Kali ini saya akan membahas mengenai cara dan resep jenang grendul sajian sedap yang bisa anda coba membuatnya dirumah karena mudah.

Siapa sih yang nggak tahu olahan jenang grendul, saya kali ini akan membahas jenang grendul sajian yang sedap dan proses pembuatannya terbilang sederhana. Berikut ini resep jenang grendul yang bisa anda coba dirumah.

Resep Jenang Grendul Sajian Sedap

resep jenang grendul sajian sedap

Bahan yang Diperlukan :

Bahan Grendul:

  • 150 gram ubi merah, dikukus, dihaluskan
  • 75 gram tepung ketan
  • 75 gram tepung beras
  • 125 ml air hangat

Bahan Jenang :

  • 100 gram tepung beras
  • 250 gram gula merah, disisir halus
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 4 buah nangka, potong kotak
  • 1.000 ml air

Bahan Kuah Santan :

  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, diikat

Cara Membuat Jenang Grendul :

  1. Grendul: campur ubi merah, tepung ketan, dan tepung beras. Aduk rata. Tuang air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai bisa dipulung. Bentuk sebesar kelereng.
  2. Didihkan 1.000 ml air. Masukkan bola-bola ubi. Rebus sampai mengapung. Angkat.
  3. Jenang: larutkan tepung beras dengan air. Tambahkan gula merah, daun pandan, dan garam. Masak diatas api sedang sambil diaduk sampai meletup-letup.
  4. Masukkan nangka. Aduk rata. Tambahkan grendul. Aduk lagi sampai mendidih.
  5. Kuah santan: rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
  6. Sajikan jenang grendul dengan kuah santan.

Manfaat Gula Jawa

1. Melancarkan Haid

Manfaat gula merah yang pertama adalah melancarkan siklus menstruasi. Bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur tidak adalah salahnya untuk mendapatkan manfaat gula jawa.

Gula merah dipercaya memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membuat siklus haid normal. Bahkan, gula merah tersebut juga dipercaya mampu membantu meredakan kram saat menstruasi datang.

2. Mencegah Anemia

Gula merah memiliki kandungan yang kaya akan zat besi dan folat. Kedua kandungan tersebut terbilang ampuh dalam mencegah terjadinya penyakit anemia.

Manfaat gula merah lanjutannya yaitu berfungsi untuk mempertahankan kadar normal sel darah merah. Sering kali, gula merah juga dijadikan sebagai obat alami untuk mencegah resiko terjadinya penyakit anemia.

3. Mengatasi Flu dan Batuk

Gula merah juga sangat kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membuat tubuh semakin kebal terhadap berbagai macam radikal bebas.

Pada akhirnya, manfaat gula merah yang bisa dirasakan yaitu berfungi sebagai terapi penyembuhan flu, batuk, dan demam.

4. Menurunkan Berat Badan

Dengan kadar potasium yang tinggi, manfaat gula jawa yang bisa didapatkan adalah meningkatkan proses metabolisme, membantu mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Jika Anda mengonsumsi gula merah dengan jumlah terkontrol hal itu dipercaya dapat menurunkan berat badan Anda.

5. Melawan Radikal Bebas

Manfaat gula merah lainnya adalah kemampuannya melawan efek radikal bebas. Memiliki kandungan antioksidan yang terbilang tinggi, terutama kandungan selenium yang berfungsi untuk membantu mencegah berbagai efek radikal bebas

Selain itu, antioksidan yang dimiliki gula merah juga dapat mengurangi sejumlah tanda penuaan. dengan mencampurkan gula merah dengan teh hangat itu dipercaya mampu berfungsi untuk membantu mengobati migrain dan sakit kepala.

6. Mengatasi Kelelahan

Mengandung folat dan zat besi dalam jumlah yang tinggi, manfaat gula jawa yang bisa dirasakan adalah mencegah kelelahan dan juga rasa lemas yang merupakan gejala umum dari anemia.

7. Meningkatkan Jumlah Hemoglobin

Manfaat gula jawa yang terpenting yaitu berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah hemoglobin. Jika kedua hal itu terjaga dalam kondisi baik penyakit yang disebabkan oleh gangguan darah bisa dihindari.

8. Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Manfaat gula merah selanjutnya adalah membantu kelancaran fungsi sistem saraf. Selain itu, gula merah juga membantu mencegah masalah utama yang terkait dengan sistem saraf.

9. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami sembelit, sepertinya Anda bisa mendapatkan manfaat gula jawa. Mengkonsumsi gula merah akan meningkatkan sistem pencernaan pada tubuh dan membantu fungsinya agar tetap optimal.

10. Mencegah Masalah Pernapasan

Manfaat gula merah yang satu ini berguna bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pernapasan. Oleh karenanya, konsumsi gula merah secara teratur dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti bronkitis dan asma.

Selain itu, ternyata gula merah juga memiliki kandungan sifat tertentu yang dapat berfungsi untuk membantu dalam mengatur suhu.

11. Menjadi Sumber Energi

Manfaat gula jawa yang terakhir yaitu gua merah memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan energi.

Gula jawa adalah adalah makanan karbohidrat kompleks yang akan memberikan energi ke tubuh untuk waktu yang lebih lama, namun hal itu tidak akan membuat kadar gula darah naik.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai cara membuat jenang grendul yang bisa anda coba membuatnya dirumah. Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat dari gula merah.

Oh iya bagi anda yang gemar membuat olahan baru, saya ada sedikit reverensi yang mungkin bisa anda coba membuatnya dirumah Resep Agar Agar Gula Merah Lapis Santan yang Nikmat