Wow! Ini dia resep dan cara membuat gulali tepung yang manis dan mudah Anda terapkan dengan ala rumahan. Bahan dan alat yang digunakan juga mudah. Jajanan yang berbahan dasar gula ini memang banyak diminati oleh banyak orang, termasuk anak-anak.

Jajanan ini sudah ada sejak dulu, karena dulu belum ada lollipop kemasan seperti zaman sekarang ini, anak-anak lebih menyukai gulali tersebut.

Baca juga : Berikut Ini Cara Membuat Gulali Gula Pasir Yang Legendaris

Sebernarnya gulali tepung ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu gulali tepung yang tarik dan gulali tepung rambut nenek. Karena namanya yang beda, pengolahannya pun berbeda.

Gulali tepung tarik ini memiliki bermacam-macam warna seperti merah, hijau, kuning dan warna lainnya. Biasannya para penjual gulali tepung tarik ini membentuk gulali menyerupai binatang, bunga, maupun bentuk lainnya dengan cara menarik-narik gullali tersebut.

Sedangkan resep dan cara membuat gulali tepung rambut nenek ini menarik-narik adonan sedemikian rupa sampai terbentuk menyerupai benang sari maupun mie. Konon orang China sering menyebutnya sebagai gulali tepung jenggot naga.

Tetapi semakin berkembangnya zaman, kedua gulali ini sulit untuk di dapatkan, karena dulu biasanya di jual oleh bapak-bapak tua yang di jajakan dengan berkeliling.

Jika Anda ingin membuat gulali tepung tarik dan gulali rambut nenek seperti yang di atas itu, disini kami akan memberi resep dan cara membuat gulali tepung yang manis dengan ala rumahan.

Resep Dan Cara Membuat Gulali Tepung

1. Resep Dan Cara Membuat Gulali Tepung Tarik

Dalam membuat gulali tepung tarik ini Anda harus membutuhkan bahan-bahan yang kami sampaikan di bawah ini, bahan-bahannya pun juga mudah untuk didapatkan.

Bahan-Bahan :

  • Gula pasir putih 1 kilogram.
  • Asam citrum 1 sendok makan.
  • Pasta strawberry atau pasta pandan atau juga menurut selera Anda.
  • Air matang bersih 100 ml

Alat-Alat :

  1. Wajan berukuran besar 1.
  2. Sendok makan 1.
  3. Centong kayu besar 1

Resep Dan Cara Membuat Gulali Tepung Tarik :

  1. Resep dan cara membuat gulali tepung tarik ini Anda harus mencampurkan semua bahan yang dibutuhkan seperti diatas dan masukkan ke dalam wajan.
  2. Setelah itu, aduk-aduk adonan sambal dipanaskan diatas api bervolume sedang.
  3. Aduk adonan gulali sampai merata dengan menggunakan centong kayu, kemudian di aduk terus jangan sampai berhenti, kurang lebih sekitar 10 menit atau sampai gulali matang.
  4. Matikan kompor dengan tetap mengaduk adonan pelan.
  5. Diamkan agar adonan menjadi dingin kurang lebih 15 menit.
  6. Masukkan adonan gulali dalam stoples lalu dinginkan kembali kurang lebih 2 jam.
  7. Gulali siap dibentuk sesuai dengan selera dan kreativitas.
  8. Itulah cara membuat gulali tarik jajan jadul zaman SD.

Sedangkan Resep cara membuat gulali tepung rambut nenek paling praktis, disini kami akan memberikan langkah dan juga  acara membuat gulali tepung.

2. Resep Dan Cara Membuat Gulali Tepung Rambut Nenek

Bahan-bahan :

  • 500 gr gula pasir
  • 125 ml air atau secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai warna yang diinginkan
  • Minyak goring
  • Tepung terigu

Cara membuat :

  • Pertama-tama tuangkan minyak goreng dalam wajan lalu panaskan. Kemudian masukkan tepung terigunya ya dan aduk-aduklah hingga baunya harum juga berwarna sedikit kecoklatan.
  • Nah selanjutnya tuangkan tepung terigu yang sudah disangrai ke atas wadah yang lebar Tabur-taburkan dengan merata lalu diamkan sampai panasnya menghilang ya. Sambil menunggu dingin, kamu dapat membuat adonan gulalinya.
  • Setelah itu campurkan gula pasir, air, dan juga pewarna ke dalam satu wajan. Kemudian panaskan dengan api yang sedang sambil diaduk-aduk terus sampai mendidih. Nah angkat wajannya tersebut lalu di diamkan sebentar saja hingga adonan mulai kental.
  • Nah jika sudah kental, tuangkan adonannya tersebut ke atas tepung terigu. Dan kemudian silakan tarik-tarik adonannya hingga berbentuk seperti rambut nenek-nenek.

Memang pada awalnya akan terasa tidak mudah. Akan tetapi jika sering melatihnya terus maka kamu akan dapat membentuknya dengan cepat ataupun dalam waktu yang singkat.

Baca juga : Nah, Ini Dia Rahasia Resep Kerupuk Tahu Bulat Istimewa

Cukup mudah ya ternyata. Fren pun bisa mencoba buat gulali tarik sendiri di rumah. Hanya saja memang perlu kreativitas sendiri saat mmbentuk gulali. Namun, dijamin pasti seru. Hitung-hitung bernostalgia mengingat masa-masa kecil yang menyenangkan.

Sekian dan selamat mencoba!