Resep keripik jagung ini merupakan resep makanan dengan bahan dasar jagung. Keripik jagung ini dibuat dengan cara dikeringkan kemudian digoreng hingga menjadi cemilan yang renyah.

Selain sebagai cemilan, keripik jagung juga dapat digunakan sebagai teman makanan menu utama. Rasa-nya  yang kriuk-kriuk gurih gimana gitu pastinya akan membuat nafsu makanmu semakin besar.

Manfaat dan Nutrisi Resep Keripik Jagung

Selain rasanya yang enak dan gurih, ternyata keripik jagung juga memiliki begitu banyak manfaat dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Kandungan karbohidrat yang terdapat pada keripik jagung sangat baik bagi kesehatan. Selain itu keripik jagung juga mengandung banyak mineral, setidaknya sekitar 5% dari jenis mineral utama.

Bahan dasar keripik jagung yang terbuat dari jagung, garam dan minyak sayur juga bermanfaat bagi tubuh bila diproduksi dengan standar kesehatan dan proses yang higenis.

Berikut ini adalah beberapa kandungan

1. Mengandung Vitamin

Setidaknya dalam 1 ons keripik jagung mengandung sekitar 1 hingga 2%  dari asupan harian Vitamin B-6, Vitamin K, Vitamin B diantarnya ada riboflavin, nthiamin dan niacin, juga mengandung folat yang baik bagi tubuh.

Selain itu terdapat pula vitamin E yaitu sekitar 0.4 mg, atau setara dengan 2% dari asupan harian yang direkomendasikan.

2. Karbohidrat

Selain vitamin, keripik jagung juga mengandung banyak karbohidrat yang dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan energi.

Setidaknya dalam 1 ons sajian keripik jagung terdapat hingga 8 gram karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Kandungan indeks glisemik yang sangat rendah pada keripik jagung, juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Sebab mengonsumsi keripik jagung tidak membuat kadar gula dalam darah Anda meningkat. Selain itu, kandungan yang juga bermanfaat bagi kesehatan dalam keripik jagung adalah serat sekitar 1.5 gram dan kadar gula sekitar 0.3 gram.

3. Mineral

Manfaat dan kandungan yang terdapat pada keripik jagung yang tak kalah penting adalah mineral, diantaranya ada magnesium, zat besi, zinc, kalsium, tembaga dan selenium sekitar 4 hingga 6 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Mineral seperti tembaga, kalsium dan magnesium adalah jenis mineral yang bermanfaat dalam membantu menjaga kondisi jantung agar tetap sehat. Dimana magnesium dan kalsium berperan aktif dan penting menjalankan kontraktifitas otot pada jantung.

Resep Keripik Jagung

Resep keripik jagung ini kami rancang agar mudah dibuat di dapur rumahmu. Silahkan dicoba!

Bahan-bahan dalam Resep Keripik Jagung

Sebelum kita memulai memasak, resep keripik jagung diawali dengan menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Jagung manis 2 buah
  • Tepung terigu 250 gram
  • Margarin 30 gram
  • Telur ayam 1 butir (dikocok terlebih dahulu)
  • Tepung sagu 35 gram
  • Garam 3/4 sdm
  • Baking powder 1 sdt
  • Minyak goreng secukupnya

Sebagai pengganti tepung terigu, kamu bisa menggunakan tepung jagung. Baca artikel cara membuat tepung jagung beserta kegunaannya di tautan ini.

Cara Membuat Keripik Jagung

Apabila kamu sudah selesai menyiapkan bahan-bahan yang kita perlukan, sekarang saatnya kita mulai membuat keripik jagungnya. Perhatikan resep keripik jagung ini dengan seksama yah. Mudah kok!

  1. Masukkan dan campurkan semua bahan di atas (kecuali minyak goreng) dalam satu wadah dengan ukuran sedang.
  2. Aduk dengan tangan hingga adonan menggumpal.
  3. Giling adonan dengan gilingan hingga adonan menjadi pipih.
  4. Dari adonan yang sudah pipih, potong dengan bentuk-bentuk segitiga atau kotak-kotak.
  5. Panaskan minyak di penggorengan.
  6. Goreng adonan hingga berwarna kuning keemasan.
  7. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Adonan sudah siap disajikan.

Untuk rasa yang lebih mantap, kamu bisa menambahkan bubuk balado atau bubuk keju ke keripik jagungmu. Jangan lupa juga untuk menyimpannya di wadah kedap udara agar bisa kamu nikmati berhari-hari.