Kali ini kita akan membahas resep akar kelapa untuk jualan.

Sebelum ke Resep Akar Kelapa kita harus tau apa sih Kue Akar Kelapa Itu. Kue akar kelapa adalah kue yang berasal dari betawi dan sekitarnya.

Kue akar kelapa ini sering disajikan bersama kacang goreng dan rengginang ketika acara special, contohnya ketika hari raya idul fitri atau pernikahaan. Bisa juga dijadikan cemilan dan ditemani segelas es kelapa muda.

Di kawasan kota Bekasi merupakan produsen terbesar kue akar kelapa, namun seiring waktu dan perkembangan zaman, kue ini tidak lagi diproduksi secara massal. Meski namanya kue akar kelapa, kue ini bukan terbuat dari akar kelapal.

Pernamaan akar kelapa ini karena bentuknya yang mirip dengan akar kelapa. Meski begitu, bahan dasar dari kue ini berasal dari kelapa, yaitu dari daging kelapa yang sudah diolah menjadi santan.

Kue akar kelapa ini banyak diminati oleh masyarakat karena rasanya yang gurih dan manis apalagi dinikmati bersama Es Kelapa Muda. Di daerah Betawi dan sekitarnya kue ini menjadi makanan wajib disajikan ketika acara hari raya idul fitri atau pernikahan.

Tidak hanya kue akar kelapa, kacang goreng dan rengginang juga wajib dihidangkan dan tidak lengkap bila sala satu tidak ada. Kue akar kelapa ini banyak dijual terutama ketika hari raya atau hari hari besar lainnya.

Selain dengan membeli, anda juga bis membuatnya sendiri. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah.

Di bawah ini kami akan memberikan Resep Akar Kelapa, dimulai dari bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat kue akar kelapa. Dan langkah langkah membuat Kue Akar Kelapa. Selamat Mencoba

Resep Akar Kelapa Untuk Jualan

Bahan Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Akar Kelapa:

  • 100 (seratus gram) Tepung Ketan.
  • 50 (lima puluh gram) Tepung Beras.
  • 100 (seratus gram) Gula pasir.
  • 75 gram santan kelapa kental.
  • 50 lima puluh gram) margarin.
  • 2 (dua) butir telur ayam.
  • 1 (satu sendok teh) garam.
  • 1 (satu sendok teh) Vanilla essens.
  • Dan Minyak Goreng Secukupnya

Langkah Langkah Dalam Membuat Kue Akar Kelapa :

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Lalu ambil telur dan gula. Masukan keduanya kedalam wadah lalu kocok telur dan gula hingga tercampur rata.
  3. Setelah tercampur, campurkan tepung beras, tepung ketan, garam, margarin, dan vanilla essence.
  4. Kocok kembali adonan hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Jika dirasa sudah kental, tuangkan santan sedikit demi sedikit.
  6. Aduk kembali adonan hingga rata, tidak lengket, dan dapat dicetak.
  7. Selanjutnya, tuangkan minyak goreng kedalam katel.
  8. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak. Tunggu minyak goreng hingga panas.
  9. Sambil menunggu minyak goreng panas, kita masukan adonan yang telah kita buat kedalam cetakan kue akar kelapa.
  10. Setelah diisi dengan adonan, masukan cetakan yang telah diberi adonan ke minyak yang sudah panas.
  11. Goreng adonan dengan api kecil hingga kue berwarna kecoklatan dan matang.
  12. Setelah terlihat berwarna kecoklatan dan dirasa matang angkat dan tiriskan. Ulangi menggoreng hingga adonan kue akar kelapa habis.
  13. Setelah semua adonan digoreng, pindahkan kue yang telah ditiriskan ke piring.
  14. Atau jika anda ingin menyimpannya, masukan kedalam wadah yang kedap udara agar tahan lama.
  15. Kue Akar Kelapa Siap Disajikan.

Tips And Trik Dalam Membuat Kue Akar Kelapa :

 

Pilihlah Santan kelapa yang masih segar agar hasil kue lebih lezat.
Tambahkan takaran tepung bila adonan terasa telalu lembek.
Manfaat Kue Akar Kelapa

Selain belajar bagaimana Resep Akar Kelapa Untuk Jualan Kita juga belajar manfaat apa saja yang manfaat apa aja sih dari Kue Akar Kelapa ini. Jadi selain makanan yang gurih dan enak, kue akar kelapa ini juga memiliki banyak manfaat.

