Resep emping jagung ini adalah salah satu dari hasil olahan jagung. Citarasa emping ini sangat beragam dan dapat kamu buat sesuka hati sesuai dengan seleramu. Rasanya dapat bervariasi dari manis, gurih, asin, hingga pedas.

Produk olahan jagung satu ini diketahui memiliki daya tahan yang lebih lama daripada produk olahan lainnya. Itu juga mengapa cemilan satu seringkali menjadi kudapan favorit masyarakat.

Resep Emping Jagung Sebagai Olahan Jagung

Jagung sendiri merupakan satu dari sekian komoditi pertanian terbesar di sebagian besar wilayah Indonesia. Ladang jagung terhampar dengan luasnya di sini dan di sana.

Ini karena jagung sendiri juga merupakan tanaman pangan yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Jagung dapat ditanam baik di musim hujan maupun musim kemarau.

Juga tidak bisa disangkal lagi bahwa sudah banyak masyarakat yang mulai menjadikan bahan dasar jagung sebagai makanan pokok pengganti nasi. Potensi jagung sebagai bahan makanan utama sangatlah besar

Bahkan penggunaan tepung maizena ketimbang tepung terigu sudah mulai meningkat. Kegunaan jagung yang notabene mengandung banyak nutrisi dan manfaat membuatnya mudah disukai.

Anda dapat membaca kegunaan tepung jagung untuk mengetahui beberapa manfaat yang dihadirkan oleh salah satu hasil olahan jagung ini.

Rasa manis pada biji jagung serta tekstur renyahnya ketika diolah menjadi aneka jenis makanan ringan, menjadikan camilan jagung cukup digemari kalangan masyarakat luas.

Peluang Usaha Bahan Olahan Jagung

Jika sebelumnya masyarakat dipedesaan menjadikan jagung sebagai makanan pokok pengganti nasi, maka kini banyak masyarakat kita yang menjadikan jagung sebagai makanan selingan di waktu-waktu santai.

Beragam jenis camilan jagung seperti misalnya popcorn, marning, emping jagung, serta sweet corn, kerap menjadi alternatif makanan ringan untuk menemani waktu santai bersama keluarga.

Sehingga tidak heran bila sekarang ini aneka macam camilan jagung tak hanya renyah dikonsumsi kalangan masyarakat luas, namun juga mendatangkan banjir untung bagi para pelaku bisnisnya.

Resep Emping Jagung

Resep emping jagung hanyalah salah satu dari sekian hasil olahan jagung dalam bentuk makanan. Lainnya ada nasi jagung, kue jagung, juga keripik jagung, yang hampir sama dengan emping jagung sendiri.

Beda hal dengan keripik jagung yang dibuat dari adonan tepung, resep emping jagung ini tidak menggunakan bahan pengembang sama sekali.

Hasil akhir emping jagung diperoleh dari biji jagung yang ditumbuk, dijemur hingga kering, lalu digoreng dan diberi bermacam-macam bumbu yang dapat disesuaikan menurut selera.

Bahan-bahan yang Perlu Disiapkan

Sebelum kita memulai, silahkan anda menyiapkan dulu bahan-bahan yang akan kita gunakan nanti. Semua bahan di bawah ini bisa kamu temukan di pasar ataupun supermarket kok.

  • Jagung kampung 500 gram (pilih yang sudah tua)
  • Minyak goreng 500 gram
  • Gula pasir 150 gram
  • Air 150 ml
  • Asam jawa 1/2 sdt
  • Garam 1 sdt

Cara Membuat Resep Emping Jagung

Sudah siap semua bahannya? Yuk kita mulai!

  1. Kupas jagung dari kulitnya terlebih dahulu, lalu kukus jagung hingga matang.
  2. Setelah jagung sudah matang, pisahkan bijinya dari tongkolnya.
  3. Tumbuk bulir-bulir jagung satu per satu hingga menjadi pipih.
  4. Jemur jagung yang sudah pipih di bawah terik sinar matahari selama 1-2 hari sampai kering.
  5. Panaskan minyak, goreng emping jagung atau jagung yang sudah pipih tadi sampai berwarna kekuningan.
  6. Bila emping sudah berwarna kuning keemasan dan sudah matang, angkat lalu tiriskan.
  7. Panaskan kembali wajan. Masukkan gula pasir, air, asam jawa, dan garam, masak sampai kental.
  8. Masukkan emping jagung yang sudah digoreng, aduk rata. Angkat dan sajikan.

Untuk produksi dalam jumlah banyak, kamu bisa menggunakan mesin pembuat emping jagung agar produksinya lebih efektif dan efisien. Gunakan kemasan yang menarik.

Tapi apabila kamu hanya membuat resep emping jagung ini untuk hidangan rumah, jangan lupa untuk menaruhnya di wadah yang kedap udara agar lebih awet. Selamat mencoba!