Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel

Resep Keripik Pisang Coklat untuk Jualan Mudah dan Murah!

Banyak yang bertanya resep keripik pisang coklat untuk jualan. Bisnis keripik pisang coklat memang cukup populer. Hal ini karena banyaknya peminat keripik coklat. Rasa coklat dan renyahnya keripik memang membuat siapapun menyukainya.

Keripik pisang merupakan salah satu hasil olahan pisang yang terkenal kenikmatannya. Namun, beberapa orang belum tahu cara membuatnya. Camilan ini merupakan makanan khas Lampung. Banyak dicari hingga dijual secara online karena rasa lezat keripik pisang coklat.

Banyak orang yang memilih membuat keripik pisang sendiri. Hal ini karena buah pisang sendiri merupakan buah yang tidak mengenal musim.  Sehingga pisang akan selalu ada setiap saat. Jadi, kamu tidak perlu untuk menunggu musim tertentu untuk memanen buah pisang.

Jika diperhatikan, pembuatan kerpik pisang coklat cukup panjang. Kalau kalian bandingkan dengan olahan pisang lain. Seperti pisang goreng yang mudah dibuat. Juga mudah kalian temui di pedagang gorengan kaki lima.

Penasaran?  langsung aja intip resep keripik pisang coklat untuk jualan berikut!

Resep Keripik Pisang Coklat untuk Jualan

keripik pisang coklat untuk jualan

Bahan – Bahan :

  • 1 sisir pisang (dikupas lalu dicuci bersih)
  • 50 gr gula putih halus
  • 30 gr tepung maizena (disangrai)
  • 30 gr coklat bubuk
  • Minyak goreng
  • Air kapur sirih dan garam secukupnya

Resep Keripik Pisang Coklat untuk Jualan:

  1. Pisang raja yang sudah di kupas direndam dalam air dicampur dengan garam. Perendaman dilakukan kurang lebih 1 jam.
  2. Berikutnya pisang diiris tipis-tipis. Kemudian kembali direndam dengan air garam lebih kurang 5 menit lalu diangkat. Supaya proses pengirisan lebih singkat serta memiliki ketebalan yang sama. Sebaiknya diiris menggunakan alat khusus untuk mengiris pisang yang mau dijadikan keripik.
  3. Proses selanjutnya irisan pisang direndam kurang lebih 30 menit dalam air kapur sirih. Saat menunggu 30 menit kalian bisa siapkan perlengkapan penggorengan keripik pisang. Termasuk minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  4. Setelah direndam dalam air kapur sirih kemudian diangkat. Lalu kembali direndam dalam air garam sebentar.
  5. Kelima, irisan pisang digoreng dalam minyak panas dengan api yang sedang. Tunggu hingga matang atau warnanya berubah menjadi cerah kuning kecoklatan.
  6. Angkat lalu diamkan beberapa saat hingga panasnya sudah setingkat dengan suhu ruangan.
  7. Berikutnya untuk membuat lapisan coklat kita campurkan bahan lain. Bubuk coklat, tepung maizena dan gula halus sampai rata dalam sebuah wadah.
  8. Masukkan irisan pisang yang sudah digoreng ke dalam larutan coklat. Tutup wadahnya lalu digoyang – goyang sampai semua irisan keripik pisang dilapisi coklat.
  9. Keripik pisang coklat yang lezat siap dinikmati.

Tips Resep Keripik Pisang Coklat untuk Jualan :

  1. Kalian boleh menggunakan pisang jenis apapun. Namun, jenis pisang yang paling sering digunakan pisang kapok. Karena dinilai lebih bagus hasilnya.
  2. Pilih pisang yang masih belum matang atau hampir matang. Jika menggunakan pisang matang. Hasil keripik pisang tidak akan bagus.
  3. Semakin tipis irisan pisang. Semakin gurih dan renyah hasilnya
  4. Sebaiknya menggunakan pemotong khusus. Agar memungkinkan buah pisang secara simetris dengan cepat dan banyak.
  5. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Sehingga hasil gorengan pisang lebih renyah.

Jika ingin keripik pisang lebih renyah, kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Jadi, keripik pisang kalian akan bertekstur renyah. Selain itu warnanya juga akan cantik. Sehingga bisa kalian buat keripik pisang biasa atau menjadi keripik pisang coklat.

Karena banyaknya nutrisi yang dikandung pisang dan coklat. Sehingga keripik pisang coklat memiliki banyak sekali manfaat.

Diantaranya sebagai anti depresan, sumber antioksidan. Selain itu kadar gula dalam darah akan lebih stabil dan teratur. Kalian juga akan memiliki energi. Serta sistem pencernaan kalian akan lebih lancar. Banyak juga ya ternyata manfaatnya.

Theme by Anders Norén