Perbedaan Macam Macam Kopi – Kopi apa yang sering anda minum?? Latte ? Macchiato ? Espresso? Atau jenis kopi lainnya.  Sebagai penggemar kopi, tentunya anda memiliki rasa kopi favorit dengan berbagai alasan. Ada yang dikarenakan ikut-ikutan teman, karena rasanya memang enak, ataupun karena anda merasa cocok dengan rasa kopi tersebut. Nah, Berikut  penjelasan tentang perbedaan macam-macam kopi tersebut.

Perbedaan Macam Macam Kopi

Nah sebelum masuk ke topik pembahasan, Mari kita ulas yuk Apa sih itu kopi? Kopi yakni merupakan salah satu komoditas yang ada di dunia dan telah dibudidayakan lebih dari 50 negara. Kopi tiada lain adalah sebuah sajian yang dihasilkan dari biji kopi yang telah disangrai kemudian dihaluskan sehingga menjadi bubuk. Sekilas tentang sejarah kopi, tercatat bahwa kopi ditemukan oleh Bangsa Etiopia yang ada di Benua Afrika.

Kemudian kopi terus berkembang hingga ahirnya menjadi minuman populer saat ini. Tidak banyak yang tahu bahwa khasiat kopi mampu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes, kanker, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung.

Yuk Kunjungi Juga Artikel Mengenai : Macam Macam Kopi Yang Perlu anda Ketahui

Sajian kopi baik dalam keadaan hangat ataupun dingin tidak akan pernah merubah cita rasanya. Untuk para pecinta kopi, tidak akan terlewat setiap harinya dalam menyeduh kopi.  Di kantor-kantor pun selalu tersedia kopi kalau para karyawannya mengantuk, bisa menyeduh kopi disela-sela kerjanya. Meskipun tidak sedikit yang berpendapat bahwa efek yang diberikan dalam mengkonsumsi kopi itu tidak baik, namun tidak mengurangi jumlah penggemar kopi di dunia.

Espresso

Jenis kopi Espresso ini lebih populer di Eropa jika dibandingkan di Amerika. Kopi ini merupakan kopi hitam yang aromanya sangat kuat dan pekat dengan hitam nya. Kopi ini dihasilkan dari biji kopi yang diesktrak kemudian digiling. Secangkir espresso ini bisa kalian nikmati dengan menekan bubuk kopi yang ada  di dalam portafilter tsb.

Americano

Americano sebenarnya adalah kopi espresso yang ditambakan dengan air panas. Awal mulanya tercipta istilah americano saat warga Amerika ingin menikmati kopi espresso yang tidak terlalu kental dan pekat sehingga ditambahkanlah air panas ke dalam kopi espresso.

Yang membedakan americano dan espresso adalah tingkat kekentalan yang berbeda, tentu saja rasa dan aroma juga sudah berbeda. Americano bisa kita nikmati dalam keadaan cuaca dingin, istilahnya adalah “iced americano” dimana espresso ditambahkan air dingin. Jika kamu tidak suka minum kopi hitam yang tidak terlalu kental dan pahit, Maka  Americano kopi perlu kamu coba nikmati.

Machiatto

Arti kata Macchiato adalah ditandai dengan bercak kopi nya, maka kopi ini adalah campuran antara espresso dengan susu. Jadi rasanya unik gengs, kalian tinggal minta saja pada barista, banyakin susunya apa espresso. Kalau banyak susunya namanya jadi Espresso Latte.

Cappucino

Cappucino diciptakan dari bahan dasar espresso yang ditambah dengan dengan susu dan busa susu. Komposisi untuk menciptakan secangkir cappucino nikmat adalah setengah espresso berkualitas baik dengan setengah susu panas serta setengah busa susu yang ditambahkan dipermukaannya.

Yang lebih nikmat nya lagi adalah faktor tekstur dan temperatur susu yang bisa menjadikan cappucino menjadi lebih terasa manis dan lembut. Di italia Minuman ini  biasanya dinikmati pada pagi hari. Apalagi cappucino sendiri biasa disajikan saat malam hari untuk teman bercengkerama

Flat White

Jenis minuman yang satu ini sedikit sama dengan latte, karena lagi-lagi ada kandungan susunya. Akan tetapi kopi flat white memiliki kandungan susu yang harus di steam terlebih dulu. Bisa dikatakan, flat white memiliki kandungan susunya jauh lebih sedikit dari cappucino. Konon bagi pecinta jenis kopi ini, orang akan tetap merasakan espresso-nya hanya saja ada sensasi rasa steam milk.

Mocca

Bahan dasar Mocca tersebut memiliki kemiripan yang sama dengan capuccino dan latte, tambahannya adalah cokelat untuk minuman kopi moka ini. Tambahan cokelat ini menjadikan mocca minuman yang unik serta memiliki aroma yang khas, aroma kopi, susu berbaur dengan aroma cokelat.

Jenis cokelat yang bisa ditambahkan untuk kopi mocca bervariasi, yaitu bisa berupa bubuk cokelat kokoa hingga sirup cokelat. Pilihan cokelat hitam , susu cokelat bisa kamu kombinasikan ke dalam minuman kopi ini untuk menghasilkan kopi mocca yang nikmat.

Nah itu lah beberapa penjelasan terkait perbedaan macam macam kopi, Mimin tidak bisa menjelasin secara lengkap tentang macam macam kopi tersebut yang jelas masih banyak lagi macam macam kopi yang belum kita ketahui, Wel kopi mana yang menjadi favorit kalian gengs

Baca Juga Artikel Mengenai Inilah Manfaat Makan Coklat Bagi Kesehatan Tubuh Anda