Resep Es Gabus Untuk Jualan Yang Mudah Dan Praktis – Makanan ini adalah jenis jajanan jadul yang biasa di jajakan di sekolah-sekolah pada umumnya.
Biasanya es gabus dengan nama lain es busa atau es kue, es bolu, es roti tawar berbahan dasar tepung hunkwee bertekstur lembut dan empuk bagaikan gabus atau busa.
Makanan ini sangat nikmat dan segar dibuat pakai santan namun Anda juga bisa membuat es gabus tanpa santan tergantung selera.
Begitu juga penggunaan stik Anda bisa membuat es gabus stik kayu dengan cetakan es stick atau pakai plastik es mambo.
Es gabus adalah jajanan jadul sekolahan jaman dulu yang segar dan enak dengan bentuk yang unik.
Dengan tampilan menarik sesuai selera dengan pemakaian warna warni cerah yang indah bisa satu warna, dua warna, berlapis warna seperti kue lapis oleh karena itu sering juga disebut dengan resep es kue pelangi atau es lolipop.
Anda tertarik membuat es busa pelangi untuk jualan? Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resep gabus pelangi rainbow sajian sedap istimewa lengkap.
Dengan kita bikin sendiri di rumah atau ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan juga praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan dalam usaha bisnis Ala Abang-abang depan sekolan SD dengan stik atau tanpa stik es krim dengan bungkus plastiknya.
Anda juga bisa membuat es gabus pop ice mix atau campur pop ice untuk mendongkrak penjualan dengan harga murah meriah ekonomis, misalnya jual dengan harga Rp. 1000 an/pcs.

Resep Es Gabus Untuk Jualan Yang Mudah Dan Praktis

BAHAN :

  • 450 ml air
  • 250 ml susu cair
  • 65 ml santan kental
  • 95 gram tepung hunkwee
  • 220 gram gula pasir
  • Pewarna makanan warna pelangi

CARA MEMBUAT ES GABUS PELANGI (RAINBOW) :

  1. Campur semua bahan jadi satu.
  2. Bagi 4 (270 gram), tambahkan pewarna makanan pelangi.
  3. Masak dari 1/1 kental (tidak perlu sampai terlalu kental sekali karena nanti akan susah di tuang ke dalam loyang, cukup sampai adonan mulai kental saja langsung diangkat sambil terus diaduk).
  4. Masukkan cetakannya, biarkan dan kemudian langsung masak adonan dengan warna yang lain, tuang ke cetakan, dan seterusnya (tidak perlu menunggu adonan pertama set total, setelah selesai masak adonan berikutnya, adonan sebelumnya sudah setengah hangat).
  5. Biarkan saja mengeras (bisa di suhu ruangan atau masukkan ke kulkas).
  6. Keluarkan dari cetakan, potong sesuai selera anda, dan lapisi plastik.
  7. Masukkan freezer.
  8. Sajikan.

Bahaya Jajan Es Sembarangan

Aneka minuman yang nikmat seperti bubble tea, es kopi susu kekinian, cheese tea, sampai olahan es menjadi buruan banyak untuk pecinta kuliner. Ketika sedang traveling ke suatu kota atau negara pasti seseorang akan berburu minuman khas dari setempat.

Namun perlu kita waspadai, bahwa minuman manis bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Apalagi ketika traveling, seseorang sering memaksakan untuk membeli ragam kuliner sembarangan.

Menurut Health Promotion Board (HPB), tubuh manusia memerlukan 40-50 gram gula per hari atau jika diartikan setara dengan 11 sendok gula. Begitu pula dengan ragam minuman manis lainnya.

“Gula cair lebih berisiko menyebabkan masalah kesehatan dibandingkan gula padat karena gula cair yang digunakan dalam minuman sajia memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Atau sedikitnya 100 kalori atau sekitar 20-30 gram gula per 350 ml,” ujar Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, kepada detikHealth, Senin (10/12/2018).

dr. Ervina menjelaskan meskipun memiliki kadar kalori yang cukup tinggi, gula pada minuman tidak menyebabkan rasa kenyang. Namun justru dapat meningkatkan keinginan makan lebih banyak.

Tubuh dan otak juga tidak merespons minuman manis sama dengan merespons makanan manis. Akibatnya, seorang akan tetap merasakan lapar meskipun batasan kalori harian sudah terpenuhi semua.

“Konsumsi gula cair berlebih dalam jangka pendek akan mengakibatkan kecanduan gula atau sugar addiction, lonjakan gula darah dan cepat merasa lapar (craving), serta asupan kalori yang signifikan.

Jangka panjang bisa meningkatkan risiko kesehatan, seperti kegemukan, diabetes, sakit jantung, kolesterol, kerusakan gigi dan penuaan dini,” jelasnya.

Sekian informasi tentang : Resep Es Gabus Untuk Jualan Yang Mudah Dan Praktis . Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : 3 Resep Es Selendang Mayang Ala Rumahan