Bahan Resep Gemblong Anti Gagal Yang Empuk Dan Manis – Perpaduan gurihnya ketan dengan gula merah di luar bikin kita ketagihan akan rasa manis gemblong ini.
Teksturnya yang sedikit cruncy di dalamnya, tapi ada tekstur lembut di lapisan besta gula merahnya memang menimbulkan sensasi tersendiri buat penggemar berat kue jajanan tradisonal Jawa ini.
Cara bikin resep gemblong ini yang paling harus diperhatikan adalah saat menggorengnya supaya hasilnya matang sampai didalam dan warnanya tidak gosong. Gunakan minyak yang banyak denga api sedang saja.
Jangan terlau besar apinya supaya tidak gosong dan masih mentah dan keras di dalam gemblong gorengnya. Selain itu jangan kebanyakan dibolak balik.
Cukup sekali atau dua kali saja supaya kulit luarnya nanti tidak pecah. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan melihat bahan dan juga cara membuat gemblong ketan hitam dan beras ketan dibawah.

Bahan Resep Gemblong Anti Gagal Yang Empuk Dan Manis

  1. Bahan-bahan utama yang dibutuhkan yaitu tepung ketan putih kurang lebih sekitar 200 gram saja. Pilih tepung yang bagus dan juga tidak apek.
  2. Santan yang diambil dari parutan dari 1/2 buah kelapa kurang lebih sekitar 125 ml saja.
  3. Parutan kelapa kurang lebih sekitar 100 gram.
  4. Minyak goreng secukupnya ntuk menggoreng adonan kue gemblong nya.
  5. Garam dapurnya sedikit saja. Bisa anda abaikan kalau tidak terlalu suka dengan rasa asin (bahan dari lapisan besta gula merahnya).
  6. Gula putih dan juga Gula merahnya yang sudah disisir halus kurang lebih masing-masing sekitar 100 gram saja.
  7. Daun pandang segar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih kemudian buat simpul (bahan untuk lapisan besta gula merah).
  8. Air bersih secukupnya saja atau kurang lebih sekitar150 ml saja (bahan untuk lapisan besta gula merah).

Cara Membuat Gemblong Anti Gagal Yang Empuk Dan Manis

  1. Langkah pertama rebus santan kemudian aduk-aduk sampai hangat. Ingat santan jangan sampai mendidih ya supaya rasanya nanti tidak berubah.
  2. Ambil wadah dan tuang tepung beras ketan putihnya bersama dengan garam sedikit saja dan parutan kelapanya kemudian aduk-aduk sampai rata.
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk atau diuleni ke campuran tepung diatas sampai kalis.
  4. Bentuk adonan diatas hampir menyerupai bulatan yang sedikit lonjong sampai dengan habis.
  5. Ambil dan kemudian masukkan adonan gemblongnya diatas kedalam penggorengan dan setelah itu masak sampai matang kemudian sisihkan.
  6. Sekarang kita akan buat dulu besta gula merahnya.
  7. Tuang air bersihnya bersamaan dengan gula merah, gula putih dan seluruh bahan besta kemudian campur dan lalu aduk-aduk sampai rata, berbusa dan juga mengental.
  8. Ambil gemblong goreng tadi dan kemudian masukkan kedalam larutan besta diatas lalu aduk-aduk sampai tercampur merata kemudian matikan apinya.
  9. Aduk-aduk kembali sampai benar-benar rata dan kemudian biarkan sampai besta gula merahnya mulai mengering dan siap untuk disajikan.

Manfaat Beras Ketan

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Beras ketan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Adapun manfaatnya yakni untuk memperlancar pencernaan kita dan memelihara kesehatan dari jantung. Mengkonsumsi beras ketan memiliki dampak yang positif untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

  1. Sumber Energi

Dalam secangkir beras ketan mengandung sekitar 169 kalori atau bisa dikatakan kurang lebih sekitar 8% dari asupan kalori yang direkomendasikan. Disamping itu, dalam secangkir beras ketan mengandung sekitar 4% niacin, tiamin yang berguna untuk sumber energi untuk membantu proses metabolisme tubuh kita.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Beras ketan mengandung banyak mineral yang penting seperti selenium yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh. Nutrisi tersebut berguna dalam menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan serta membantu meningkatkan sistem atau daya tahan tubuh.

  1. Menjaga Sistem Metabolisme

Kandungan mangan pada beras ketan juga berguna untuk membantu dalam proses metabolisme tubuh supaya tetap sehat dan juga normal. Disamping itu, kandungan vitamin B6 ini juga berguna untuk mencegah terjadinya penyakit anemia. Nutrisi tersebut akan berkontribusi dalam membantu pembentukan dari sel-sel darah merah.

  1. Mengatur Aktivitas Dari Hormon Tiroid

Selenium pada beras ketan berfungsi untuk mengatur aktivitas hormone tiroid dan berperan penting dalam membantu kinerja pembuluh darah sehingga berfungsi dengan baik. Dalam secangkir beras ketan setidaknya mengandung sekitar 9.7% selenium sehingga dapat mencukupi setengah dari rekomendasi yaitu 18%.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Beras ketan ini mengandung sejumlah protein dan juga mangan. Nutrisi tersebut mempunyai peranan yang sangat luar biasa pada saat menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi beras ketan ini maka sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tulang kita.

Sekian informasi tentang : Bahan Resep Gemblong Anti Gagal Yang Empuk Dan Manis. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : 3 Resep Cara Membuat Gemblong Manis Dan Empuk