Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel

Resep Kolak Pisang Mutiara

Resep Kolak Pisang Mutiara

Kali ini kita akan membahas resep kolak pisang mutiara.

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata kolak, ya kolak adalah makanan yang berasal dari negara indonesia. Kolak ini berbahan dasar pisang atau ubi jalar dengan cara masak direbus dengan santan dan gula aren.

Biasanya kolak ini sering dibuat pada bulan ramadhan saja, dan banyak penjual yang menjual makanan ini. Terkadang bila dibulan ramadhan banyak juga orang yang membagikan kolak ini sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Jenis dari kolak ini juga sangat banyak diantanya kolak pisang, kolak candil, kolak ubi jalan, kolak labu, kolak durian, kolak kolang kaling, kolak singkong, kolak apel, kolak es kacang hijau, kolak cendol ubi, kolak biji salak ubi unggu, kolak bola pelangi, kolak pisang ijo, kolak pisang coklat, kolak paris, kolak tapai mutiara, kolak es havermunt pisang, kolak puding, kolak pisang mutiara.

Nah diantara jenis kolak diatas saya memilih kolak pisang mutiara untuk saya bahas.

Mengenal Kolak Pisang

Kalian pasti tau kan kolak pisang itu apa? Ya kolak pisang adalah makanan yang berasal dari indonesia yang berbahan dasar pisang yang direbus bersama santan dan gula aren. Jika kalian memiliki pertanyaan mengapa kolak pisang sering identik dengan bukan ramadham, saya akan menjawabnya.

Hal ini terjadi dari sejarah kolak pisang, kolak mulai dikenal sejak masa-masa awal proses penyebaran agama islam di pulau jawa. Seperti yang kalian ketahui bahwa walisanga memperkenalkan islam dengan cara sederhana. Dan disesuaikan dengan budaya dan kondisi masyarakat agar lebih mudah diterima.

Mungkin anda mengetahui bahwa orang jawa menyukai rasa manis, jadi diciptakanlah kolak. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih, makanan ini digunakan sebagai salah satu sarana dalam dakwah islam.

Penamaan “kolak” ini berasal dari kata khalik yang artinya adalah sang pencipta. Jadi alasan penamaan kolak ini adalah simbol ajakan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada tuhan.

Bukan hanya itu saja, selain dari kolak pisang kepok juga berasal dari kata “kapok” yang artinya bertobat dari dosa. Selain pisang kepok ada juga ubi atau telo pendem (ketela terpendam) yang dijadikan sebagai simbol ajakan untuk mengubur dosa yang telah diperbuat.

Saat dahulu, kolak ini disajikan di bulan sya’ban, satu bulan sebelum bulan ramadhan, tapi seiring dengan berjalannya waktu kolak menjadi makanan khas untuk berbuka puasa. Nah itulah kenapa kolak sering di kaitkan dengan bulan ramadhan.

Nah langsung saja ke cara memasak kolak pisang. Dibawah ini adalah resep kolak pisang mutiara.

Resep Kolak Pisang Mutiara

Nah dalam resep kolak pisang mutiara ini, pisang yang harus kamu siapkan adalah pisang kepok matang.

Selain itu, masih ada beberapa bahan lagi nih yang harus kamu siapkan. Di bawah ini beberapa bahan bahan yang perlu anda siapkan.

Bahan bahan untuk membuat kolak pisang mutiara :

  • 50 g sagu mutiara
  • Air untuk merebus
  • 6 buah pisang kepok matang
  • 6 mata nangka
  • 500 ml air
  • 150 g gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 500 ml santan dari ½ butir kelapa
  • 1 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air

Setelah menyiapkan bahan bahan dalam resep kolak pisang mutiara ini, kita lanjut ke langkah langkah dalam membuat kolak pisang mutiara ini.

