Tidak hanya manis, keripik pisang dapat dibuat dengan varian rasa pedas. Yeah, keripik pisang yang dibumbu pedas bakal menjadi camilan renyah dan enak untuk menemani berbagai acara santai anda. Mau tahu resep keripik pisang pedas, simak disini ya.

Keripik pisang sangat digemari karena rasanya yang gurih dan renyah. Namun, dengan membuat berbagai variasi rasa, kini keripik pisang dapat dinikmati dengan berbagai pilihan rasa termasuk pedas manis.

Penambahan bubuk instan di akhir proses pembuatan keripik pisang pedas ini adalah cara agar keripik pisang menjadi terasa pedas. Selain bubuk instan, membuat bumbu cair dari cabai juga bisa dijadikan sebagai pemberi rasa pedas pada keripik pisang buatan anda.

Tidak berbeda dengan resep keripik pisang lainya, membuat keripik pisang pedas juga menggunakan bahan dasar pisang mentah. Dengan kandungan air yang tidak terlalu banyak, pisang mentah akan cepat kering dan renyah setelah digoreng.

Mengenal Jenis-Jenis Pisang

Jenis pisang kepok adalah salah satu jenis pisang yang cocok dijadikan keripik pisang. Rasanya yang netral akan memudahkan anda untuk menambahkan varian rasa pada keripik pisang ini.

Selain pisang kepok, banyak jenis pisang yang bisa anda gunakan untuk dibuat aneka makanan loh, tidak ada salahnya untuk mengenal berbagai jenis pisang bukan. Agar tidak keliru saat mencari jenis pisang yang cocok untuk bahan dasar keripik pisang anda tentunya.

1. Pisang Kepok

resep keripik pisang

Nah ini jenis pisang yang biasa kita gunakan untuk bahan dasar keripik pisang. Pisang kepok ternyata juga ada dua macam, pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Pisang kepok kuning lebih manis dan dagingnya lebih padat. Pisang inilah yang sering dijadikan pisang goreng kremes, pisang rebus atau pisang goreng kipas. Pisang kepok kuning yang mentah inilah yang cocok untuk diolah menjadi keripik pisang.

2. Pisang Ambon

Jenis pisang ambon yang biasa kita temui adalah pisang ambon lumut atau pisang ambon kuning. Keduanya memiliki aroma yang tajam sehingga cocok untuk disantap langsung maupun untuk campuran kue.

3. Pisang Uli

Pisang ini perlu menunggu hingga matang sempurna untuk menikmati rasa manis yang maksimal. Meski enak dinikmati secara langsung, namun pisang uli juga dapat dijadikan berbagai olahan seperti pisang goreng, pisang rebus, atau pisang molen.

4. Pisang Raja

Pisang Raja memiliki rasa yang sangat manis. Pisang ini lebih sering dijadikan sajian di meja makan dan juga digunakan untuk bahan es pisang ijo.

5. Pisang Mas

Pisang Mas memiliki ukuran kecil dan aroma yang khas. Namun pisang ini sangat jarang sekali dijadikan untuk bahan dasar olahan makanan karena lebih cocok untuk buah

6. Pisang Tanduk

Pisang ini memiliki panjang yang lebih daripada pisang pada umumnya. Dalam satu tandan bisa jadi hanya terdapat dua atau tiga sisir saja. Pisang ini cocok dikukus dan dijadikan bahan kue tradisional seperti rolade pisang atau mata roda.

.Dan masih banyak lagi jenis-jenis pisang yang ada, setiap jenis pisang memiliki kekhasannya masing-masing. Namun untuk membuat keripik pisang, jenis pisang yang cocok adalah pisang kepok.

Resep Keripik Pisang Pedas

Bahan-bahan

  • Pisang kepok mentah 1 kg
  • Air hangat 400 ml
  • Air kapur
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Untuk Bumbu

  • Cabai merah bubuk 1 sdm
  • Gula halus 4 sdm
  • Kaldu bubuk instan 3 sdm

Cara membuat keripik pisang pedas

  1. Kupas pisang lalu cuci dagingnya dengan air mengalir sampai bersih.
  2. Siapkan air kapur untuk merendam irisan pisang.
  3. Iris pisang sesuai selera, gunakan mesin keripik pisang jika anda ingin membuat keripik dalam jumlah yang lebih banyak.
  4. Siapkan wajan dan minyak goreng.
  5. Setelah minyak panas, goreng irisan pisang sampai kering dan renyah.
  6. Angkat dan tiriskan.
  7. Larutkan kaldu bubuk instan dengan air.
  8. Celupkan pisang yang sudah digoreng dan tiriskan.
  9. Panaskan kembali minyak goreng diatas api sedang.
  10. Goreng pisang untuk kedua kalinya.
  11. Setelah semua matang dan suhunya normal, taburkan cabai bubuk.
  12. Aduk pelan sampai bumbu tercampur rata pada seluruh permukaan keripik pisang anda.
  13. Masukkan wadah dan keripik pisang siap disantap.

Mudah bukan resep  keripik pisang pedas, lain kali perlu juga belajar cara membuat keripik pisang manis, ditunggu saja ya!Selamat mempraktekkan!