulit ari maupun inti gandum. Tepung terigu ini memiliki tekstur halus, juga elastisitas yang tinggi. Nah, tepung terigu ini dibagi lagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu:

Tepung terigu protein tinggi

Sesuai namanya, tepung ini mengandung kadar protein sekitar 11-13% atau lebih. Paling cocok digunakan sebagai adonan makanan yang bertekstur elastis dan tidak mudah rusak seperti mie, roti, pasta, donat, dan puff pastry.

Tepung terigu protein sedang

Mengandung kadar protein sekitar 8-10%. Biasanya, tepung terigu protein sedang ini digunakan untuk membuat kerangka adonan yang bertekstur lembut tapi mengembang. Seperti gorengan, kue-kue tradisional, dan aneka cake.

Tepung terigu protein rendah

Mengandung kadar protein paling rendah, hanya sekitar 6-8%. Nah, tepung terigu jenis ini biasanya digunakan untuk membuat adonan yang bersifat renyah dan crumbly seperti gorengan, cookiespie crust, dan short bread.

2. Maizena (Corn Starch)

Mungkin belum banyak yang tahu kalau ternyata maizena ini bukan nama tepungnya, melainkan nama merek dagang dari tepung jagung. Tapi sepertinya orang Indonesia lebih sering menggunakan kata tepung maizena ya dibanding tepung jagung.

Ternyata maizena ini masuk ke dalam golongan pati, lho. Teksturnya hampir sama seperti tepung terigu, hanya saja warnanya lebih pucat dan keruh. Biasanya maizena ini digunakan sebagai bahan utama pembuatan custard. Maizena ini sering juga digunakan sebagai pengental pada sup maupun saus. Jika digunakan pada sponge cake dan puding, akan memberikan efek lembut. Sedangkan pada cookies, akan memberikan efek renyah.

3. Tepung Ketan (Glutinous Rice Flour)

Tepung ketan terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang ditumbuk. Bahan ini bersifat liat dan kenyal, sehingga sangat cocok digunakan untuk pembuatan onde-onde, getas, putri mandi, opak, kue bugis, dan lain-lain.

Bahan-bahan Membuat Resep Kue Akar Pinang Keju :

  • 300 gr tepung ketan
  • 50 gr keju (parut)
  • 3 sdm wijen
  • 3 siung bawang putih
  • 1 bks kaldu bubuk
  • 3 butir telur
  • secukupnya Margarin
  • Minyak goreng

Cara Membuat Resep Kue Akar Pinang Keju :

  • Uleg bawang putih hingga halus. Kocok telur dan bawang putih hingga rata.
  • Masukan tepung ketan, kaldu bubuk, keju dan wijen. Aduk hingga rata, tambahkan margarin hingga kalis ya.
  • Setelah kalis, panaskan minyak goreng. Cetak dengan cetakan akar pinang di atas minyak panas, goreng hingga matang