Kali ini saya akan membahas mengenai cara dan resep agar agar gula merah lapis santan yang memiliki tampilan yang menari dan rasanya yang nikmat.

Siapa sih yang nggak tahu olahan yang satu ini, olahan ini biasanya dijadikan sebagai cemilan maupun makanan pencuci mulut. Saya yakin banyak dari anda yang sudahtahu, berikut ini resep agar agar gula merah lapis santan untuk anda coba.

Resep Agar Agar Gula Merah Lapis Santan

resep agar agar gula merah lapis santan

 

Bahan untuk Membuat Agar – Agar Gula Merah Lapis Santan :

  • 1 bungkus agar
  • 1/2 buah kelapa parut
  • Vanili
  • 1 keping gula merah

Langkah untuk Membuat Agar – Agar Gula Merah Lapis Santan :

  1. Peras kelapa ambil santannya menjadi 2 1/2 gelas santan
  2. 1 buah agar agar dan 1 keping gula merah. Kalau kurang manis bisa ditambah sesuai selera
  3. Siapkan panci masukan agar agar, santan, dan gula merah jadi satu masak hingga mendidih
  4. Setelah mendidih angkat dan tuang ke cetakan biarkan sampai dingin. Agar lebih enak masukan kedalam lemari es biarkan sampai mengeras

  5. Setelah keras anda bisa mulai potong potong sesuai dengan selera anda dan siap dinikmati

Manfaat Gula Merah

1. Menurunkan Berat Badan

Gula memiliki kadar potasium yang tinggi yang membantu meningkatkan metabolisme, mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh, dan juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga Anda dapat membakar lebih banyak kalori.

2. Membersihkan Darah

Gula merah memiliki efek menguntungkan pada darah dengan memurnikan dan membersihkan darah, ketika dikonsumsi secara teratur.

Gula merah juga memiliki fungsi untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Mengobati Masalah Menstruasi

Gula merah dapat berfungsi sebagai pengobatan alami yang terbilang efektif untuk banyak masalah menstruasi. Termasuk untuk meringankan efek kram pada saat menstruasi dan sakit perut.

4.Mencegah Anemia

Apakah Anda tahu bahwa gula merah itu dapat membantu mencegah resiko terkena anemia?

Gula merah kaya akan kandungan zat besi dan folat yang berfungsi membantu mencegah anemia dengan mempertahankan kadar normal sel darah merah.

5. Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Gula merah mengandung banyak sifat alami yang berfungsi untuk membantu kelancaran fungsi sistem saraf pada tubuh. Ini juga membantu mencegah masalah utama yang terkait dengan sistem saraf.

6. Mencegah Masalah Pernafasan

Mengkonsumsi gula merah secara teratur dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis.

Pakar kesehatan menyarankan menggabungkan gula merah dengan biji wijen untuk manfaat yang maksimal bagi pernapasan.

7. Kaya Antioksidan

Gula merah dikemas dengan antioksidan, terutama selenium yang membantu mencegah berbagai efek radikal bebas.

Dengan cara mencampurkan gula merah dengan teh atau air hangat akan berfungsi untuk mengobati pilek dan batuk serta akan menyembuhkan migrain dan sakit kepala.

8. Meredakan Nyeri Sendi

Jika Anda menderita nyeri sendi, makanlah gula merah. Para ahli menyarankan bahwa mengkonsumsi gula merah dengan sepotong jahe membantu meringankan nyeri sendi.

Juga, dengan meminum segelas susu hangat dengan satu sendok makan gula merah, maka dapat berfungsi untuk memperkuat tulang dan menjauhkan masalah kesehatan tulang.

9. Membantu Masalah Kencing

Gula merah adalah diuretik alami dan membantu dalam merangsang buang air kecil, yang sebenarnya bagus untuk orang yang mengalami kesulitan dalam buang air kecil.

Meminum gula merah dengan susu panas berfungsi untuk mengobati masalah kencing dan ini akan berdapat pada meningkatnya aliran urin.

10. Meningkatkan Kualitas Sperma

Dengan mengkonsumsi gula merah dicampur dengan bubuk amla itu dapat berfungsi untuk membantu dalam meningkatkan kualitas sperma.

Gula merah tersebut dipercaya dapat meningkatkan produksi sperma dan juga membantu dalam mengurangi tingkat kelemahan tubuh dan mencegah masalah kencing pada seseorang pria.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai cara membuat agar agar gula merah lapis santan  yang bisa anda coba membuatnya dirumah. Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat dari gula merah, semoga bermanfaat.

Oh iya bagi anda yang gemar membuat berbagai macam jenis olahan, saya ada sedikit reverensi yang bisa anda coba untuk membuatnya dirumah Resep Kue Apem Mekar yang Legit dan Sederhana