Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel

Mudah Dibuat, Inilah Resep Gudeg Nangka Sederhana!

gudeg jogja sederhana

Banyak orang bingung mengenai resep gudeg nangka sederhana. Siapa sih yang tidak tahu gudeg? Makanan khas Jogja ini begitu mengudara namanya. Dapat dikatakan hampir semua orang pasti tahu makanan yang satu ini. Meskipun belum pernah mencicipnya.

Sejarah gudeg dimulai bersamaan dengan dibangunnya kerajaan Mataram Islam. Berada di alas Mentaok di daerah Kotagede pada tahun 1500-an. Gudeg bukan berasal dari kerajaan tapi berasal dari masyarakat.

Karena proses memasaknya lama, pada abad 19 belum banyak yang berjualan gudeg. Gudeg mulai populer serta banyak dijual pada tahun 1940-an. Semasa Presiden Sukarno membangun Universitas Gajah Mada (UGM) hingga saat ini.

Gudeg merupakan sajian yang dimasak dari nangka muda. Olahan ini diberi santan dan dibumbui. Warna gudeg umumnya coklat. Ini berasal dari daun jati. Nangka muda yang dimasak bersama daun jati memang akan berubah warna.

Selain itu, gudeg akan semakin nikmat jika disajikan bersama makanan lain. Seperti ayam, telur, krecek, tahu, dan tempe. Jika kalian meragukan rasa gudeg. Itu adalah hal yang salah. Sajian gudeg sudah pasti enak dan membuat kita ketagihan.

Bagi kalian yang berdomisili di luar jogja. Menemukan gudeg mungkin sedikit sulit. Membuat kalian jarang menikmatinya meskipun suka olahan yang satu ini. Tetapi, kalian bisa mengakalinya dengan membuat sendiri di rumah. Gak perlu bingung lagi, deh.

Meskipun prosesnya cukup panjang dan butuh kesabaran. Hasil yang diperoleh jika memasak gudeg tidak akan sia sia. Kamu bisa mendapatkan sajian lezat yang luar biasa enak. Walaupun begitu, bahannya cukup praktis. Sehingga, kalian bisa membeli di sekitar rumah kalian.

Penasaran dan ingin segera mencoba? Ikuti resep gudeg nangka sederhana di bawah ini ya!

Resep Gudeg Nangka Sederhana

gudeg jogja sederhana

Bahan Gudeg:

  • 1 kg nangka muda, potong kecil-kecil
  • 3 cm lengkuas, bagi 2 dan memarkan
  • 5 lembar daun salam
  • 5 butir telur ayam rebus, kupas
  • Daun jati 5 lembar
  • 600 ml santan kental, dari 1 buah kelapa
  • 3 sdm kecap manis
  • Daun jati 5 lembar
  • 250 gram gula merah

Bumbu Halus Gudeg Kering:

  • 10 butir bawang merah
  • Bawang putih 3 siung
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 4 butir kemiri
  • Secukupnya garam

Resep Gudeg Nangka Sederhana :

  1. Cuci nangka muda hingga bersih. Selanjutnya, rebus dengan air yang cukup banyak bersama daun jati, 3 lembar daun salam. Bersama setengah bagian lengkuas. Rebus kurang lebih 1 jam, hingga nangka empuk dan berwarna kemerahan.
  2. Angkat dan tiriskan. Setelah itu bilas dengan air bersih, dan tiriskan lagi.
  3. Rebus lagi nangka bersama dengan bumbu halus dan separuh santan. Tambahkan telur rebus, 2 lembar daun salam dan sisa lengkuas. Masukkan gula merah, kecap dan garam. Terus aduk gudeg hingga santan meresap dan berkurang.
  4. Tambahkan sisa santan kedalam rebusan. Kecilkan api, dan tutup panci hingga gudeg mongering. Selama kurang lebih 2 jam.
  5. Apabila gudeg cukup mengering, matikan api. Diamkan gudeg selama satu malam.
  6. Keesokan harinya, panaskan kembali gudeg hingga benar-benar kering. Olahan gudeg akan berwarna merah kehitaman. Makanan manis ini bisa kalian suguhkan.

Sajian gudeg nangka sederhana sudah selesai dibuat. Anda bisa menikmati sajian ini bersama nasi putih hangat. Ditemani kerupuk renyah yang digoreng dengan mesin vaacum frying. Agar gudeg kalian semakin special ketika disantap.

Kalau kalian ingin menghabiskan gudeg dalam waktu sehari. Masak hingga gudeg kering (asat). Namun, jika kalian ingin menghabiskan gudeg lebih dari sehari. Kalian bisa menyisakan kuahnya sedikit.

Sehingga, jika ingin makan kalian hanya perlu memanaskan saja. Ketika air sudah tinggal sedikit, matikan api. Atau bisa kalian sisihkan sedikit di panci lain. Yang dimasak hingga kering untuk dimakan sekarang.

Sisanya, kalian letakkan di panci lain dan biarkan memiliki sedikit kuah. Sehingga, kalau kalian ingin makan lagi tinggal memanaskan saja . Sambil menunggu gudeg kering. Selain itu, pastikan bahan kalian segar dan berkualitas. Kualitas bahan juga akan berpengaruh pada rasa hasil masakan, lho!

Theme by Anders Norén