Resep Bakso Jamur Tiram Kenyal Dan Super Enak – Jamur ini termasuk jamur konsumsi dan banyak dikonsumsi orang – orang dan bisa dikreasikan.

Jamur ini berciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Ternyata jamur ini bisa dijadikan bahan bakso yang tentunya enak, menyehatkan, dan kenyal. Berikut resep bakso jamur tiram kenyal dan super enak.

Resep Bakso Jamur Tiram Kenyal Dan Super Enak

Bahan :

  • 500 gram jamur tiram
  • 125 gram tepung sagu (saya menggunakan aci)
  • 2 putih telur
  • merica bubuk
  • garam
  • 2 siung bawang putih goreng haluskan

Cara Membuat Bakso Jamur Tiram :

  • Pertama rendam jamur dengan air panas 5 menit lalu peras menggunakan serbet.
  • Potong kecil-kecil jamur kemudian ulek (kalau diblender terlalu lembut).
  • Masukkan tepung sagu atau aci, telur, garam, bawang putih, merica lalu aduk-aduk sampai rata.
  • Setelah itu bulatkan dan masukkan ke air mendidih sampai mengapung setelah itu angkat.

Untuk Kuah :

  1. Haluskan merica, royco sapi 1/2 bungkus, 2 siung bawang putih goreng.
  2. Setelah itu masukkan bumbu tersebut kedalam air mendidih.
Untuk Topping:
  • daun seledri
  • bawang goreng
  • garam
  • sambal

Manfaat Jamur Tiram

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jamur tiram berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahan aktif dalam jamur tiram itu dapat merangsang makrofrag untuk bekerja lebih aktif lagi. Makrofag adalah suatu bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk menyingkirkan virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya yang merugikan kesehatan tubuh.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah studi yang dipublikasikan didalam Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology menemukan jika jamur tiram dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol didalam darah.

Temuan ini juga didukung oleh penelitian lain yang menemukan bahwa konsumsi jamur tiram rutin selama 24 hari dapat menurunkan kolesterol dari penderita diabetes tanpa memberikan efek samping pada hati dan ginjal.

Manfaat jamur tiram ini berasal dari kandungan lovastatinnya yang membantu mengatur sirkulasi kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu juga, kandungan beta-glucannya, yakni salah satu bentuk dari serat larut air yang ditemukan begitu tinggi pada jamur juga bisa memengaruhi kadar kolesterol. Beta-glucan berfungsi menyerap kolesterol di aliran darah.

Selain kolesterol darah, dalam penelitian tersebut juga menunjukan bahwa jamur tiram dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan gula darah pada penderita diabetes.

3. Membantu mencegah kanker

Sebuah penelitian terbitan International Journal of Oncology tahun 2008 menunjukan bahwa suplemen ekstrak jamur tiram dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar.

Suplemennya yang sama juga dapat membantu mencegah penyebaran dari sel kanker ke bagian tubuh yang lainnya.

Kandungan betaglukan dan glikoprotein yang ada dalam jamur tiram dapat meningkatkan respons antikanker tubuh secara alami.

Komposisi jamur tiram ini dapat memberi peringatan dini pada Natural Killer (NK) cell, yakni sel pembunuh alami yang dapat membunuh sel kanker untuk lebih waspada lagi dengan adanya pertumbuhan sel kanker, dan juga sel T yang membantu melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

4. Sumber vitamin B3

Jamur tiram adalah sumber dari vitamin B3  yang baik bagi tubuh dan juga mudah ditemukan.

Vitamin B3 ini berperan penting dalam membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan Anda agar bisa digunakan sebagai energi. Selain itu, niacin juga dapat berfungsi menjaga kesehatan jantung dan juga menurunkan kolesterol jahat.

5. Sumber antioksidan

Manfaat jamur tiram lainnya yaitu sebagai sumber antioksidan. Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang mengandung tinggi ergothioneine, yakni zat antioksidan yang membantu mencegah terjadinya peradangan.

Penelitian yang telah dipublikasi dalam Journal of Medicinal Food pada tahun 2010 menyatakan bahwa ergothioneine bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh dalam darah yang memicu penyakit jantung dan juga aterosklerosis.

Selain itu juga, antioksidan juga dapat berfungsi menahan penyebaran sel kanker.

6. Sumber tembaga untuk tubuh

Jamur tiram ini juga merupakan suatu sumber mineral tembaga yang baik untuk tubuh.

Tembaga dapat berfungsi untuk melancarkan sirkulasi dalam darah dengan meningkatkan pertumbuhan sel darah merah, dan membantu menjaga sistem saraf yang berfungsi dengan optimalisasi.

Tembaga juga memiliki fungsi yakni untuk memperkuat jaringan ikat dengan membantu meningkatkan produksi pada kolagen.

Bagaimana dengan resep bakso jamur tiram diatas guys ? Simple bukan ? Kalian bisa langsung praktekin resepnya dirumah yaa. Apalagi musim hujan kaya gini, enak buat anget-anget.

Bakso jamur tiram ini akan tambah menggoda dengan tambahan seledri dan bawang goreng sebagai taburan. Apalagi bakso jamur tiram ini juga cocok untuk kamu jadikan sebagai salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Sebagai tambahan, untuk mengatasi kasus pencurian yang sedang marak saat ini, maka kamu harus memiliki sebuah brankas untuk menyimpan barang berharga yang kamu miliki.

Sekian informasi tentang : Resep Bakso Jamur Tiram Kenyal Dan Super Enak. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : 3 Macam Resep Bakso Vegetarian Yang Menyehatkan