Kroket Mie Tahu, kreasi camilan praktis dan enak berbahan tahu nan lezat. Punya banyak stok tahu? Kalau biasanya membuat kroket dengan kentang, kali ini bisa membuatnya menggunakan tahu.

Lebih murah bahannya tapi rasa nggak kalah enak!Karena rasanya makin mantap, bisa membuat isiannya dari daging ayam dan sayuran. Resep Kroket Mie Tahu bisa jadikan sebagai camilan atau bekal untuk anak yang pasti mengenyangkan dan bergizi.

Resep kroket mie tahu, makanan jadul yang tidak pernah terasa membosankan. Itu menurut saya, karena kentang adalah makanan kegemaran yang jika diolah menjadi penganan apapun pasti akan saya sukai.

Apalagi jika diolah bersama rempah sedap seperti pala dan merica serta diisi dengan tumisan ayam dan wortel yang gurih layaknya postingan kali ini.

Dua buah kroket ukuran jumbo beserta segenggam cabai rawit pun lenyap tak bersisa dengan cepat ketika berbuka puasa . Tak peduli dengan perut yang terasa panas dan tenggorokan yang pedih.

Bagi saya menyantap camilan gorengan gurih seperti ini tanpa cabai seperti menyantap sayur tanpa garam, tidak meninggalkan kesan.

Langsung cobain yuk !

Baca juga :3 Cara Membuat Mie Ayam Bakso Yang Lezat Dan Enak

Bahan Isi Kroket Tahu

  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 150 gram daging ayam giling
  • 1/2 butir bawang bombay (cincang halus)
  • 100 gram sayuran campur
  • garam secukupnya
  • Siapkan mie yang sudah siap dan secukupnya

Bahan Kulit Kroket

  • 1 butir telur
  • Mie secukupnya
  • 1 bungkus kobe tepung brakedel bakwan (75gr)
  • 3 buah tahu putih ukuran sedang (kukus dan haluskan)
  • minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)

Cara membuat Isi Kroket Tahu

  1. Panaskan minyak. Tumis daging ayam hingga berubah warna.
  2. Masukkan bawang bombay dan sayuran campur. Aduk rata dan masak hingga matang.
  3. Beri sedikit garam. Aduk rata, angkat dan dinginkan.

Cara membuat Kulit Kroket

  1. Campur semua bahan. Aduk hingga rata.
  2. Ambil adonan kulit secukupnya. Isi dengan isian dan bentuk bulat lonjong.
  3. Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Tiriskan.
  4. Kroket  Mie Tahu siap disajikan selagi hangat.

 

Pengertian Kroket

Kroket , merupakan makanan berbentuk bulat lonjong yang diselimuti dengan  tepung roti dan digoreng.

Biasanya jika di luar negeri maka bahan utamanya adalah kentang tumbuk, daging cincang (sapi, ayam atau kalkun), ikan, keju, sayuran, dan roti tawar yang direndam susu cair dan dilumatkan.

Semua bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan saus putihbersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, merica, daun rempah kering, dan pala.

Adonan ini kemudian dibentuk bulat lonjong atau piringan bulat pipih dan digoreng dalam minyak yang banyak.

Kroket terkadang hadir begitu saja alias tidak menggunakan isi di dalamnya, namun jika diisi maka bahan pengisi kroket umumnya adalah tumisan bawang putih, jamur, dan telur rebus.

Mungkin mengacu pada permukaan kroket yang garing dan renyah, sehingga ketika dimakan akan remuk dan mengeluarkan suara bergemersik. Makanan ini sangat populer di seluruh dunia selain sebagai camilan juga sebagai makanan cepat saji.

Karena makanan ini dikenal hampir di seluruh negara di dunia maka tak heran variasi yang bisa ditemukan pun sangat banyak, dan di Indonesia sendiri kroket diperkenalkan oleh bangsa Belanda pada masa kolonialisme.

Di Belanda makanan ini sangat populer sebagai makanan cepat saji, biasanya kroket hadir berupa ragout daging yang dibungkus dengan kentang tumbuk, dipanir dan digoreng dalam minyak yang banyak.

Begitu terkenalnya kroket – di Belanda di kenal dengan nama kroketten – maka riset pada tahun 2008 menujukkan bahwa sekitar 350 juta kroketten disantap di negara tersebut setiap tahunnya.

Jika diperkirakan 75% warga Belanda menyantap snack ini maka rata-rata satu orang menyantap sebanyak 29 kroketten  per tahun.

Lihat Juga! Cara Membuat Mie Sehat Dari Sayuran Hijau Enak Dan Manfaatnya