Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Resep Keripik Tempe Sagu Yang Renyah, Gurih, Dan Mantap

resep-keripik-tempe-sagu
Resep Keripik Tempe Sagu Yang Renyah, Gurih, Dan Mantap – tempe sagu menghasilkan keripik tempe yang lebih renyah, gurih, dan mantap.

Rahasia dari tekstur gurih ini yaitu dari irisan yang sangat tipis, irisan ini tidak mungkin diperoleh dari jenis tempe biasa yang mudah hancur atau rontok jika terlampau tipis.Pada umumnya jenis tempe sagu ini hanya diperuntukan untuk keripik bukan dikonsumsi sebagai lauk.

Jadi cukup sulit mendapatkannya didalam pasar, mau tidak mau kita harus membuatnya sendiri mulai dari memfermentasikan bijian kedelai dengan raginya.

Resep Keripik Tempe Sagu

Seperti dari namanya bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah tepung sagu yang dicampurkan dengan biji kedelai calon tempe.

Kita juga nanti perlu ragi tempe yang digunakan untuk proses fermentasinya. Semua bisa didapatkan di pasar atau toko terdekat. Bagi yang ingin lebih simpel bisa membeli kedelai yang sudah diragiin, bisa dibeli langsung di tukang tempe.

Itu lo tempe yang masih belum jadi, masih berbentuk biji kedelai. Langkah paling mudah agar fermentasi tidak gagal.

Bahan Tempe Sagu :

  • Tempe yang belum jadi/kedelainya 500 gram
  • Tepung sagu 400 gram
  • Bumbu untuk mengoreng:
    • Bawang putih 6 siung, haluskan
    • Garam secukupnya
    • Penyedap rasa (optional)
    • Air secukupnya

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu:

Sebelumnya jangan sampai  tangan kita memegang kedelai yang diragiin dengan tangan secara langsung karenadapat mengurangi kinerja ragi. Gunakan sendok saja untuk mengaduk.Campurkan tempe yang belum jadi dengan tepung sagu, aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya kita tinggal masukkan adonan tempe sagu tadi ke dalam plastik 1/4 kg, pastikan sudah padat lalu di tusuk-tusuk dengan lidi. Diamkan sekitar 2 hari hingga terlihat putih dan padat.

Setelah sudah siap untuk dipotong, buka plastik dan lalu iris dengan sangat tipis lalu sisihkan. Siapkan bumbu pencelup dengan mencampurkan bawang putih halus, garam dan air secukupnya.

Panaskan minyak hingga mendidih lalu kecilkan api. Sebaiknya gunakan banyak minyak hingga merendam keripik.

Celupkan irisan tempenya ke dalam bumbunya, cukup sebentar saja ya karena ada campuran tepung sagu maka mudah hancur jika terkena airnya. Goreng keripik hingga berubah warna kekuning keemas-emasan.

Resep keripik dari tempe sagu ini telah selesai, biarkan sampai uap minyak hilang sebelum nanti kita kemas. Keripik tempe ini cukup dapat tahan lama jika disimpan dengan sangat baik, disarankan menggunakan toples kaca yang dapat tertutup rapat. Ketika proses penggorengan banyak ibu yang menyarankan untuk menggoreng 2x dengan maksud menghemat minyak.

Pertama kita goreng keripiknya hingga setengah matang saja, pastikan tidak ada yang saling menempel. Lakukan hingga semua irisan tempe sagu habis. Selanjutnya goreng lagi semua keripik setengah matang ini hingga wajan penuh. Mungkin banyak yang berfikir “Kenapa tidak mengoreng banyak langsung sejak awal?” Jawabnya karena jika terlalu banyak di awal maka akan banyak tempe yang saling tempel.

Kalau sudah setengah matang kan sudah tidak lengket lagi, menggoreng sekaligus pun tak jadi masalah. Tips ini cocok sekali untuk yang bertujuan menjual atau usaha keripik tempe gurih ini.

Manfaat tempe bagi tubuh kita

1. Sumber protein yang lebih kaya dibanding daging

Bisa dilihat bahwa kandungan protein pada tempe dapat disetarakan dengan kandungan dalam daging, malah lebih banyak mengandung protein.

Kandungan nutrisi pada tempe telah terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai biasa, karena kadar protein yang akan larut dalam air bisa mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik (Widianarko, 2002).

Enzim proteolitik dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapt dicerna oleh tubuh.

Selain itu, tempe mengandung lemak yang lebih sedikit, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, vitamin B12, dan akt retinol yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging.

2. Sumber kalsium yang setara dengan susu sapi

Penelitian yang dilakukan peneliti dari Kuala Lumpur, Malaysia, mengemukakan hal yang menakjubkan dari penelitian tentang tempe ini.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kalsium yang ada dalam empat potong tempe dapat disandingkan dengan susu sapi.

3. Satu-satunya sumber vitamin B12 dari nabati

Tempe ini mengandung 1.7 µg atau 0.0017 mg vitamin B12 yang membuat tempe adalah satu-satunya dari vitamin B12 pada sumber nabati.

Kandungan ini cukup untuk seseorang setiap harinya. Sekarang para pecinta vegetarian dan juga vegan tidak perlu takut lagi untuk kehilangan vitamin B12 yang jika kekurangan bisa menyebabkan pusing, lemas, lekas lelah, kulit menguning, dll.

Sekian informasi tentang : Resep Keripik Tempe Sagu Yang Renyah, Gurih, Dan Mantap. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : 2 Resep Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Gurih Dan Renyah

Theme by Anders Norén