Resep kerupuk rambak. Kerupuk rambak adalah makanan ringan yang sangat populer di Indonesia, terutama di Jawa. Makanan ini biasa dibuat camilan dengan dicamur bumbu-bumbu gurih tertentu untuk dijadikan oleh-oleh sebagai makanan camilan.

Akan tetapi, kerupuk rambak dari kulit ini juga populer buat di jadikan lauk saat menyantap makanan berat. Bahkan sepertinya, sebagian besar masyarakat Indonesia akan merasa tidak lengkap tanpa adanya kerupuk rambak ketika menyantab makanan berat mereka.

Oleh karenanya, produksi dan nilai jual kerupuk kulit rambak ini cukup laris di Indonesia dan juga banyak pengusaha-pengusaha yang berhasil karena berbisnis kerupuk rambak kulit ini.

Resep kerupuk rambak, merupakan kerupuk yang berbeda dengan jenis kerupuk lainnya. Karena kerupuk rambak ini di olah dari kulit binatang asli yang sudah dikeringkan.

Biasanya, kulit binatang yang sering diolah menjadi kerupuk rambak kulit adalah dari kulit sapi, kulit kerbau dan bahkan ada yang di buat dari kulit babi. Tentunya bagi yang berkeyakinan muslim harus berhati-hati ya dalam memilih kerupuk rambak kulit.

Olahan kerupuk rambak kulit ini bentuknya kecil dengan berongga-rongga, memiliki tesktur yang renyah dan garing, begitu sedap dan gurih saat ditambahkan bumbu-bumbu rempah. Cara pengolahan pada umumnya yaitu dengan cara digoreng. Berikut adalah resep kerupuk rambak dan cara membuatnya.

Ini Dia! Cara Membuat Kerupuk Gendar tanpa Bleng, Aman Dikonsumsi!

Resep kerupuk rambak :

  • Minyak Goreng secukupnya
  • 1 gr Soda Kue
  • 120 gr Bawang Putih, haluskan
  • 3 gr Kaldu Sapi Bubuk
  • 100 gr Tepung Terigu Protein Sedang
  • 500 mili Air
  • 3 gr Garam
  • 500 gr Tepung Tapioka

Cara Membuat Kerupuk Rambak :

  1. Campur tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih,  garam,kaldu sapi bubuk, dan soda kue kemudian aduk sampai rata.
  2. Tuang air secara perlahan sambil diaduk samapi merata.
  3. Kemudian tuang aadonan ke dalam loyang persegi yang sebelumnya sudah di oleskan minyak dengan ketebalan kurang lebih 0.5cm.
  4. Lalu kukuslah adonan kurang lebih selama 30 menit.
  5. Potong adonan dengan benda tajam dengan ukuran kira kira 6 x 0,3 x 0,3 cm.
  6. Jemur dibawah terik matahari sampai  kering (harus kering). Biasanya selama kurang lebih 3 hari.
  7. Goreng kerupuk sampai berbentuk mekar dan matang.Jangan sampai gosong
  8. Tiriskan

 

Manfaat Kerupuk Rambak :

Selain enak, kerupuk rambak juga banyak memiliki manfaat. Apa aja sih manfaat dari kerupuk rambak ini. Yuk kita simak manfaat dari kerupuk rambak.

Kerupuk Kulit Bisa Mengobati Maag

Bebebrapa bumbu yang dipakai untuk pengolaha kerupuk rambak kulit seperti kunyit bisa membantu meredakan maag. Selain itu, secara alami kerupuk kulit bisa mengatasi mual dan perut perih akibat maag.

Hal ini banyak sebagaian besar masyarakat penggemar kerupuk rampak kulit dan sudah terbukti bisa mereda dan hilang dengan mengkonsumsi rambak kulit, tanpa konsumsi obat.

Nah, bila kamu sering mengalami gejala sakit maag, cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk rampak kulit untuk mencegah sakit maagmu kambuh.

Kerupuk Kulit Bisa Sebagai Penawar Rasa Pedas

Melihat dari testur kerupuk rambak kulit sendiri, dengan testur yang kering dan memiliki banyak pori-pori ini kerupuk kulit cukup menyimpan kandungan minyak didalamnya.

Terdapat minyak alami yang terdapat dari kulit sapi / kerbau yang masih tersisa saat diolah menjadi kerupuk. Selain itu, minyak tersebut akan bercampur dengan minyak sisa pengorengan kerupuk ini.

Jika kamu kepedasaan saat memakan sesuatu, dari pada kamu menjadi kembung akibat meminum banyak air, kerupuk rambak kulit ini bisa kamu jadikan obat rasa pedas yang kamu rasakan. Hasilnya akan cukup signifikan untuk mengatasi kepedasan.

Kerupuk Kulit Kaya Akan Kandungan Protein

Kerupuk kulit meskipun sudah kering dan digoreng, di dalamnya masih terkandung protein yang tinggi. Protein tersebut merupakan protein hewani karena kerupuk diolah dari kulit hewan sapi / kerbau.

Protein hewani ini merupakan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat dari protein hewani diantaranya :

  • Sangat baik untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh
  • Bisa meningkatkan pembentukan energi tubuh
  • Baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh
  • Meningkatkan massa otot

Jadi tidak ada ruginya jika kamu mengkonsumsi kerupuk kuit rambak yang gurih dan enak ini, karena didalamnya terkandung protein hewani.

Baik Untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Tulang

Manfaat lainnya dari kerupuk kulit adalah baik untuk pertumbuhan tulang, selain protein hewani yang terkandung dalam kerupuk kulit, kandungan kalsium dan fosfor pada kerupuk kulit juga cukup tinggi.

Kalsium dan fosfor sangat bagus untuk perkembangan tulang, nutrisi ini lebih tepat untuk remaja yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Kerupuk Kulit Sebagai Campuran Bahan Makanan

Sudah tidak bisa di elak, kerupuk rambak adalah camilan yang sudah membudaya masyarakat Indonesia. Bahkan untuk sebagian besar masyarakat Indoensia, tidak lengkap jika makan berat tidak ada kerupuk sebagai lauknya.

Hampir sebagian besar makanan khas Indonesia selalu pas jika disandingkan dengan kerupuk rambak, seperti nasi pecel, lotek, mie ayam, bakso, nasi goreng dan lainnya.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Bandeng Dan Tips Memisahkan Durinya!

Kerupuk Kulit Rambak Sebagai Camilan Enak dan Teman Makan

Sudah sejak dahulu kala, kerupuk selalu menjadi pelengkap makanan bagi masyarakat asli Indonesia. Sekarang, kerupuk tidak hanya untuk menjadi lauk teman makan saja.

Demikianlah artikel yang sudah saya tulis tentang resep kerupuk rambak, selamat mencoba dan terima kasih!