Kali ini saya akan membahas mengenai cara dan resep botok udang kemangi yang memiliki citarasa yang nikmat dan lezat serta pembuatannya yang simple.

Siapa sih yang nggak tahu tentang olahan botok, namun olahan berikut ini sedikit berbeda ya itu botok udang kemangi. Bagi anda yang penasaran dan berniatan untuk membuatnya berikut ini resep botok udang kemangi yang bisa anda coba.

Resep Botok Udang Kemangi

resep botok udang kemangi

Bahan yang Diperlukan :

  • 1/2 kg udang segar
  • secukupnya Daun pisang
  • Tusuk lidi
  • 2 ikat kemangi
  • 5 biji tomat ijo
  • 1/2 butir kelapa muda parut

Bahan untuk Bumbu Halus :

  • 10 bawang merah
  • 8 bawang putih
  • 3 cabe merah kriting
  • 15 cabe rawit
  • 1 ruas lengkuas
  • 3 lembar daun jeruk(diulek bersamaan)
  • 1 sdm air asam jawa
  • Gula,garam,

Langkah untuk Membuat Botok Udang :

  1. Cuci udang,lalu tiriskan. Siapkan daun menjadi 10 lembar dan lap sampai bersih
  2. Siapkan kelapa parut,iris tomat ijo,petik kemangi
  3. Haluskan bumbu,lalu beri bumbu gula,garam,cicipi rasa..lalu masukkan kelapa parut dan campur sampai rata
  4. Masukkan udang,tomat dan kemanginya. Siapkan daun dan isi sesuai selera semat bungkus daun dengan tusuk gigi
  5. Siapkan kukusan.lalu masukkan botok dan kukus selama 20 menit. Angkat dan siap disajikan

Manfaat Mengkonsumsi Udang

1. Mencegah Kanker

Dalam setiap kurang lebih sekitar 85 gram udang kukus dapat mencukupi sekitar 48 persen dari jumlah selenium harian tubuh. Kekurangan selenium telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat.

Kombinasi sulforaphane dan selenium tersebut berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh akan kanker sebanyak 13 kali lipat.

Makanan yang kaya akan suforaphane antara lain adalah brokoli, kubis, dan sayuran hasil silangan lainnya. Di samping mencegah kanker, selenium juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

2. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku

Sampo dan lotion yang paling mahal sekalipun tak akan berfungsi bagi rambut dan kulit Anda tanpa adanya asupan protein yang cukup.

Protein merupakan bagian yang terkandung didalam tiap jaringan sel hidup dan udang menjadi sumber yang sangat kaya akan mineral tersebut.

Kadar kalorinya pun terbilang cukup rendah sehingga itu sangat cocok dengan diet yang Anda jalankan.

3. Mencegah Anemia

Udang mengandung 21 persen vitamin B12, yang merupakan nutrisi penunjang produksi sel darah merah pada tubuh sehingga dapat membantu untuk mencegah penyakit anemia.

Vitamin B12 itu juga membantu pembuatan DNA, material genetis yang terdapat pada tiap sel. Hal ini akan berfungsi untuk membuat proses metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak dalam sel tubuh berlangsung sempurna.

4. Meningkatkan Energi

Kelelahan dan merasa lemas? Gejala tersebut merupakan indikasi kurangnya kadar zat besi dalam tubuh. Udang sangat kaya kandungan zat besinya.

Dengan mengonsumsi hasil laut tersebut, maka asupan zat besi, yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan energi akan terpenuhi.

Energi yang akan diperoleh juga tidak akan berlebih sebab kalori yang dikandungnya dapat dibilang tidak terlalu tinggi.

5. Menguatkan Tulang

Hewan yang termasuk dalam kelas Crustacea ini memiliki kandungan fosfor dalam tubuhnya. Kalsium dan fosfor merupakan dua jenis zat yang akan bekerja bersama-sama untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat.

Dalam mengkonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersama kulitnya karena kulit udang mengandung “glucosamine” yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang.

Terjadinya penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan munculnya rasa nyeri yang hebat pada persendian, yang sering disebut sebagai pengapuran.

6. Membantu Memroses Lemak

Niasin (vitamin B3) yang terkandung dalam udang dapat membantu pemrosesan lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk tubuh. Niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik.

7. Mengurangi Resiko Depresi

Sama seperti ikan, udang tersebut juga mengandung asam lemak esensial, omega-3 seperti yang dimiliki oleh ikan tersebut.

Omega-3 dapat berfungsi untuk memberikan perlindungan yang kuat terhadap depresi dan dapat membantu untuk meningkatkan mood untuk mereka yang tengah menderita gangguan tersebut.

Selain itu, omega-3 ternyata juga berfungsi untuk membantu meningkatkan tingkat  kecerdasan otak pada seseorang.

8. Menyehatkan Saluran Prostat

Asupan zinc atau sering disebut dengan seng yang dibutuhkan oleh tubuh relatif sedikit, yakni sekitar 10-15 mg setiap harinya. Dengan mengkonsumsi udang, kebutuhan tubuh akan kandungan zat tersebut akan terpenuhi sepenuhnya.

Dan, dengan terpenuhinya kebutuhan zinc yang ada didalam tubuh kita, maka pertumbuhan sel kanker prostat akan diperlambat.

9. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Udang dapat berkontribusi pada kesehatan kelenjar tiroid dengan kandungan tembaga yang dimilikinya. Tiroid yang sehat dapat meningkatkan aktivitas sel dan mengatur metabolisme dalam tubuh dengan baik.

10. Menstabilkan Kadar Gula dalam Darah

Makanan laut yang nikmat ini juga merupakan sumber magnesium yang baik. Studi terbaru menyatakan bahwa magnesium dapat membantu mencegah berkembangnya diabetes tipe kedua.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai cara membuat botok udang kemangi yangbisa anda coba membuatnya dirumah. Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat mengkonsumsi udang.

Oh ya bagi anda yang gemar mencoba berbagaimacam jenis masakan saya ada sedikit reverensi yang mungkin bisa anda coba dirumah Cara Mmembuat Seblak Telor Pedas Gurih Ala Anak kos