Resep kerupuk udang sidoarjo. Kerupuk udang adalah sebuah makanan yang renyah dan gurih karena terbuat dari bahan utama daging udang rebon dan dengan bahan tepung lalu digiling sampai halus terus tambahkan juga bersama bumbu penyedap lainnya.

Pada umumnya kerupuk udang berwarna putih sedikit kecokelatan jika digoreng, berbentuk agak persegi ada yang kecil-kecil namun juga ada yang agak besar, dan sampai sekarang masih sangat mudah untuk didapatkan dipasar tradisional atau toko kelontong.

Selain renyah dan gurih kerupuk udang bawang goreng juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh anda karena mengandung protein, vitamin B12, magnesium, zat besi, kalsium dan fosfor yang mampu menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku.

Pengolahan kerupuk udang yang baik dan benar tentu saja menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam menjaga kandungan gizinya.

nah disini saya akan menulis sebuah artikel resep kerupuk udang sidoarjo dan cara membuatnya

Baca juga : Cara Membuat Kerupuk Udang Renyah Dan Manfaatnya Bagi Tubuh!

Resep kerupuk udang sidoarjo :

2 kg tepung tapioka

2 kg udang yang masih fresh ukuran besar

10 siung bawang putih (haluskan)

garam seperlunya

gula pasir seperlunya

penyedap rasa seperlunya

air seperlunya

minyak untuk menggoreng seperlunya

Cara membuat Kerupuk Udang sederhana :

  1. kupas kulit udang serta buang kepalanya, lantas dicuci dengan air hingga betul-betul bersih, tiriskan
  2. udang yang telah bersih diblender, lantas tuangkan dalam wadah
  3. campur udang dengan tepung tapioka, bawang putih, garam halus serta penyedap rasa, aduk hingga tercampur rata
  4. tuangkan air sedikit demi sedikit untuk membuat adonan lebih pas
  5. uleni dengan tangan hingga adonan kalis serta tak lengket
  6. bungkus adonan kerupuk dengan daun pisang lalu gulung memanjang
  7. kukus selama 3 jam hingga adonan masak, angkat serta dinginkan
  8. sesudah dingin, irislah tipis-tipis adonan kerupuk yang telah dikukus lantas dijemur di bawah sinar matahari hingga betul-betul kering
  9. panasi minyak lantas goreng kerupuk yang telah kering hingga renyah
  10. kerupuk udang siap dihidangkan

Bagaimana sih tips memilih udang yang masih segar? Okee dibawah ini akan saya tulis bagaimana tips memilih udang yang masih segar. Yuk kita simak baik – baik.

Tips Memilih Udang Yang Masih Segar

  • Kenalilah Warna Udang Yang Segar

Warna udang yang masih segar biasanya berwarna kehitaman cerah atau putih kecoklatan. Hindari memilih udang yang sudah berubah kekuningan, kemerahan atau bahkan biru karna udang dengan warna tersebut sudah tidak segar.

  • Nampak Keras Dan Utuh

Udang yang segar biasanya juga sering dikenali dengan teksturnya yang keras dan utuh, jadi hindari untuk memeilih udang yang sudah lembek, lemes apalagi sudah tidak utuh.

  • Pastikan Memilih Udang Yang Tidak Berlendir

Udang yang masigh segar tentunya akan terlihat mengkilat dan tidak berlendir dibagian kulit luarnya,. Jika mendapati udang yang berlendir baiknya adalah mengurungkan niat untuk memebeli karna udang yang berlendir sudah mengalami proses pembusukan.

  • Tidak Berbau Busuk

mudah untuk mengetahui bahwa udang masih segar atau tidak adalah dengan mencium aromanya, jika tercium bau busuk yang menyengat itu menandakan bahwa udang terseburt sudah tidak layak konsumsi.

Resep Kemplang Nasi Yang Renyah Dan Bikin Nagih!

  • Apabila Memilih Atau Membeli Udang Beku

Jika memilih dfan membeli udang yang sudah beku sebaiknya proses thawing / pencairan dilakukan dengan cara perlahan dan mendiamkannya dalam lemari dingin bersuhu 5 – 10 ° C. dengan cara ini akan membuat tekstur dari Udang sendiri tidak hancur dan tetap kenyal dan yang paling pentying adalah tetap terjaga nilai gizinya.