Resep keripik pisang manis adalah cara bagaimana membuat keripik pisang rasa manis. Jika kemarin kita telah membahas cara membuat keripik pisang pedas maka kali ini akan saya bagikan resep membuat keripik pisang manis.

Camilan keripik pisang memang sering disajikan dalam berbagai acara. Cocok juga untuk menemani acara santai keluarga saat di rumah, dan daripada membeli di warung, membuat sendiri keripik pisang lebih hemat dan lebih menyenangkan.

Bahan yang anda butuhkan hanya pisang mentah dan bahan lain yang mudah anda dapatkan seperti minyak goreng dan gula putih. Oh ya ada juga air kapur untuk merendam pisang agar keripik pisang lebih renyah dan keras.

Camilan Yang Populer

Camilan keripik pisang ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia karena memang makanan asli Indonesia. Pisang yang mudah tumbuh di iklim tropis ini menjadikan bahan dasar keripik pisang mudah sekali didapatkan.

Beberapa jenis pisang yang sering dijadikan bahan dasar keripik pisang adalah pisang kepok, pisang raja nangka, pisang raja, pisang ambon dan pisang tanduk. Setiap pisang memiliki citarasa masing-masing sehingga hasil olahannya pun akan berbeda.

Pisang yang dijadikan keripik pisang manis tetaplah keripik pisang mentah. Rasa manis yang ada pada keripik adalah dari gula yang dicampur pada keripik bukan rasa asli dari buah pisangnya. Dan bentuk irisan bisa memanjang atau bulat tergantung selera anda.

Peluang Bisnis Keripik Pisang

Jika anda tertarik untuk menekuni bisnis keripik pisang, kini untuk memotong pisang sudah ada mesin keripik pisang. Dengan alat ini, mengiris pisang lebih mudah dan irisannya bisa diatur sesuai ketebalan yang anda inginkan.

Cara memasarkan keripik pisang ini juga bisa dengan menitipkannya di warung atau toko. Camilan keripik pisang ini sudah cukup populer di masyarakat sehingga cukup familiar di lidah masyarakat kita.

Apalagi anda bisa membuat kreasi rasa keripik pisang, pasti keripik pisang buatan anda akan lebih menarik minat pembeli. Sebagaimana para pedagang keripik pisang di Lampung yang membuat kreasi keripik pisang aneka rasa.

Keripik pisang kini dapat anda temukan bukan hanya rasa gurih, manis atau pedas namun ada juga rasa coklat, keju, jagung bakar, sapi panggang, strawbery, dll. Menarik dan kreatif bukan.

Tidak usah berlama-lama, yuk kita pelajari resep keripik pisang manis. Siapa tahu anda ingin mencobanya untuk dijual atau dimakan sebagai camilan keluarga anda di rumah.

Resep Keripik Pisang Manis

Resep keripik pisang manis

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Pisang mentah  12 buah
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan pencelup keripik pisang manis

  • Air hangat 1000 ml
  • Air kapur sirih 2 sdm

Bahan taburan

  • Gula tepung 6 sdm
  • Kayu manis ½ sdt

Cara Membuat Keripik Pisang Manis

  1. Kupas pisang mentah lalu cuci sampai bersih hingga hilang getahnya, tiriskan.
  2. Siapkan bahan pencelup, air hangat dan air kapur sirih.
  3. Iris pisang sesuai selera, memanjang atau bulat, rendam irisan pisang pada air kapur sirih.
  4. Setelah 15 menit , tiriskan.
  5. Siapkan minyak goreng dan goreng irisan pisang diatas kompor dengan api sedang sampai kering dan matang.
  6. Tiriskan dan biarkan dingin.
  7. Masukkan toples lalu campurkan bahan taburan.
  8. Kocok pelan sampai bahan taburan menempel pada keripik pisang.
  9. Keripik pisang manis telah siap disantap.

Cukup sederhana dan mudah bukan resep keripik pisang manis, anda juga bisa mencoba resep keripik pisang pedas sehingga tahu berbagai cara membuat keripik pisang dengan lebih dari satu varian rasa. Selamat mencoba!