Resep Bakso Sapi – Anda penikmat bakso? Makanan kenyal dan gurih ini sangat nikmat disantap saat cuaca dingin memang. Jika anda terbiasa membeli untuk dapat menikmati bakso, kenapa tidak mencoba membuat sendiri saja. Selain terjamin kebersihan dan kehalalannya, bakso buatan sendiri tentunya bebas pengawet.

Bakso adalah bola-bola daging yang dibuat dari daging sapi. Namun ada juga bakso yang dibuat dari daging ayam dan ikan. Mau tahu cara membuat bakso ayam? Baca disini ya.

Bakso sapi yang enak biasanya rasanya gurih dengan tekstur kenyal. Untuk membuatnya kenyal tentu harus menambahkan STTP (Sodium Tripolyfospat) dan TIO2 (Titanium Dioksida) ke dalam resepnya, tentu yang Food Grade yah.

Jika tidak tahu, bawa saja daging sapi yang sudah anda beli ke tukang giling, disana sudah ada takarannya.

Mengenali Daging Sapi Segar

Nah yang penting selain itu adalah memilih daging sapi yang segar sebagai bahan utama membuat bakso. Sebab, tak jarang dipasar dijual daging sapi glondongan dan daging oplosan, padahal untuk membuat bakso sapi yang enak membutuhkan daging sapi segar.

Yang lebih bahaya jika anda keliru membeli daging babi, tentu bagi anda yang tidak tahu ditambah anda beragama Islam, jangan sampai kejadian deh. Nah sebelum membahas resep bakso sapi, saya bagikan untuk anda tips mengenali daging sapi yang baik dulu yah.

Tips Membedakan Daging Sapi Segar dengan Daging Sapi Glonggongan atau Daging Oplosan

resep bakso sapi

Daging sapi glondongan adalah daging sapi yang berasal dari sesembelihan sapi namun sebelum disembelih sapi telah diberi minum air sebanyak-banyaknya.

Tujannya agar daging sapi nantinya memiliki berat lebih saat ditimbang sehingga uang yang dibayar ke penjual daging juga lebih banyak dengan tambahan berat tersebut.

Berikut adalah 2 tips mengenali daging glonggongan. Semoga membantu!

  1. Amati warnanya, daging glonggongan memiliki warna yang pucat. Selain itu konsistensi dagingnya lembek dan permukaan dagingnya juga basah. Para penjual daging glonggongan tidak menggantung daging tersebut karena bila digantung air akan menetes.
  2. Hati-hati dengan daging sapi yang dijual murah. Meski ingin berhemat, jangan sampai mendapat daging sapi glonggongan karena ciri kedua adalah harga daging glonggongan lebih murah daripada daging segar.

Selain daging glonggongan perlu diwaspadai adanya daging sapi oplosan, yaitu campuran daging sapi dan daging babi. Ada 6 cara mudah mengenali daging sapi oplosan, yakni:

  1. Secara kasat mata, daging oplosan warnanya lebih pucat. Warna daging babi warnanya lebih mirip daging ayam ketimbang daging sapi. Namun, bisa saja warnanya lebih merah karena dikamuflase dengan cara dilumuri darah sapi meski bisa dihilangkan dengan direndam air.
  2. Kedua, serat daging sapi padat dan garisnya terlihat jelas. Sedangkan daging babi, seratnya terlihat samar dan renggang. Bisa dicek dengan cara direnggangkan secara bersama-sama.
  3. Selanjutnya membedakannya adalah dengan melihat tingkat keelastisannya. Daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis dibanding daging sapi yang berbentuk dan kaku. Lemak daging babi sulit dilepaskan dan basah, lemak daging sapi berserat dan kering.
  4. Daging sapi teksturnya lebih kaku dan padat sedangkan daging babi teksturnya lembek dan mudah direngangkan. Mudah sekali dibedakan hanya dengan dipegang.
  5. Dari segi aroma, daging sapi lebih anyir. Jika dicampur maka akan lebih sulit membedakannya, perlu latihan untuk mengenali bau daging sapi yang segar.
  6. Hati-hati jika membeli di waktu malam hari, efek lampu yang kurang terang bisa mempersulit anda untuk mengenali daging sapi dengan daging babi.

Semoga kita terhindar dari “musibah” keliru membeli daging sapi glonggongan atau daging sapi oplosan. Praktekkan tips diatas dan semoga saat beli daging, anda benar-benar mendapatkan daging sapi segar dan juga ketemu penjual yang jujur hee.

Selanjutnya langsung saja ke resep bakso sapi kenyal dengan resep istimewa berikut ini:

Resep Bakso Sapi

Bahan:

  • ½ kg daging sapi segar
  • 150 gram es batu/air es
  • 1 butir telur
  • 3 sdm tepung kanji
  • ½ sdt soda kue
  • 2 liter air panas

Bumbu :

  • 6 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk

Cara membuat bakso sapi

  1. Pisahkan daging sapi dan lemaknya, iris kecil-kecil untuk mempermudah proses penggilingan.
  2. Masukkan irisan daging ke dalam blender/food processor. Tambahkan ½ bagian es batu. Giling sampai daging sapi hancur dan halus.
  3. Tambahkan bawang putih, merica bubuk, telur (ambil putihannya saja dan kocok terlebih dahulu), serta setengah bagian terakhir es batu.
  4. Giling lagi sampai semua bahan halus dan tercampur rata.
  5. Masukkan soda kue dan tepung kanji, giling lagi sampai lembut.
  6. Matikan blender, tuang adonan ke dalam wadah untuk selanjutnya dicetak menjadi bulatan bakso.
  7. Sipakan panci dengan air panas yang telah mendidih.
  8. Cara membuat pentol bakso: ambil segenggam adonan dengan tangan kiri, remas dan secara pelan-pelan keluarkan melalui sela-sela ibu jari dan jari telunjuk sampai membentuk bulat.
  9.  Bagi yang kesulitan bisa juga menggunakan cetakan bakso, sekarang sudah ada alat untuk membuat bulatan-bulatan bakso.
  10. Ambil adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam air panas yang telah didihkan. Sendok sambil dimasukkan ke dalam air panas biar tidak lengket.
  11. Ulangi terus sampai adonan bakso habis.
  12. Rebus bakso diatas kompor dengan api sedang sampai semua bakso mengambang.
  13. Angkat dan tiriskan
  14. Bakso sapi telah siap disajikan dengan kuah bakso atau diolah menjadi berbagai masakan dan makanan lain.

Nah, tidak sulit bukan membuat bakso sapi. Jika anda ingin membuat bakso sapi dalam jumlah banyak atau ingin menjadikan ini sebagai usaha bisa dengan menggunakan mesin pembuat bakso. Dijamin lebih mudah dan cepat.