Langkah langkah dalam membuat kolak pisang mutiara :

1. Rebus sagu mutiara dalam air mendidih sampai terlihat mengembang dan bening, angkat, siram dengan air dingin, tiriskan.
2. Kupas pisang, iris melintangh 2 cm, sisihkan. Buang biji nangka, potong menjadi 4 bagian, sisihkan.
3. Rebus air bersama gula, garam, dan daun pandang hingga mendidih. Masukkan pisang, rebus sampai pisang matang.
4. Tuang santan, masak sampai santan mendidih. Tambahkan larutan tepung beras, aduk, lalu masukkan irisan nangka dan biji mutiara. Masak sampai adonan mengental, angkat.

Manfaat Mengonsumsi Pisang Bagi Tubuh

Setelah kita belajar resep kolak pisang mutiara, kita akan belajar manfaat dari pisang bagi tubuh. Pisang tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga menjadi salah satu buah paling populer di dunia.

Banyak ahli yang berpendapat, pisang merupakan buah yang pertama dibudidayakan oleh manusia.

Dahulu, pisang berwarna hijau dan merah. Pisang yang dikenal saat ini adalah hasil mutasi yang dilakukan oleh Jean Francois Poujot pada tahun 1836 di Jamaika.

Karena kandungan gizinya yang lengkap, mengonsumsi buah pisang setiap hari akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh, yaitu:

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Pisang mengandung serat yang membuat proses pencernaan makanan berjalan lebih lambat, sehingga nutrisi terserap lebih baik dan mencegah sembelit.

Penelitian di Inggris menemukan bahwa, dinding lambung hewan yang diberi makan pisang menjadi lebih kuat. Ini membuktikan, pisang juga memiliki khasiat antasida untuk mengatasi gangguan asam lambung.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pisang memiliki kandungan vitamin A, C, dan B6 dalam jumlah yang cukup tinggi. Ketiga vitamin tersebut berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga lebih kuat melawan infeksi. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat penting untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Buah pisang kaya akan kalium, yang salah satu fungsinya adalah untuk mengontrol tekanan darah. Mengkonsumsi satu buah pisang mampu memenuhi kebutuhan kalium tubuh harian sebesar 23%.

Menurut Badan USFDA (United State Food and Drugs Organization) menyatakan, bahwa pisang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah stroke.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa kandungan nutrisi pada pisang memiliki efek yang sangat baik bagi jantung. Di dalam pisang terkandung vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan.

Fungsi antioksidan adalah mencegah oksidasi lemak, yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium merupakan tonik yang baik bagi jantung dan kandungan serat pektin membantu menurunkan kolesterol.

5. Meningkatkan Metabolisme dan Aktivitas Enzim

Kandungan vitamin B6 pada pisang mampu memenuhi 20% kebutuhan harian tubuh. Vitamin B6 berguna untuk membuat enzim mampu bekerja sesuai fungsinya dengan baik, meningkatkan fungsi sistem saraf, dan mencegah arthritis.

Vitamin B6 juga penting dalam proses metabolisme lemak, karbohidrat, asam amino, dan lainnya.

6. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan kurangnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin, dengan gejala mudah lelah, pusing, wajah pucat, dan sesak napas. Pisang memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk merangsang produksi hemoglobin.

7. Menurunkan Berat Badan

Serat dan pektin pada pisang bersifat menyerap air, sehingga usus menjadi lebih penuh dan perut terasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi pisang sebelum makan akan mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi.

Bahkan, mencium aroma pisang saat lapar dapat mengelabui otak sehingga Anda merasa kenyang.

8. Memperbaiki Emosi

Pisang mengandung magnesium yang membantu meningkatkan mood dan membuat tidur lebih nyenyak. Kekurangan magnesium akan menimbulkan rasa cemas, depresi, dan gangguan emosi lainnya.

Vitamin B6 terkandung dalam pisang akan membantu mengatasi gangguan emosi selama masa pramenstruasi akibat menurunnya vitamin B6 (pyridoxine) dalam tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat mengonsumsi pisang bagi tubuh. Semoga artikel resep kolak pisang mutiara ini dapat membantu anda dalam membuat kolak pisang mutiara. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Theme by Anders Norén