Proses Pengolahan Kopi Hijau – Kopi hijau adalah biji kopi yang belum dipanggang, proses pengolahan kopi hijau dikarenakan proses pemanggangan biji kopi dapat menggurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang penuh tanpa terkurangi oleh proses pemanggangan. Biji kopi hijau ini juga memiliki tingkat asam klorogenet yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa.

Asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan untuk tubuh. Kopi hijau menjadi populer untuk menurunkan berat badan setelah ditampilkan pada acara Dr.Oz di tahun 2012. Dalam acara itu dikatakan bahwa biji kopi jenis ini dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga tambahan.

Hal tersebut awalnya dipraktikkan di kawasan Laut Merah dimana ketika itu masyarakat disana mengkonsumsi kopi dengan biji yang belum sampai dipanggang. Karena memang pada waktu itu belum ditemukan adanya cara memanggang kopi. Tetapi biji kopi yang tidak dipanggang seperti proses pengolahan kopi hijau ini ternyata memiliki khasiat dalam membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA : Cara Membuat Kopi Hijau Untuk Diet Sendiri Di Rumah

Proses Pengolahan Kopi Hijau

Manfaat Kopi Hijau Bagi Tubuh

Cara membuat kopi hijau untuk diet telah menunjukkan banyak manfaat kesehatan. Menurut bidang studi ilmiah, Kafein dan asam klorogenat yang terkandung di dalamya memberikan banyak manfaat, meskipun beberapa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain senyawa ini. Pada Kesehatan sangatlah baik dan berkhasiat untuk membuat tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. Di antarannya yaitu :

1. Menurunkan Berat Badan

Kopi hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena adanya asam klorogenat. Hal ini bukan karena bukti, berdasarkan penelitian BMC Complementary and Alternative Medicine pada Maret 2006, membuktikan bahwa suplemen harian ekstra biji kopi hijau dapat mengurangi lemak dan berat badan yang diuji cobakan pada tikus. Senyawa utama yang mempengaruhi adalah kafein dan asam klorogenat tadi.

2. Menggurangi Darah Tinggi

Dilakukan percobaan di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah. Selama itu, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat disebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan mood

Telah dilakaukan uji coba pada bulan bulan februari 2006, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif.

Peneliti itu berusulkan bahwa asupan optimal dalam  kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ⅓ cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Ampas Kopi

4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Setiap kopi memiliki kandungan antioksidan, hanya saja dengan kadar yang berbeda-beda. Green coffee mempunyai antioksidan yang tinggi, dan antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh serta memperkuat daya tahan tubuh. Berdasarkan penelitian pada Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and food chemistry, telah menyebutkan bahwa antioksidan pada kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker. Secara otomatis peminumnya akan terhindar dari sel kanker nantinya.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kopi hijau diolah dengan proses roasting, bukan disangrai. Pengolahan dengan proses roasting pada kopi dapat menjaga kadar asam chlorogent yang ada dalam biji kopi agar tetap utuh selama proses pengeringan biji kopi. Kopi hijau memiliki Kandungan asam chlorogent inilah yang dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dengan efektif.

6. Mencegah Kanker

Kopi ini memiliki juga ada kandungan antioksidan yang tinggi. Zat asam chlorogent yang ada pada kopi hijau juga sangat efektif dalam menangkal radikal bebas.

7. Mengurangi Kolesterol Jahat

Pola makan yang tidak teratur serta terlalu banyak makan makanan yang berminyak seperti santan, gorengan atau makanan berlemak lainnya dapat membuat kolestrol jahat pada tubuh. Kadar kolesterol terlalu tinggi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang membahayakan. Cara mengurangi kadar kolesterol jahat ini dapat menggunakan kopi hijau.

Kopi hijau sebenarnya adalah kopi yang belum dikupas. sehingga sama saja kopi hijau adalah kopi yang beum diproses melalui pemanggangan atau roasting.