Meski memiliki memiliki rasa yang enak dan gurih, konsumsilah dengan jumbal yang wajar. Jangan makan terlalu banyak, karena suatu yang berlebihan itu juga tidak baik. Dibawah ini beberapa manfaat yang terdapat dalam kue akar kelapa.

1. Menambah Tenaga

Setelah belajar Resep Akar Kelapa Untuk Jualan kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang pertama adalah menambah tenaga. Dengan bahan dasar tepung beras dan tepung ketan dan gula yang menjadikan kue ini bermanfaat untuk menambah tenaga.

Hal ini karena tepung beras, tepung ketan, dan gula memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Dan karbohidrat sendiri memili fungsi sebagai sumber energi.

Jadi kue ini cocok dikonsumsi setelah selesai melakukan aktivitas untuk mengembalikan tenaga yang terkuras.

Tapi tetap meski bermanfaat menambah energi jangan terlalu tergantung pada kue akar kelapa. Karena kue ini hanya makanan ringan bukan makanan utama.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Setelah belajar Resep Akar Kelapa Untuk Jualan kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang kedua adalah menurunkan kadar kolestrol. Nah untuk anda yang memiliki penyakit kolesterol bisa mencoba kue akar kelapa ini.

Kandungan lemak jenuh pada santan yang ada dalam kue ini berhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol. jadi anda bisa meminimalisir kadar kelesterol dengan mengonsumsi kue akar kelapa ini. Santan yang ada pada kue akar kelapa sangat efektif dalam meningkatkan kadar kolesterol yang baik.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Setelah belajar Resep Akar Kelapa Untuk Jualan kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang ketiga adalah meningkatkan kekebalan tubuh . Manfaat dari dari kue akar kelapa ini bukan hanya menambah tenega dan juga menurunkan kolesterol.

Tapi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda. Kandungan vitamin C dan asam laruat pada santan di kue ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika anda sering sakit anda bisa mengonsumsi kue akar kelapa ini. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh anda akan meningkat dan bisa mencegah masuknya penyakit kedalam tubuh.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Setelah belajar Resep Akar Kelapa Untuk Jualan kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang keempat adalah membantu menjaga kesehatan tulang.

Karena santan pada kue akar kelapa ini memiliki mineral seperti fosfor dan juga kalsium yang bermanfaat menjaga tulang. Bagi anda yang sudah dewasa bisa mencoba mengonsumsi kue akar kelapa ini untuk menjaga kesehatan tulang anda.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Setelah belajar Resep Akar Kelapa Untuk Jualan kita belajar manfaat kue akar kelapa. Manfaat yang kelima adalah menjaga kesehatan jantung.

Penyakit jantung adalah penyakit yang banyak merenggut nyawa. Di indonesia sendiri dari data riskesdas tahun 2013, jenis penyakit jantung dan pembuluh darah yang banyak terjadi adalah penyakit jantung koroner(PJK).

Penyakit ini sering disebut dengan “SIlent Killer” (pembunuh tak bersuara). Karena dalam banyak kasus, seorang tidak menyadari bahwa ia memiliki penyakit jantung hingga mereka menjunjukan tanda-tanda serangan jantung atau gagal jantung.

Oleh sebab itu anda harus memperhatikan gejala penyakit jantung sejak dini. Penyakit ini bisa diketahui jika melakukan pemeriksaan secaara rutin.

Anda harus berhati hati agar tidak terkena penyakit jantung. Nah kue akar kelapa ini juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

Jadi anda bisa menjaga kesehatan jantung anda dengan mengonsumsi kue akar kelapa ini. Karena kandungan asam laruat pada santan di kue ini memiliki sifat antibakteri dan juga antivirus yang berguna dalam menjaga kesehatan jantung.

Nah itulah beberapa manfaat dari kue akar kelapa dan resep kue akar kelapa untuk jualan. Semoga bermanfaat.