Anda penikmat olahan tahu? anda suka cemilan? tenang anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah di dapur rumah anda. Kerupuk yang merupakan salah satu jenis cemilan maupun pelengkap disaat kita makan, banyak orang Indonesia yang menyukai kerupuk sehingga banyak mengatakan makan kurang nikmat apabila tidak ada kerupuk. Disini kita akan membahas resep kerupuk tahu bulat.

Salah satu jenis olahan kerupuk yang saat ini sering kita temui dipasaran adalah kerupuk tahu. Cara untuk membuat kerupuk tahu sangatlah mudah dan sederhana, karena untuk bahan dan peralatan mudah untuk kita temukan didalam dapur rumah kita.

Kerupuk tahu sangatlah cocok untuk kita jadikan cemilan dikala saat kumpul keluarga, menonton tv maupun saat bersantai. Selain teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih tentu kerupuk tahu juga menyehatkan karena mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

 

Resep Kerupuk Tahu Bulat

Bahan – Bahan :

  • 10 buah tahu putih
  • 150 gram tepung terigu
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • gula
  • garam

Langkah Membuat Kerupuk Tahu Bulat :

  1. Pertama, kita kukus terlebih dahulu tahu putih selama kurang lebih 15 menit
  2. Hancurkan dan peras air yang terkandung menggunakan kain saring bersih
  3. Tambahkan gula, garam, bawang putih, bawang merah yang telah kita haluskan kedalam tahu yang sudah dihancurkan
  4. Bentuk menjadi bulat-bulat tahu dan dinginkan didalam kulkas
  5. Jika sudah kemudian kita goreng tahu, usahakan tahu tercelup minyak semua
  6. Setelah tahu dingin kemudian tahu dibelah menjadi 2 dan ambil bagian dalam tahu menggunakan sendok
  7. Kemudian kita balik tahu yang sudah diambil isinya dan rendam kembali kedalam air bawang putih dan garam
  8. Campur tahu dengan tepung terigu dan aduk hingga seluruh tahu tercampur dengan tepung
  9. Goreng tahu yang sudah tercampur dengan tepung menggunakan minyak panas hingga berwarna kecoklatan
  10. angkat dan tiriskan tahu yang sudah matang, dan jangan lupa simpan kedalam wadah yang kedap udara

Yuk kawan, baca artikel ini juga : resep kerupuk bawang seledri yang bikin ketagihan

Manfaat Tahu Untuk Tubuh

1. Menjaga Keseimbangan Kardiovaskular

Tahu merupakan makanan yang terbuat dari sari kedelai, sedangkan kedelai sendiri merupakan salah satu makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenus dalam tubuh kita apabila dikonsumsi secara teratursehingga kita bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Darah

Didalam tahu terdapat kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai sumber lesitin yang dapat melindungi metabolisme tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

3. mencegah Asam Urat

Zat protein yang terdapat didalam tahu mampu menurunkan kadar zat purin yang terdapat didalam tubuh kita dan memperbaiki jaringan asam urat supaya tetap sehat dan seimbang.

4. Mencegah Anemia

Tahu memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga mampu menjaga dan meningkatkan jumlah sel darah merah didalam tubuh khususnya orang dewasa yang dikarenakan tuntukan pekerjaan sehingga kurang tidur dan kelelahan yang mengakibatkan menurunnya jumlah sel darah merah didalam tubuh.

5. Menyehatkan Jantung

Bahan dasar tahu yaitu kedelai yang mempunyai kemampuan dalam menekan dan menghancurkan gumpalan kolesterol yang mengakibatkan sumbatan lemak jenuh didalam pembuluh arteri menuju jantung, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Bagaimana teman, sudah tau kan resep kerupuk tahu bulat beserta manfaat tahu itu sendiri bagi tubuh kita? mungkin bagi teman-teman kerupuk tahu bulat ini bisa dijadikan usaha juga dirumah. Jangan lupa kawan baca artikel ini juga ya cara membuat kerupuk tahu pedas yang cetar. Terima Kasih